Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Tips Memilih Madu Yang Asli

By On 19.1.13

madu asli
Tips Memilih Madu Yang Asli | Dengan menggunakan pakaian yang khas, biasanya hitam-hitam dengan ikat kepala, pria ini kadang lewat depan rumah menawarkan hasil hutan dan kebun mereka, diantaranya adalah madu hutan. Berjalan kaki puluhan kilo meter dengan kaki telanjang adalah hal yang biasa buat mereka. Mereka adalah salah satu suku pedalaman di Kab. Lebak – Banten. Rasa iba kadang timbul sehingga beberapa waktu lalu ketika ia menawarkan sebotol madu, istri akhirnya membelinya.

Madu yang mereka bawa tanpa merek dan tanpa dikemas dengan rapi, hanya menggunakan botol bekas minuman energy yang tidak terpakai. Melihat sekilas sepertinya madu itu asli, karena melihat keluguan mereka. Dan ketika ditanyapun mereka menjawab bahwa madu tersebut asli. Namun rasa penasaran ingin mengetahui apakah madu itu asli atau tidak, saya coba tanya sana sini dan searching juga di internet apa sih ciri-ciri dari madu yang asli.

Nah daripada ilmunya buat sendiri, mendingan dibagikan lagi sekedar sharing buat sobat blogger sekalian . Semoga bisa menjadi referensi barangkali ada sobat yang sedang kebingungan juga mencari ciri-ciri madu yang asli. Okelah daripada panjang lebar,  berikut ini tips dalam memilih madu yang asli :

1. Kental, tidak berbuih, dan rasanya manis
Tingkat kekentalan madu tergantung pada kadar air dalam madu. Kandungan air dalam madu yang bagus maximum 20%. Jika madu tersebut berbuih, artinya madu tersebut terlalu lama dibiarkan di wadah terbuka dan mengalami fermentasi. Dan seringkali rasanya menjadi sedikit asam. Maka hidarilah madu yang seperti ini.

2. Tidak tembus ketika ditetesi di atas kertas koran
Madu yang bagus memiliki kekentalan yang tinggi dan kandungan air yang sedikit. Sehingga madu tidak akan menembus kertas koran. Jika madu yang kita teteskan di atas Koran kemudian tembus, berarti kadar airnya terlalu banyak sehingga madu seperti ini kurang bagus.

3. Menggelembung jika dipanaskan
Coba bandingkan gula dan madu yang dipanaskan. Larutan gula akan berbuih banyak seperti air mendidih jika dipanaskan. Sedangkan madu menghasilkan gelembung-gelembung udara yang membesar lalu meletus jika dipanaskan.

4. Madu tidak mengering jika dijemur
Oleskan sedikit madu pada tangan, lalu jemur di terik matahari. Madu asli yang tidak bercampur larutan gula tidak akan menjadi kering. Sedangkan madu campuran akan membentuk lapisan kerak gula yang menempel di tangan

Selain tips diatas, sobat bisa juga memasukkan madu kedalam freezer, jika membeku berarti madu itu palsu. Atau bisa juga kita mengoleskannya pada kayu kemudian dibakar, jika ternyata tidak menyala berarti sudah jelas madu itu palsu juga.

Nah begitulah sekilas tentang ciri-ciri madu yang asli. Karena khasiat madu yang sudah terbukti dan harganyapun cukup mahal maka berhati-hatilah dalam memilihnya. Siapa tahu madu yang kita beli itu palsu walupun sudah bermerek dan dijual di supermarket. [dari berbagai sumber]

Semoga bermanfaat dan happy blogging….



79 komentar

coba yg jual madu pake tester...hohoho

oooh I see I see.. beberapa poin baru tau saya bang.. makasih for the info bang.

Emang ada gitu tester madu ???

Oke sama sama, semoga manfaat...

satu lagi ilmu bermanfaat, pasti bakal inget kesini saat mau beli madu nih kang..nuhun ah

dan satu lagi sobat. katanya madu asli akan nyala bila di bakar..

makasih nih tips tipsnya sobat. ntr kalau beli madu saya cek dech ke asliannya...?

yg paling simpel tuw ea masukin ke lemari es aja, hehehe

Informasi yang bermanfaat kawan. Salam sejahtera.

Terima kasih sobat atas berbagi ilmunya ini.
Kebetulan anak saya mulai menyenangi akan produk madu ini sehingga tips di atas bisa dipraktekkan

ya memang jaman sekarang ini bukan tawon saja yang bisa bikin madu kalau ngak jeli wahwah bisa ke tipu thanks dah share sob

Saya juga sering beli madu sobat buat campuran minum jamu... Boleh juga nih tipsnya tuk di coba

ohh ternyata yang tidak berbuih ya Mas yang harus dipilih. padahal tu kalo yang dijual di luaran, pada berbuih semua ya..

Sama sama sob,semoga bermanfaat

Makasih kang, kalo ubi madi Cilembu saya malah ga tahu kang mana yang asli dan mana yang palsu hehe..

Iya sob seperti penjelasan diatas juga demikian, trims yah sob

Bener tuh, ga pake repot hihi...makasih sob silaturrahimnya

Oke trimakasih sob, semoga sukses

Anak saya juga tiap hari dikasih madu sob, semoga tipsnya bermanfaat

Bener sob, dan kadang kita sulit membedakan mana yang asli dan yang bukan, semoga tips ini bermanfaat:)

Silakan sob, trimaksih kunjungannya

kalo diolesin kayu terus dibakar harus bisa nyala toh kayunya,, hmmm bisa jadi energy alternarif tuh :D

Yah namanya juga dagang mas,pasti mencari keuntungan besar dengan modal yang kecil, memang susah sih mencari yang asli kecuali kita mencarinya sendiri atau beternak lebah hehe

Wah, nice tips sob. Semoga kita tidak keliru dalam memilih madu. :p

saya iba melihat banyak juga orang-orang yang berjualan keliling seperti itu. tapi melihat kejujuran mereka itu, patut diacungi jempol :)

madu hrus tetap terjaga biar terhindar dari bakteri.apalagi madu sekarang banyak campurannya

ada dong.. bonus lebahnya, tapi.

ubi madu cilembu. itu baru testernya banyak, hehe.. mauuu dong ubi madunya

bener Mas, hehe.
salam buat keluarga di Pandeglang

lumayan nih bertambah il lagi ilmuku.jadi begitu ya kang.terima kasihya infonya

suruh lempar aja kang Desa hehe..ternyata ubi cilembu di Pandeglang sudah banyak mas, mantap lah go Interlokal dulu baru Internasional.:}

makasih mas Zach salam juga buat keluarga semoga sehat dan berkah selalu

selain yang disebut diatas, madu asli yang tidak dicampur dengan gula juga tidak dikerubungi semut saat diletakkan di wadah terbuka :)

oooo justru yang bagus itu yang gak tembus kertas koran ya.. baru tau saya nih... kecele saya sepertiyna beberapa waktu lalu :(

bukan kayunya sob, tapi madunya...

iya tuh, makanya saya beli hihi..

bener sob, semoga ini bermanfaat..

sama sama sob, semoga bermanfaat..

wah bener tuh mas, kelewat sepertinya hehe..

okelah semoga tidak kecele lagi hehe..

KAlo saya biasanya beli madu rasa yg sasetan itu.. hehe asli apa ndak ya :D cus langsung tek caplok saja.. :D

nah ini tipsnya perlu dipelajarin, klo menurut ane gampangan pake cara yang kedua tinggal sediain pake koran aja hehe :D

nice share ..
salam blog walking dari admin Djarumnews.blogspot.com

Coment back ya :)

Terimakasih untuk info yang sangat bermanfaat

Info yang sangat bermanfaat, sukses selalu

setelah membaca artikel yang sangat bagus ini, saya jadi mau coba

Semoga artikelnya bermanfaat dah sejahtera selalu

Ketika membaca Tipsnya saya sangat amazing, sukses selalu

Ditunggu info dan tipsnya yang sangat berguna

Semoga artikelnya berkesan buat saya coba

Saya boleh coba tipsnya yang amazing

Semoga infonya akan bermanfaat buat yang baca

Tulisan artikelnya bermanfaat sekali,terutama infonya,sukses selalu

sukses buat artikelnya menarikk sekali

semoga tulisannya bermanfaat buat saya untuk mencobanya

saya boleh coba ide kreatifnya,salam sukses selalu

Ditunggu ide kreatif yang bermanfaat buat saya,thnks

Pasti akan saya coba tipsnya,ditunggu info berikutnya.thnks

Idenya boleh di coba,terimakasih infonya

Pasti saya akan praktekkan tipsnya

saya suka infonya yang sangat amazing,boleh dicoba trik dan tipsnya

saya akan mencobanya dengan sesuka hati

terimakasih saya telah membaca infonya sangat bagus

Tidak selamanya madu yg tidak beku d frezer itu asli om, udah banyak yg d oplos pake air tebu om, biar gak beku

manfaat madu memang banyak selain menyehatkan tubuh, madu bisa juga dipakai buat perawatan kulit wajah biar tambah bening gitu x-)