19 Jan 2013

Tips Memilih Madu Yang Asli

·   79

madu asli
Tips Memilih Madu Yang Asli | Dengan menggunakan pakaian yang khas, biasanya hitam-hitam dengan ikat kepala, pria ini kadang lewat depan rumah menawarkan hasil hutan dan kebun mereka, diantaranya adalah madu hutan. Berjalan kaki puluhan kilo meter dengan kaki telanjang adalah hal yang biasa buat mereka. Mereka adalah salah satu suku pedalaman di Kab. Lebak – Banten. Rasa iba kadang timbul sehingga beberapa waktu lalu ketika ia menawarkan sebotol madu, istri akhirnya membelinya.

Madu yang mereka bawa tanpa merek dan tanpa dikemas dengan rapi, hanya menggunakan botol bekas minuman energy yang tidak terpakai. Melihat sekilas sepertinya madu itu asli, karena melihat keluguan mereka. Dan ketika ditanyapun mereka menjawab bahwa madu tersebut asli. Namun rasa penasaran ingin mengetahui apakah madu itu asli atau tidak, saya coba tanya sana sini dan searching juga di internet apa sih ciri-ciri dari madu yang asli.

Nah daripada ilmunya buat sendiri, mendingan dibagikan lagi sekedar sharing buat sobat blogger sekalian . Semoga bisa menjadi referensi barangkali ada sobat yang sedang kebingungan juga mencari ciri-ciri madu yang asli. Okelah daripada panjang lebar,  berikut ini tips dalam memilih madu yang asli :

1. Kental, tidak berbuih, dan rasanya manis
Tingkat kekentalan madu tergantung pada kadar air dalam madu. Kandungan air dalam madu yang bagus maximum 20%. Jika madu tersebut berbuih, artinya madu tersebut terlalu lama dibiarkan di wadah terbuka dan mengalami fermentasi. Dan seringkali rasanya menjadi sedikit asam. Maka hidarilah madu yang seperti ini.

2. Tidak tembus ketika ditetesi di atas kertas koran
Madu yang bagus memiliki kekentalan yang tinggi dan kandungan air yang sedikit. Sehingga madu tidak akan menembus kertas koran. Jika madu yang kita teteskan di atas Koran kemudian tembus, berarti kadar airnya terlalu banyak sehingga madu seperti ini kurang bagus.

3. Menggelembung jika dipanaskan
Coba bandingkan gula dan madu yang dipanaskan. Larutan gula akan berbuih banyak seperti air mendidih jika dipanaskan. Sedangkan madu menghasilkan gelembung-gelembung udara yang membesar lalu meletus jika dipanaskan.

4. Madu tidak mengering jika dijemur
Oleskan sedikit madu pada tangan, lalu jemur di terik matahari. Madu asli yang tidak bercampur larutan gula tidak akan menjadi kering. Sedangkan madu campuran akan membentuk lapisan kerak gula yang menempel di tangan

Selain tips diatas, sobat bisa juga memasukkan madu kedalam freezer, jika membeku berarti madu itu palsu. Atau bisa juga kita mengoleskannya pada kayu kemudian dibakar, jika ternyata tidak menyala berarti sudah jelas madu itu palsu juga.

Nah begitulah sekilas tentang ciri-ciri madu yang asli. Karena khasiat madu yang sudah terbukti dan harganyapun cukup mahal maka berhati-hatilah dalam memilihnya. Siapa tahu madu yang kita beli itu palsu walupun sudah bermerek dan dijual di supermarket. [dari berbagai sumber]

Semoga bermanfaat dan happy blogging….



Subscribe to this Blog via Email :