30 Jan 2013

Alhamdulillah, Kita Masih Diberi Sakit

sakit
Alhamdulillah, Kita Masih Diberi Sakit | Assalamu ‘alaikum sobat Muro’i El-Barezy, lama rasanya tidak up date postingan, padahal baru beberapa hari yah. Mungkin ini tanda bahwa kita selalu dieratkan oleh rasa persaudaraan sesama blogger. Pada postingan kali ini entah mungkin bermanfaat buat sobat atau tidak, yang penting saya berusaha untuk selalu update dan mencoba bersilaturrahim walau kadang sesekali ke beberapa sobat.

Namun jangan kuatir, buat sobat yang sudah silaturrahim disini,saya berusaha berkunjung balik ditengah waktu yang sangat sempit ini. Sobat Muro’i El-Barezy, bicara soal blogwalking, akhir-akhir ini saya sering menemukan sobat blogger yang curcol dalam postingannya bahwa mereka baru sembuh dari sakitnya. Entah itu pusing, masuk angin badan lemes dan remuk dan sebagainya.

Sakit adalah fitrah manusia dan siapapun pasti akan pernah merasakannya. Kerana manusia bukanlah robot. Apalagi buat sobat blogger yang sering begadang, biasanya sering gampang sakit jika tidak diimbangi dengan asupan yang memadai. Bicara soal sakit, saat ini saya juga lagi terserang sakit sob. Sakit langganan yang entah sudah berapa kali saya rasakan.

Sariawan, yah mungkin kelihatan sepele dan kecil, namun penyakit ini sungguh tidak mengenakan segalanya, apalagi makan dan minum. Wedeh…makan enakpun sepertinya kurang nikmat rasanya. Namun saya sadar, segala sesuatu sudah Allah gariskan termasuk sakit. Dan dengan sakit, saya yakin bahwa itu adalah bentuk lain dari kasih sayang Allah.

Mencaci maki, berkeluh kesah, meratapi nasib dan berburuk sangka dengan takdir Allah ketika kita merasakan sakit tidaklah akan menyelesaikan masalah, justru dosalah yang akan kita terima karena tidak rela dengan ketentuan-Nya. Nauzubillah, kita berlindung kepada Allah dari perbuatan semacam itu.
Padahal apabila kita mengetahui hikmah dibalik semua itu, maka insya Allah sakit akan terasa ringan disebabkan banyaknya rahmat dan kasih sayang dari Allah Ta’ala. Hikmah dibalik sakit diterangkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, beliau bersabda:

“Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan menggugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya”. (HR. Bukhari no. 5660 dan Muslim no. 2571).

“Tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit yang terus menerus, kepayahan, penyakit, dan juga kesedihan, bahkan sampai kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengan dosa-dosanya”. (HR. Muslim no. 2573).

Demikian, semoga saya dan sobat semua dijauhkan dari sikap berkeluh kesah di saat sakit. Dan kita digolongkan kedalam orang-orang yang sabar. Semoga bermanfaat dan happy blogging….