24 Dec 2012

Rahasia Dibalik Air Mata

air mataRahasia Dibalik Air Mata | Siapa yang berani mengatakan bahwa selama hidupnya tidak pernah menangis. Sepertinya tidak ada, karena setiap orang pasti pernah menangis. Ada yang bilang menangis dan mengeluarkan air mata adalah tindakan orang cengeng dan tak berguna. Bagi kaum perempuan menangis sepertinya bukan hal yang tabu, tapi bagi kaum lelaki menangis sepertinya menjadi aib buat mereka.

Tapi tahukah sobat, ternyata menangis dan mengeluarkan air mata itu bisa jadi obat ajaib yang berguna bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Dan air mata, yang diasumsikan banyak orang sebagai "air yang asin yang keluar ketika  menangis", sebenarnya adalah cairan yang sangat spesial.

Tugas pertamanya adalah untuk melindungi mata dari mikroba, enzim "lysozyme" di dalamnya mampu menghancurkan berbagai macam bakteri dan untuk membunuh mikroba. Mata dilindungi dari infeksi melalui lysozyme. Zat ini bahkan lebih efektif daripada zat pembasmi kuman yang kuat yang digunakan untuk membersihkan gedung dari mikroba.

Dan bagaimana mungkin pembasmi kuman yang begitu efektif tersebut tidak membahayakan mata dan sebaliknya malah melindungi dengan sempurna? inilah tingginya karya seni ciptaan ALLAH. Airmata diciptakan dengan cara yang sangat tepat dan berkenaan dengan struktur kimianya. Koordinasi sempurna ini yang hadir di tiap segi kehidupan berlaku juga bagi mata dan air mata.

Ada juga sistem lubrikasi pada mata, sistem ini mencegah mata yang berubah arah pada empat arah berbeda untuk ratusan kali, dari kerusakan akibat gerakan-gerakan ini.

Air mata adalah anugerah yang diberikan Allah Subhanahu wata’ala:

Dia-lah ALLAH Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia Memiliki nama-nama yang indah. Apa yang ada di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dia-lah Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana. (QS al-Hasyr: 24)

Nah sobat Muro’i El-Barezy, begitulah kegunaan air mata bagi kita. Kalau sudah tahu, apakah masih ragu untuk menangis? Menangislah sebelum menangis itu dilarang, terutama menangisi akan dosa-dosa kita seraya mengharap maghfirahnya. Semoga bermanfaat dan happy blogging….

Referensi : republika.co.id / harunyahya.com