3 Dec 2012

Optimalkan SEO Dengan Mengurangi Link Keluar

·   71

seo
Optimalkan SEO Dengan Mengurangi Link Keluar | Awal November 2012 Google Pagerank kemballi update. Tapi entah kenapa blog ini masih betah diposisi kedua alias tidak naik dan tidak turun. Untuk beberapa lama saya bingung apa penyebabnya. Namun ternyata penyebab terbesarnya mungkin tidak seimbangnya link yang keluar (outbound link) dengan link yang masuk (inbound link). Inipun baru asumsi sementara. Karena bagi saya masalah seo belum tahu lebih banyak, namun menurut para master seo, ternyata ini sangat berpengaruh sekali terhadap posisi page rank dan search engine blog kita.

Untuk mengetahui link keluar dengan mudah adalah salah satunya dengan menggunakan toolbar SEOquake. Toolbar ini sangat bermanfaat bagi blog kita, karena bisa melihat link keluar secara otomatis. Cara memasangnya cukuplah mudah :

Pertama tama pasang dulu toolbarnya, silakan kunjungi webnya di SEOquake.com.
Kemudian silakan install sesuai dengan petunjuk.
Setelah itu kita buka halaman blog kita yg ingin kita cek.
Lalu lihat di toolbar tersebut, temukan tulisan “Link”. Yang sebelah kiri adalah link masuk dan yang sebelah  kanan link keluar. Silakan klik salah satunya untuk mengetahui lebih lanjut.

Oke.. sekarang sobat sudah tahu berapa jumlah linknya, baik yang masuk ataupun yang keluar. Jika link keluar lebih banyak berarti kurang bagus buat blog sobat. Nah bagaimana cara mengatasinya?
Yang harus dilakukan, mulai saat ini sobat harus membuat link nofollow ketika memasang atau menyisipkan sebuah link di artikel. Link nofollow adalah link yang tidak akan terdeteksi oleh Google sebagai bagian dari artikel. Google akan menganggap sebagai tulisan/text biasa saja. Jadi artikel dan blog sobat aman ketika  di inspeksi oleh mbah google.

Tips Membuat Link Nofollow

Ada 2 cara untuk membuat link no follow.
Pertama : Bisa dibuat secara langsung dengan format seperti di bawah ini :

<a href=”http://bloganda.com” rel=”nofollow”>anchor text</a>.

Nah link diatas adalah link nofollow. Artinya ketika Google berkunjung ke artikel ini tidak akan terbaca olehnya. Masukkan link tersebut di HTML mode dalam postingan artikel sobat, baik itu blogspot atau wordpress
Kedua, bagi pengguna blogspot ada cara yang lebih praktis loh. Ketika memasang link pada anchor text yang sobat kehendaki centang Add rel=nofollow attribute. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut :


Nah mudah bukan caranya? Selamat berkarya dan sukses selalu…..



Subscribe to this Blog via Email :