Kisah Seekor Keledai dan Sumur

keledai dan sumur
Kisah Seekor Keledai dan Sumur | Suatu hari keledai milik seorang petani jatuh ke dalam sumur. Hewan itu menangis selama berjam-jam, sementara petani memikirkan apa yang harus dilakukan. Akhirnya, ia memutuskan bahwa hewan itu sudah tua dan sumur juga perlu ditimbun dan ditutup karena berbahaya, jadi tidak berguna menolong keledai itu. Dan akhirnya ia membawa sekop dan mulai menimbun sumur itu dengan tanah.

Pada awalnya, keledai menyadari apa yang terjadi, dan ia menangis sejadi-jadinya penuh kengerian karena sudah membayangkan ia akan mati tertimbun tanah didalam sumur tersebut. Tapi kemudian, semua orang dibuatnya terkejut dan takjub, karena ternyata si keledai diam tidak menangis lagi. Setelah beberapa sekop tanah lagi dituangkan ke sumur, si petani melihat ke sumur dengan tercengang.
Walaupun punggungnya terus ditimpa oleh bersekop-sekop tanah dan kotoran, si keledai melakukan sesuatu yg menakjubkan. Ia mengguncang-guncangkan badannya agar tanah yg menimpanya turun ke bawah. Segera saja semua orang terpesona ketika si keledai meloncati tepi sumur dan bisa melarikan diri.(Author Unknown)

Hikmah :
Sobat Muro’i El-Barezy, begitulah kehidupan kita, ia terus saja menuangkan tanah dan kotoran kepada kita. Tanah dan kotoran diibaratkan sebuah kesedihan dan masalah dalam hidup, dan cara untuk keluar dari kesedihan itu adalah dengan mengguncangkannya dari diri kita dan melupakan kesedihan dan masalah. Setiap masalah-masalah kita merupakan satu batu pijakan untuk melangkah ibarat sebuah sumur tadi. Jangan pernah menyerah, guncangkanlah hal negatif yang menimpa dan menatap masa depan tanpa kesedihan.

Semoga bermanafaat, happy blogging


Post a Comment

15 Comments

  1. mlm sobat trmksi sobat dah berbagi ilmu. jadi taukisah-seekor-keledai-dan-sumur

    ReplyDelete
  2. motivasinya di ambil dari seokor keledai sangat bagus mas... tetap jangan menyerah jika punya masalah, terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama soabt,keledai hanya sebuah illustrasi,bukan berarti kita sepertinya,namun kejadian dari kisahnya yang bisa diambil hikmahnya

      Delete
  3. iya, keledai saja berfikir kan Mas. tanah yang jatuh ke bawah lama2 menjadi pijakannya terus dan terus, lama2 jadi tumpuan buat dia keluar sumur. hehe... keren nih, menginspirasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dalam realita memang tidak seperti itu mas, ini hanya sebuah gambaran yang semoga bisa diambil pelajaran, trims...

      Delete
  4. pencerahan yg sangat bermanfaat sekali sobat
    terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  5. kisah yg menarik Kang. belajar dari seekor keledai untuk tetep bertahan hidup.
    wilujeng kang

    ReplyDelete
  6. Hewan yang cerdik. . Yang penting, jgn panik kalo ada masalah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sobat, tetap tenang adalah solusi memecahkan masalahnya

      Delete
  7. yang terpenting tetap semangat dalam menjalani hidup ya sob :)

    ReplyDelete
  8. hidp memang tidak mudah, butuh perjuangan untuk melewati ini semua..

    ReplyDelete