12 Dec 2012

Dua Belas Dua Belas Dua Belas

·   31

12.12.12Dua Belas Dua Belas Dua Belas | Ada yang unik hari ini, Rabu, tanggal dua belas bulan dua belas tahun dua ribu dua belas. Semua serba dua belas. Entah butuh berapa tahun lagi kita bisa menemukan tanggal yang unik seperti ini. 12.12.12, tentunya banyak penafsiran dan dihubung-hubungkan dengan hal-hal yang lainnya. Penafsiran sah-sah saja asal positif dan membangun motivasi dan tentunya yang tidak bertentangan dengan syariat.

Untuk sebagian orang mement-moment seperti ini adalah menjadi pilihan mereka untuk membuat moment yang mungkin tidak bisa terlupakan. Entah itu pernikahan, sunatan atau kegiatan besar yang lainnya. Yang lebih bergembira lagi mungkin jika ada bayi yang dilahirkan tepat pada hari ini, karena kelahiran adalah sesuatu yang mungkin tidak bisa ditentukan kapan waktunya.

Terlepas dari uniknya sebuah tanggal hari ini, esokpun sudah pasti sudah berubah, bukan tanggal dua belas bulan dua belasa tahun dua ribu dua belas lagi, tapi sudah tanggal tiga belas bukan?. Jadi yang perlu diambil pelajaran adalah bahwa saat-saat seperti ini ternyata akan hilang dan tidak bisa terulang kembali. Walaupun kita menemukan moment yang sama tapi belum tentu sama persis dengan apa yang sudah kita lalui. Waktu akan hilang seiring hilangnya kehidupan kita.

Ja’far bin Sulaiman berkata bahwa dia mendengar Robi’ah menasehati Sufyan Ats Tsauri,

إنما أنت أيام معدودة، فإذا ذهب يوم ذهب بعضك، ويوشك إذا ذهب البعض أن يذهب الكل وأنت تعلم، فاعمل.
“Sesungguhnya  engkau adalah kumpulan hari. Jika satu hari berlalu, maka sebagian dirimu juga akan hilang. Bahkan hampir-hampir sebagian harimu berlalu, lalu hilanglah seluruh dirimu (baca: mati) sedangkan engkau mengetahuinya. Oleh karena itu, beramallah.”

So apa yang akan sobat lakukan di hari dan tanggal yang unik ini? Yang pasti jangan sia-siakan waktu yang akan cepat berlalu ini. Hari ini haruslah lebih baik dari hari kemarin. Jadi keep spirit dan semoga sukses selalu…….



Subscribe to this Blog via Email :