Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Membuat Widget 2 Kolom dibawah Postingan

By On 29.11.12

widgetMembuat Widget 2 Kolom dibawah Postingan | Postingan kali ini adalah membahasa bagaimana membuat iklan di bawah postingan yang bisa kita sejajarkan dengan artikel terkait atau yang lainnya. Kebetulan ada sobat yang menanyakan cara membuatnya, semoga bisa bermanfaat buat sobat Ferry Nurse dan sobat yang lain.
Tutorial ini sebenarnya sudah banyak betebaran di blog para master, namun itung-itung sebagai arsif blog ini, saya coba share kembali disini.
Sebenarnya kenapa kita bisa menaruh iklan di samping artikel terkait atau mungkin yang lainnya, karena di bawah postingan terdapat widget 2 kolom. Ini sedikit berguna jika template kita tidak ada lahan untuk menyimpan widget lagi. Cara membuatnya cukup mudah. Berikut ini caranya :

Login ke blogger dengan ID sobat
Klik Tata Letak
Klik Tab Edit HTML
Silahkan backup dulu sebelum melakukan editting template dengan klik Download Template Lengkap, karena ini tidak bisa di review kecuali sudah disimpan. Klik kotak kecil disamping tulisan Expand Widget Template.

Carilah kode ]]></b:skin>, lalu copy paste kode di bawah ini persis diatasnya :

.bawahkiri {float:left;width:230px;margin-right:2px;border: 0px solid #EFF0F1; padding: 2px; background: #ffffff;-moz-border-radius:2px;}

.bawahkanan {float:right;width:300px;border: 0px solid #EFF0F1; padding: 2px; background: #ffffff;-moz-border-radius:2px;}

Lalu carilah kode : <data:post.body/>, jika di blog sobat sudah terdapat readmore, biasanya kode ini terletak  yang kedua, atau silakan coba-coba saja dulu.

Kemudian copy paste kode di bawah ini persis di bawahnya :


<div class='bawahpost'>

           <div class='bawahkiri'>

            Kode sebelah kiri disini

           </div>

          <div class='bawahkanan'>

          Kode sebelah kanan disini

           </div>

</div>


</b:if>

Klik tombol SIMPAN TEMPLATE.

Keterangan :
- Silakan atur width sesuai dengan lebar template.
- Kode sebelah kanan dan kiri bisa diisi sesuai selera.
- Jika diisi dengan iklan, jangan lupa untuk mem-PARSE terlebih dahulu.

Demikian semoga bisa bermanfaat, jika terjadi kegagalan silakan bisa di tanyakan kepada para masternya.



66 komentar

blog ane juga sudah dalam kondisi seperti ini sob.... keren..

wookeh.. untuk sekarang, berhubung kayaknya blog saya udah lumayan berat sama widget kanan, yang di bawah2 di tahan dulu sampe pengen ganti template lagi hehe

ga ada link parse nya sekalian ya mas Mur.... :)

ga ada link parse nya sekalian ya mas Mur.... :)

Wah bisa langsung dicoba nih gan?

Mas ada demonya biar lebih taw :)

blog sya sdh ada bang ...3 kolom ge

Makasih sobat requestnya saya langsung dipenuhi. Sebenarnya ini akan digunakan untuk mengurangi widget kanan saya yang sudah terlalu banyak. Saya bookmark dulu sobat nanti setelah saya berhasil memasangnya tentunya saya akan kabari.

Saya sudah banyak mencari sebenarnya referensi membuat widget 2 kolom seperti di atas tetapi belum berhasil juga. kalau melihat penjelasannya mudah dimengerti dan semoga pula dipraktekkannya berhasil.
Sekali lagi terima kasih sahabat atas berbagi ilmunya ini

BGUS JUGA TAPI BLOGKU DAH TERLALU BANYAK WIDGETNYA

oh gitu ya caranya. hehe.. saya masih tulalit kalo soal ginian.

Kalau punya aku gak yang dulu seperti ini.

oh iya, templetenya ganti ya kak, lm g main kesini kok udah beda, mirip punya kak arif putra yunar nih ?

Disimpan dulu bang widgetnya, nanti jika diperlukan saya bongkar lagi.

Sukses selalu untuk abang.

Alhamdulillah setelah mengotak-atik beberapa lama berhasil juga sobat.
Terima kasih saya ucapkan sekali lagi atas bantuan tipsnya ini

kang zach :semua sudah dengan jalannya masing2 kang...hehee

punya saya malah ngga pake dua kolom kang, tapi tak atur Panjang dan Lebar widgetnya azh, akibatnya jadi berat load nya...kolo edit HTML umumnya loadingnya ngga gitu ngaruh...pasti lebih asik tutorial ini nih.
siplah...moga jadi pahala.
salam sehat selalu

Ooh. Saya juga mau pasang sob. Thanks.

Terima kasih tutornya pak. :) sangat membantu

punyak saya malah pakai tiga kolom, meyesuaikan lebar halaman posting agar kelihatan lebih rapi, begitu ya sob

kenapa gak buat skalian mobile template bang. Biar gw ikutan icip2.kwkwk

@usrandante : iya sob makasih, tempaltenya memnag sudah punya bawaan dari authornya, waktu saya pake tempplate itu malah saya buang, sudah rame hihi...

udah lama gantinya kok, ah masa yah, coba deh nanti maen kesana, ini kan template gratisan, jadi siapa saja boleh make hihi...

wokeh silakan mba, trims silaturrahimnya:}

untuk link parse silakan bisa lihat menu bar di blog ini bang...

demonya silakan lihat di bawah postingan ini sobat, saat ini saya pake 2 kolom..

kalo ini beda lagi sobat, ini persis di bawah postingan...

alhamdulillah kalo sukses sob, trimakasih :}

okeh sobat, trimakasih silaturrahimnya

ah saya ge belum bisa kang, ini mah sekedar sharing wae, semoga bermanfaat...

silakan sobat, trimakasih silaturrahimnya

makasih kang, salam sehat juga buat ubi cilembu, semoga makin sukses:}

sama sama, saya juga banyak belajar dari sobat:}

yang ini persis dibwah postingan sobat, mungkin sedikit berbeda...

wah kalo saya bukan masternya bikin template sob, mungkin nantilah belajar dulu hihi...

ijin nyimak kakak xD kapan2 gue coba deh heheh ^^

Kalau widget 2 kolom ini biasanya untuk apa mas gunanya?

silakan, trimakasih kunjungannya

widget ini persis dibawah postingan, terserah mau diisi apa saja, bisa iklan, artikel terkait, email subcribe ato apalah sesuai selera....

kapan2 aku nyoba, soalnya lagi galau sama blogku gak mau ada lamannya. hehee... jadi pas aku pengn naruh pasti gak bsa

wahh kebetulan bang muro'i sya lagi nyari ini nih buat naro iklan hehehe :D

Oh...gitu bentuknya ya Mas,,trims ini kalau ada perlu nanti saya ikuti tutor dari Mas.Mudahan aja ada iklan yang datang biar dibuat macam tutor Mas ini :)

Hadir bang ...
Ini widget tampil di bawah postingan jejer gitu ya bang.. ?
Tak bookmark dulu aja.. sp tahu ntar butuh... makasih bang..

pasti bermanfaat, saya jadi belajar nih Mas. bener kata Kang Cilembu, jalannya sendiri2, hehe

silakan, semoga ilang galaunya...

oke sob, silakan jika mau pasang, selamat utak-atik hihi...

iya bang, jadi sejajar, untuk menghemat lahan sih,makasih kunjungannya...

Lebih suka minimalis mas,kalau saya pribadi soalnya biar reader juga kagak ribet buat lalu lalang'a :)

Mampir lagi kawan. Nunggu artikel terbaru. . .

Bookmark dulu ah, sapa tahu nanti perlu. Thanks

Wahh makin mantef tuh bang Muro'i kalo ditambah,ntar aku coba2 dech..hahhahyy

Menarik sekali ini. Saya pelajari dulu scriptingya. Mau dicoba dalam waktu dekat ini Insya Allah. Terima Kasih sudah sharenya

wih keren gan makin tau ane...
thedragao.blogspot.com

oke sobat, makasih kunjungannya

makasih sudah mampir lagi sob..:}

silakan sobat, trims silaturrahimnya, semoga manfaat

silakan bang, abang sepertinya lebih master hihi..

owh....ok deh...sip...mas :)

jadi kaya majalah korang gitu ya sob kolom postingnya,,

wah ini bukan kolom postingan, tapi widget dibawah postingan

silakan sob, semoga bermanfaat:}

ehm.... mungkin lebih enak di sertakan gambar gan. soalnya ane dari HP, agak bingung juga kalau tidak melihatnya langsung. ehm... cek versi aslinya dah :D

wah keren gan, semoga buat blogger yang bingung caranya bisa jadi tau karena artikel nya sobat ini hehe :D

Mantap gan tutor nya..
Izin praktek ya gan..

Mantap gan tutor nya..
Izin praktek ya gan..

ijin praktik mas, makasih :)