Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Kisah Anak Elang di Kandang Ayam

By On 13.11.12

elang dan ayam
Kisah Anak Elang di Kandang Ayam | Ini sebuah kisah yang mungkin banyak sobat blogger yang sudah pernah mendengar atau membacanya. Sebuah penggambaran hidup dari seekor anak elang yang terdampar di kandang ayam. Mo tahu serunya, cekidot simak kisahnya....
Alkisah sebuah gempa yang sangat kuat mengguncang. Sebutir telur elang terlempar keluar dari sarangnya di sebuah tebing dan berguling menuju lembah. Telur ini berhenti di dekat wilayah ayamayam bermukim. Seekor ayam betina melihat telur ini dan bergumam 'Kenapa telur ini terpisah dari yang lain?'. Ia pun menggulingkan telur ini untuk dikumpulkan bersama telurnya yang lain. Pagi-siang-malam telur-telur ini dierami. Sampai suatu hari semua telur menetas. Mempunyai tubuh dan ukuran yang berbeda dari yang lain, sang anak elang bermain dengan “saudara-saudara” -nya. Mereka memburu cacing bersama-sama, mereka saling mematuk bersama.

Sampai suatu hari mereka semua mendengarkan teriakan elang di angkasa. Mereka melihat ke atas dengan kekaguman. Sang anak elang pun berkata, "Wah, seandainya saya bisa seperti mereka. Terbang dengan begitu perkasa!" Mendengar ini, sang induk ayam segera menyela, "Sudahlah, kamu jangan bermimpi! Kita ayam. Ayam tidak terbang! Bahagialah dengan dirimu!"

Dan begitulah sang anak elang ini tumbuh bersama ayam-ayam, dengan setiap hari mengagumi 'saudara-saudara' elang-nya yang begitu perkasa. (Author Unknown)
ooooOOOoooo

Sobat blogger, begitulah mungkin sebagian dari kita. Kita dengan mudah membayangkan diri sebagai elang di kandang ayam. Di mana setiap hari ayam-ayam tidak berhenti memberikan demotivasi dan berbagai sugesti yang menurunkan kepercayaan dirinya. Karena itu, saat kita mau berubah, kita malah takut bagaimana reaksi orang-orang di sekitar mengenai perubahan kita.

Perubahan seakan menjadi sangat menakutkan buat kita dan perubahan itu memang berat sobat, apalagi kita sudah berada pada posisi “Comfort Zone” yang melenakan dan meninabobokan hidup kita. Padahal hidup itu tidak statis dan diam tapi akan terus berubah dan berubah.

Berubah, mungkin pada awalnya kita akan ditertawakan, atau dibenci, atau ditolak, atau dianggap aneh, tapi setelah kita muncul ke permukaan dengan keberhasilan, maka akan hilanglah anggapan bahwa mimpi itu tinggal mimpi. Pribadi seperti ini adalah yang menolak menjadi ayam, karena ada elang didalam dirinya. Mereka melihat elang, mereka ingin seperti itu, lalu mereka pun terbang, kendati begitu banyak suara sumbang di sekitarnya.

Saat sobat merasa punya elang di dalam diri, sebuah sumber daya sudah bangkit. Tinggal menunggu saja, "KAPAN AKAN TERBANG?"

Semoga bermanfaat, dan happy blogging…


55 komentar

sangat setuju, dengan berada di zona nyaman kita malah tidak menjadi seorang yang kreatif, tanpa tantangan, dan tanpa kesempatan untuk menjadi lebih baik..

*tadi saya berpikir malah yang sebaliknya dari cerita di atas, saya pikir anak elang itu justru akan terbang kembali kepada induknya elang terus justru memburu si ayam* hehehe

Lingkungan :)

jd inget hadis "alwaladu yuladu alal fitrah fa abawahu yuhawwidanihi au yunassironihi au yumajjisaanihi"

intinya: lingkungan membentuk karakter,, anak elang dididik di lingkungan ayam, maka jadilah dia 'ayam' :)

Kalaimat Yang terakhir nih sob,"Kapan Kita Akan Terbang",mending mulailah dari sekarang kita mulai terbang dengan apa yang bisa kita lakukan,ya ngga sob:}

iya ya sob.. kadang keinginan untuk menjadi lebih baik terhalang oleh ketakutan akan asumsi dan pendapat dari orang-orang di sekitar kita..

menyambung komentarnya kang a.i.r. :kreatifitas akan tumbuh karena keadaan yang memaksa, bila dizona aman kreatif jadi melempem karena sudah merasa aman.
menyambung Uswah : pergaulan juga menentukan kelak akan jadi apa kita dikemudian hari...jadi kalau menurut aa gym, 3M tea.

kadang kita memang ketakutan untuk meninggalkan area aman
seperti orang yang biasa kerja suka ragu ragu ketika akan belajar usaha
padahal keraguan itu salah satu sumber kegagalan
*kayaknya sih...

Sikap elang memang demikian,namun tidak elang seperti diatas ya sob,gambaran buat kita,saya juga kadang merasa seperti itu..

Mampir berkunjung & ijin nyimak aja dulu sob.,
Thanks.,

wah saya juga pernah denger ceritanya gan, tapi bagus untuk memotivasi semoga bisa terbang nantinya, perubahan bisa buat lebih baik hehe,,

Duluuuu aku pernah baca cerita ini bang Muro'i dan ini bisa menjadi pelajaran kita.

Sepertinya bener begitu,lingkungan sangat mempengaruhi perilaku seseorang..

Yup bener sobat,terbang denagn apa yang kita bisa sekarang, tapi tentunya resikonya lebih besar yah,karna modal berani aja hehe..

aku akan terbang sekarang, tidak ada kata terlambat untuk sukses,,,
ya gak sob, tulisan ente sangat menginspirasi ane,,,

yang ada di sekeliling kita, dia juga yang memperngaruhi kita. kebanyakan tapinya adalah pengaruh buruk.

Wah, sering bgt baca cerita ini sob. Harus diambil pelajaran berharganya. :D

intix adalah mencoba dlu lah.., klo sdh mencoba tp gk bs barulah menyerah..., inspiratif kisahx sob.., thx ya.. *smile

akhirnya kalau boleh menyimpulkan tulisan yang bagus ini, lingkunganpun akan mengasah kemampuan individu di dalamnya, begitukah sob

Nice info bro..
:)
kunjungan Perdana Nih
Kunjungi juga My Blog ya..:)

jadi ingat pesannya Ustadz Rahmat Abdullah:

Jangan ada lagi kader dakwah yang mengatakan, saya jadi buruk begini karena lingkungan. Mengapa tidak berkata sebaliknya, karena lingkungan seperti itu, saya harusmempenga-ruhi lingkungan itu dengan pengaruh yang ada pada diri saya. Seharusnya di manapun dia berada ia harus berusaha membuat kawasan-kawasan kebaikan,kawasan cahaya, kawasan ilmu, kawasan akhlak, kawasan taqwa, kawasan al-haq,setelah kawasan-kawasan tadi menjadi sempit dan gelap oleh kawasan-kawasan jahiliyah, kezaliman, kebodohan dan hawa nafsu. Dimanapun dia berada terus menerus memberi makna kehidupan. Seperti sejarahda’wah ini, tumbuh dari seorang, dua orang kemudian menjadi beribu-ribu atauberjuta-juta orang.

:)

jadi iuti kata hati selama itu benar ya sob, sip deh:}

ikut aja kang, sepertinya bener semua pendapatnya, makasih:}

bukan kayanyaa sob, memang demikianlah keadaannya:}

silakan sobat, trimakasih kunjungannya

ya semoga bisa mengingatkan kembali bang

bener sob, sepertinya tidak ada kata terlambat untuk berbuat yah

bener gan, lingkungan sangatlah berpengarruh terhadap perilau seseorang:}

silakan sobat, trimakasih sob:}

bener sob, berusaha baru tawakal yah:}

trimakasih kesimpulannya sob, memang begitulah keenyataannya:}

trimakasih kunjungannya sob, okelah nanti ke tekape

bener, khoirunnas anfauhum linas, sepertinya begitu:}

Terkadang seseorang mengejek bahwa mimpi kmu itu ketinggian dan sngat tdk mungkin untuk di capai, nmun knpa blang sperti itu klau blum prnah mencobnya skali lagi ....


Kalau pun di cba hasilnya gagal mka langkah yg kta hrus tempuh adlah "SEKALI LAGI", gagal lagi cba lagi, gagal lagi cba lagi, smpai hasilnya berhasil 100% ....

Di atas sya mengambil dri Motivasi "Thomas Alfa Edison" ....

Yang terpenting JANGAN MENYERAH ....

salam blogger

setuju banget kang ...
sebenarnya yang mengetahui kondisi kita adalah kita sendiri. Orang lain mungkin hanya melihat dari luar, tapi dari dalam, siapa yang tau ?

setuju sama bang muro'i & limit komputer...

intinnya jangan menyerah lah :)

http://senjahitam.blogspot.com/

kujungan malam sob di tunggu kunjungan baliknya =))

suntikan yg menyematkan pagi ni , terimakasih kang..

---
Please visit : JadikanPinter! | UnikBanget! - I will visit back!

Mampir lagi kawan. . . . . ,

Dan nggak mudah untuk berubah, saya tahu itu. yang jelas, lingkunganlah yang akan membenturkan perubahan tersebut terlebih dahulu

bener banget, dulu aku juga bermimpi gmana rasanya jadi orang terkenal kayak artis2 gitu. Skrg malah udah di atas panggung bosan..kakakaka yuk terbang

ah akang ini...saya jadi malu..:o)

Belum posting lagi ya? :D

bukan lingkungan yang membentuk pribadi kita kedepan,tp diri kita sendirilah yang membentuk percaya atau tidak

Yes..Don't give up
Salam blogger juga sob

Dapat gambaran nih mas...akan sulitnya menghadapi sutuasi seperti di atas..

Yg penting kita 3B aja ya mas...berusaha,berharap n berdoa....trima ksh utk pencerahannya :)

Mav...buat mas than jawa...url link nya broken tuh...dari kmrn sy hendak berkunjung...tapi ga bisa2...di blog ini pun sy coba sama...

Jadi teringat cerita buku-buku SD dulu nih Mas. :)

tak selamanya elang itu ganas buktinya seperti cerita di atas

postingan yg bagus sangat bermanfaaat, banyak pelajaran yg didapat dari post ini, yah...begitulah yang jelas hidup itu sealu berubah, makna yg luas sobat
trima kasih sudah berbagi

cerita yang penuh hikmah nih

sangat bermanfaat ini Sob :)

diambil hikmahnya ini ceritanya sangat menarik :)

ditunggu artikel terbarunya SOb
:D

kalau berubah untuk hal yang positif, kita gak boleh takut dong...

aku bisa terbang.. mungkin :D
suatu saat nanti pasti ada kesempatan lagi buat meraihnya :) .