20 Nov 2012

Inilah Warung Yang Lekang Oleh Zaman

·   54

Inilah Warung Yang Lekang Oleh Zaman | Semua ada masanya. Begitulah kira-kira kata kata yang tepat untuk mengungkapkan betapa didunia ini selalu berubah dan akan selalu berubah. Dunia tidak statis, tapi dinamis. Perubahan itu sebuah keniscayaan dan pasti akan terjadi.
Teknologi apalagi, begitu cepat berubah. Waktu kecil dulu boro-boro mengenal yang namanya blog atau web. Internetpun ga tahu, apaan tuh? Hihi…maklum tinggal dikampung. Kalo sekarang sih banyak para blogger dari anak SD dan SMP yang sudah mahir. Berbeda dengan saya yang mengenal blog sudah berumur hihi…
Kembali ke pembicaraan masalah perubahan tadi, saya jadi ingat beberapa bisnis yang akhirnya gulung tikar oleh kemajuan jaman dan teknologi. Bisnis ini adalah bisnis warung. Mau tahu warung apaan itu? Ini lah warung yang gulung tikar karena zaman :

wartelYang pertama adalah Warung Telekomunikasi (WARTEL). Kalo sobat sudah berumuran 20 tahun ke atas mungkin pernah mengalami masa jayanya warung ini. Hampir tiap hari ada saja wartel yang dipenuhi para pelanggannya. Hape waktu itu adalah sebuah barang mewah yang tidak semua orang punya. Wartel menggantikan posisi surat menyurat pada waktu itu.
Namun seiring berkembangnya telepon genggam alias ponsel alias hape, maka peran wartel mulai tergantikan. Satu persatu warung-warung ini mulai gulung tikar karena ditinggalkan pelanggannya. Dengan hape orang akan bisa berkominikasi dimana saja, dan kapan saja. Tidak usah repot-repot mencari wartel yang tidak semua gang ada. Wartel sekarang tinggal kenangan.

warnetWarung yang kedua adalah Warung Internet (WARNET). Warung yang satu ini ketika artikel ini di publish, pemilik warnet masih boleh merasa senang. Karena sampai saat ini warnet sepertinya masih banyak diminati oleh para netter yang ga punya laptop dan jaringan internet di rumahnya.  Tiap kali saya ke warnet biasanya banyak anak-anak yang sedang main game online yang lupa waktu pulang. Atau ibu-ibu yang cengar-cengir main FB.
Tapi kemungkinan juga nasib warung yang satu ini akan mengalami hal yang sama seperti wartel tadi. Semakin banyak pemilik laptop dan mudahnya akses internet, baik menggunakan modem ataupun jaringan wi-fi, maka pengguna internet lebih memilih ini daripada ke warnet yang masih lumayan mahal. Warnet saat ini masih berjaya, tapi entah sampai kapan, belum tahu….

wartegNah warung yang ketiga ini adalah bukan warung seperti yang di atas. Warung ini sepertinya tidak akan mengalami gulung tikar, karena hampir tiap hari dibutuhkan manusia  dan sampai kapanpun masih dibutuhkan. Ini adalah Warung Tegal alias WARTEG hihihi….hayo siapa yang belum pernah makan di Warteg. Siapa yang bisa memprediksi kalo warteg akan gulung tikar. Sepertinya tidak ada yah, karena kalo sudah urusan perut alias poros tengah sampai kapanpun kita masih membutuhkan hehe….Asal bisa bersaing dan menjaga cita-rasa dan juga murahnya, sepertinya warteg akan teus diminati. Alternatif buat kita yang sedikit cekak kantongya.

Jadi kalo sobat mau berbisnis warung pilihlah warung yang tidak akan lekang oleh perubahan zaman pilihlah warung makanan hehehe…

Tulisan ngaco ini semoga sedikit bermanfaat, happy blogging:}


Subscribe to this Blog via Email :