Inilah Warung Yang Lekang Oleh Zaman

Inilah Warung Yang Lekang Oleh Zaman | Semua ada masanya. Begitulah kira-kira kata kata yang tepat untuk mengungkapkan betapa didunia ini selalu berubah dan akan selalu berubah. Dunia tidak statis, tapi dinamis. Perubahan itu sebuah keniscayaan dan pasti akan terjadi.
Teknologi apalagi, begitu cepat berubah. Waktu kecil dulu boro-boro mengenal yang namanya blog atau web. Internetpun ga tahu, apaan tuh? Hihi…maklum tinggal dikampung. Kalo sekarang sih banyak para blogger dari anak SD dan SMP yang sudah mahir. Berbeda dengan saya yang mengenal blog sudah berumur hihi…
Kembali ke pembicaraan masalah perubahan tadi, saya jadi ingat beberapa bisnis yang akhirnya gulung tikar oleh kemajuan jaman dan teknologi. Bisnis ini adalah bisnis warung. Mau tahu warung apaan itu? Ini lah warung yang gulung tikar karena zaman :

wartelYang pertama adalah Warung Telekomunikasi (WARTEL). Kalo sobat sudah berumuran 20 tahun ke atas mungkin pernah mengalami masa jayanya warung ini. Hampir tiap hari ada saja wartel yang dipenuhi para pelanggannya. Hape waktu itu adalah sebuah barang mewah yang tidak semua orang punya. Wartel menggantikan posisi surat menyurat pada waktu itu.
Namun seiring berkembangnya telepon genggam alias ponsel alias hape, maka peran wartel mulai tergantikan. Satu persatu warung-warung ini mulai gulung tikar karena ditinggalkan pelanggannya. Dengan hape orang akan bisa berkominikasi dimana saja, dan kapan saja. Tidak usah repot-repot mencari wartel yang tidak semua gang ada. Wartel sekarang tinggal kenangan.

warnetWarung yang kedua adalah Warung Internet (WARNET). Warung yang satu ini ketika artikel ini di publish, pemilik warnet masih boleh merasa senang. Karena sampai saat ini warnet sepertinya masih banyak diminati oleh para netter yang ga punya laptop dan jaringan internet di rumahnya.  Tiap kali saya ke warnet biasanya banyak anak-anak yang sedang main game online yang lupa waktu pulang. Atau ibu-ibu yang cengar-cengir main FB.
Tapi kemungkinan juga nasib warung yang satu ini akan mengalami hal yang sama seperti wartel tadi. Semakin banyak pemilik laptop dan mudahnya akses internet, baik menggunakan modem ataupun jaringan wi-fi, maka pengguna internet lebih memilih ini daripada ke warnet yang masih lumayan mahal. Warnet saat ini masih berjaya, tapi entah sampai kapan, belum tahu….

wartegNah warung yang ketiga ini adalah bukan warung seperti yang di atas. Warung ini sepertinya tidak akan mengalami gulung tikar, karena hampir tiap hari dibutuhkan manusia  dan sampai kapanpun masih dibutuhkan. Ini adalah Warung Tegal alias WARTEG hihihi….hayo siapa yang belum pernah makan di Warteg. Siapa yang bisa memprediksi kalo warteg akan gulung tikar. Sepertinya tidak ada yah, karena kalo sudah urusan perut alias poros tengah sampai kapanpun kita masih membutuhkan hehe….Asal bisa bersaing dan menjaga cita-rasa dan juga murahnya, sepertinya warteg akan teus diminati. Alternatif buat kita yang sedikit cekak kantongya.

Jadi kalo sobat mau berbisnis warung pilihlah warung yang tidak akan lekang oleh perubahan zaman pilihlah warung makanan hehehe…

Tulisan ngaco ini semoga sedikit bermanfaat, happy blogging:}


54 Responses to "Inilah Warung Yang Lekang Oleh Zaman"

  1. Replies
    1. kayanya sobat suka makan di aerteg nih hihihi...

      Delete
  2. wahhh gan ane anak warteg nih hheheehhe

    ReplyDelete
  3. whuaahahhaa.... warteg gan. klo di jogja ada angkringan gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. angkringan mungkin akan jadi saingan warteg gan, soalnya di daerahku juga mulai bermunculan hihi...

      Delete
  4. knjngan siang genk... warung di tmpt aq tuh bkannya mlm genk. jdi tambah asik heheh..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. warung apaan tuh, biasanya warung sate atawa pecel lele yah hihi...

      Delete
  5. Selamat pagi gan, saya menawarkan kerja sama kepada agan.

    Ohh iya, FOLLOW blog saya gan, nanti di FOLLBACK deh oleh saya. Berikut link'nya =>> [ YUEZHA SOFTWARE ]

    Terimakasih, semoga agan berkenan FOLLOW saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. okelah sobat ke tekape deh, makasih kunjungannya:}

      Delete
  6. hehehe yg pertama udah benar2 punah, yang kedua sudah hampir akan pelan2 punah, dan yg ketiga bikin laperrrr...

    ReplyDelete
  7. warteg dan warnet?? ok lah mungkin itu masih bisa eksis,,
    tapi kenapa wartel gak bisa eksis ya bang?? hahaha
    ya karena teknologi semakin berkembang, nah ini aja bentar lagi warnet bakalan tergusur hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya begitu sobat, karena akses internet semaki mudah sekarang, sambil tiduran dirumah juga bisa:}

      Delete
  8. Haha, saya nggak tau warteg itu yg kayak gimane. maklum dari Borneo. btw, dikampung saya masih ada kok wartelnya, walau nggak terlalu laku

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah sih sepertinya warteg belum menasional hihi..
      owh masih ada toh wartel, wah pasti belum banyak hape yah:}

      Delete
  9. hahahaha iya tuh wartel ditempat saya udah gak ada lagi :D

    ReplyDelete
  10. Saya pernah ngalamin kang, hp abis batre, mau nelpon nyari wartel setengah mati... akhirnya nambut hp tukang voucher we, meser gocengeun ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pengalaman yang mungkin ga bisa terlupakan yah kang, gara2 ga ada wartel hihi..

      Delete
  11. ya tuh modal gak sedikit buat wartel, eh kalah sama HP.. setelah wartel, warnet juga ikut tergusur setelah gsm merambah ke dunia internet

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, kasian juga, tapi mau gimana lagi, zaman terus berubah ya:}

      Delete
  12. Jadi ke ingat...dulu jmn nya wartel gi ngetop2 nya....nunggu jam agak malam....buat interlokal biar tarip nya jadi murah....

    Jd klw mau telp..nungguin waktu murah dulu...hehe

    ReplyDelete
  13. Jadi ke ingat...dulu jmn nya wartel gi ngetop2 nya....nunggu jam agak malam....buat interlokal biar tarip nya jadi murah....

    Jd klw mau telp..nungguin waktu murah dulu...hehe

    ReplyDelete
  14. hehehehe,, iy gan sama ky makanan2,, skarang es lilin udh ga pernah keliatan lagi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo es lilin sekali-kali ada lewat di daerah saya gan :}

      Delete
  15. kalo warteg kayaknya di daerah saya masih banyak nih

    ReplyDelete
  16. 3 war ya Mas yakni Warnet,Wartel dan Warteg hahaha paling tua Wartel ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya warteg duluan sob, sebelum ada wartel juga sudah ada hihi..

      Delete
  17. bener banget mas, wartel dulu sempat jaya, kini sudah banyak beralih ke hp, untuk warnet kalau speed lelet suatu saat juga akan di tinggal, mungkin beralih ke modem...

    ReplyDelete
  18. Mnurut sya Warteg msih Berjaya sob,,,, dr pd Restoan yg kemahalan ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sob, selama masih ada orang lapar pasti warteg tetep jaya, apalagi murah meriah

      Delete
  19. Aku pernah membaca salah satu artikel pada salahsatu media cetak daerah yang menyatakan bahwa WARNET diprediksi akan 'padam' sekitar lima tahun kedepan. Kita lihat saja bagaimana kenyataannya.

    Untuk Warteg...wah susah ya, soalnya ini adalah salahsatu teman baik perutku ini, pokoknya WARTEG harus terus eksis deh hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya semoga sob, biar temen baiknya ga ilang hihi..

      Delete
  20. benar sekali mas, semua akan berubah, ya beegitulah yg namanya kehidupan....apalagi yg namanya wartel, sekarang setiap org rata^ punya internet dirumah, sama halnya Bioskop dulu ramai sekarang sudah sedikit sekali, karena banyak vcd dirumahnya tinggal kapan mau aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bener sob, dan kita memang harus mengiikuti perubahan itu:}

      Delete
  21. hehehe tapi wartel udah jarang sekali sob, saya rasa warnet pun sebentar lagi nasibnya juga sama seperti wartel. hanya warteg saja yang bisa bertahan sepanjang kemajuan jaman....

    ReplyDelete
    Replies
    1. warnet akan tergusur tinggal nunggu waktu, warteg selama masih ada orang lapar akan terus ada hihi..

      Delete
  22. Kenapa ngga bisa? dengan kemajuan jaman,bisa suatu saat nanti secara tidak terduga terpilih jadi Bupati Tegal, namanya mau tak ganti!?
    dengan begitu ga akan ada lagi "Warteg"...nah loh...:o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi syaratnya Tegal harus jadi Ibu Kota negara kang, biar orang luar tegal juga bisa nyalon, trus mau dikasih nama apa kang kalo bukan warteg hihi...

      Delete
    2. nanti itu harus dirembugkan dengan para tokoh, sing penting jangan "tegal", intinya-kan yang penting bikin bangkrut "Warteg"...jiiaah, bupati uedan aku ini...xixixi

      Delete
    3. kayanya ga ada kang bupati yang membangkrutkan icon daerahnya sendiri hihi....

      Delete
  23. wah jadi inget jaman dlu banget waktu orang tua msh blm punya handphone sering ke wartel buat telepon,
    wartel jaman sekarang udh bener bener ilang peminatnya, apa lagi makin banyak handphone murah :D

    ReplyDelete
  24. Visit back? http://ooops.sjutait.com

    ReplyDelete
  25. bagaimana dengan warung blogger.. :D

    sepertinya semakin tambah laku.. :)

    ReplyDelete
  26. Saya pernah 2 tahun bekerja sebagai staff Billing di berbagai warnet di Kota Pontianak, dan di kota lainnya di Kalimantan Barat. Sejauh yang saya tau warnet tetap diminati karena tidak semua orang punya komputer,laptop atau internet di rumah masing masing. Itu pasti

    ReplyDelete
  27. Wahhh...jadi teringat masa lalu klo harus selalu bolak balik wartel...Kalo skrg duit yg bt bolak balik wartel bs untuk main ke warnet lalu mampir di warteg,haha...!!!

    ReplyDelete
  28. iya mas,, kalau masalah warung tempat makan sepertinya tak akan lekang oleh jaman .... :d

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel