Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Tidak Selamanya Orang Bodoh Itu Gagal

By On 14.10.12

Tidak Selamanya Orang Bodoh Itu GagalAssalamu ‘alaikum sobat Muro’i El-Barezy. Ketika kita masih duduk di bangku sekolah, entah itu Sekolah Menengah Pertama atau Sekolah Menengah Atas, bahkan mungkin di bangku perkuliahan, kita mempunyai banyak teman dengan berbagai tipe dan kecerdasan masing-masing. Kita sering kagum dengan teman kita yang selalu menjadi bintang kelas kala itu. Dan kita mungkin terlintas fikiran bahwa ia akan menjadi orang sukses kelak. Padahal belum tentu kan?

Dan tidak sedikit diantara teman-teman kita yang juga  tidak menonjol di kelasnya, mungkin bisa dibilang bodoh dan mempunyai banyak kekurangan. Tapi betapa kagetnya ketika beberapa tahun kemudian kita mendengar teman kita yang dikelasnya biasa-biasa saja ternyata menjadi orang sukses, entah itu menjadi pejabat, pebisnis, atau yang lainnya.

Sobat Muro’i El-Barezy, ini sebenarnya menunjukkan betapa IQ itu bukanlah hal yang menentukan sukses atau tidaknya seseorang kelak. Ada hal lain yang bisa mendorong seseorang untuk sukses karena seseorang memiliki beberapa kecerdasan seperti teorinya Howard Gardner. Percaya atau tidak inilah beberapa orang sukses yang di awali dengan cemoohan karena kekurangannya, mengalami kegagalan berkali-kali namun akhirnya menjadi orang sukses.


Adam Khoo
Adam Khoo 
Dia orang Singapura. Waktu kecil, ia adalah penggemar berat games dan TV. Sehari, ia bisa berjam-jam di depan TV. Baik main PS atau nonton TV.

Adam Khoo pun dikenal sebagai anak bodoh. Ketika kelas empat SD, Ia dikeluarkan dari sekolah. Ia pun masuk ke SD terburuk di Singapura. Ketika akan masuk SMP, ia ditolak oleh enam SMP terbaik di sana. Akhirnya, ia bisa masuk ke SMP terburuk di Singapura. Begitu terpuruknya prestasi akademisnya, tapi lama kelamaan membaik justru karena cemoohan teman-temannya, hingga akhirnya memperoleh kesuksesan di dunia bisnis.


Prestasi Adam di dunia bisnis ditandai pada saat Adam berusia 26 tahun. Ia telah memiliki empat bisnis dengan total nilai omset per tahun US$ 20 juta.

Kisah bisnis Adam dimulai ketika ia berusia 15 tahun. Ia berbisnis music box. Bisnis berikutnya adalah bisnis training dan seminar. Pada usia 22 tahun,Adam Khoo adalah trainer tingkat nasional di Singapura. Klien-kliennya adalah para manager dan top manager perusahaan-perusahaan di Singapura. Bayarannya mencapai US$ 10.000 per jam. 

Albert Enstein
Albert Enstein
Siapa yang belum tahu Albert Einstein? Dialah Ilmuwan terkenal abad 20 yang terkenal dengan teori relativitasnya. 
Dia juga salah satu peraih Nobel. Siapa sangka dia adalah seorang anak yang terlambat berbicara dan juga mengidap Autisme. 

Waktu kecil dia juga suka lalai dengan pelajaran. Namun siapa sangka juga bahwa ia akan menjadi seorang ilmuan yang luar biasa memberikan andil besar pada dunia ilmu pengetahuan. Dan sampai saat ini ia dikenal sebagai ilmuan besar atas hasil karyanya.


Aristotle Onassis
Aristotle Onassis
Di sekolah, ia bodoh dan suka mencari perkara, mengikuti contoh banyak orang kaya. Tidak aneh kalau ia diusir dari beberapa sekolah. Ia paling sering menduduki ranking terbawah di kelasnya. Salah seorang gurunya berkata:

Teman-teman sekelas memuja dia, tetapi guru guru dan keluarganya berputus asa. Selagi ia masih muda, dengan mudah orang dapat melihat bahwa dia akan menjadi seorang di antara mereka yang akan menghancurkan diri sama sekali atau sukses secara gilang-gemilang. Walaupun raportnya di sekolah jauh dari bagus, bakatnya untuk berdagang dan mencari uang telah tampak sejak dini. Akhirnya dia menjadi seorang milyuner pada zamannya.

Thomas Alva Edison
Thomas Alva Edison
Suatu hari, seorang bocah berusia 4 tahun, agak tuli dan bodoh di sekolah, pulang ke rumahnya membawa secarik kertas dari gurunya. ibunya membaca kertas tersebut,

Tommy, anak ibu, sangat bodoh. kami minta ibu untuk mengeluarkannya dari sekolah.
Sang ibu terhenyak membaca surat ini, namun ia segera membuat tekad yang teguh, " anak saya Tommy, bukan anak bodoh. saya sendiri yang akan mendidik dan mengajar dia."

Tommy kecil adalah Thomas Alva Edison yang kita kenal sekarang, salah satu penemu terbesar di dunia. Dia hanya bersekolah sekitar 3 bulan, dan secara fisik agak tuli, namun itu semua ternyata bukan penghalang untuk terus maju.

Siapa yang sebelumnya menyangka bahwa bocah tuli yang bodoh sampai-sampai diminta keluar dari sekolah, akhirnya bisa menjadi seorang genius? jawabannya adalah ibunya! Ya, Nancy Edison, ibu dariThomas Alva Edison, tidak menyerah begitu saja dengan pendapat pihak sekolah terhadap anaknya. 

Ludwig Van Beethoven
Ludwig Van Beethoven
Jika sobat mengenal seorang wanita yang sedang hamil, yang telah mempunyai 8 anak, tiga diantaranya tuli, dua buta, satu mengalami gangguan mental dan wanita itu sendiri mengidap sipilis, apakah anda akan menyarankannya untuk menggugurkan kandungannya? Jika sobat menjawab ya, maka sobat baru saja membunuh salah satu komponis masyur dunia. Karena anak yang dikandung oleh sang ibu tersebut adalah Ludwig Van Beethoven.

Ketika Beethoven berumur di ujung dua puluhan, tanda-tanda ketuliannya mulai tampak, tapi akhirnya ia menjadi Komponis yang terkenal dengan karya 9 simfoni, 32 sonata piano, 5 piano concerto, 10 sonata untuk piano dan biola, serangkaian kuartet gesek yang menakjubkan, musik vokal, musik teater, dan banyak lagi.

Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg
Yang satu ini dinobatkan sebagai miliarder termuda dalam sejarah yang memulai dari keringatnya sendiri. Bagaimana tidak, dimulai dari sebuah situs penghubung mahasiswa Harvard, ternyata banyak yang menyukainya, dengan nekat ia mengikuti jejak seniornya, Bill Gates, DO dari Harvard ia bertekad untuk mengembangkan situs tersebut dan menjadi Facebook yang kita kenal sekarang.

Tahukah sobat? Mark pernah menolak tawaran Friendster yang ingin membeli Facebook 10 juta US$, artinya sekitar Rp. 9,500,000,000 (kurs Rp. 9,500), tawaran dari viacom 750 juta dolar (Rp. 7,125,000,000,000) dan yang paling mengagetkan tawaran dari yahoo satu miliar dolar (Rp. 9,500,000,000,000).

Demikian beberapa orang sukses yang dimulai dari kegagalan dan beberapa diantara mereka di cemooh karena kekurangannya. Semoga bisa memberi motifasi dan inspirasi agar tetap semangat. Semoga bermanfaat dan happy blogging...





52 komentar

ngeliat orang orang itu jadi termotivasi buat jangan jadi orang yang gampang putus asa,
kita emang ga pernah tau nasib seseorang akan gimana yang penting selalu ada niat, berdoa, berusaha untuk mencapai sesuatu yang indah :D

cerita soal beethoven tu yang paling menarik buat saya.

tulisan ini menjadi cambuk buat siapapun yang merasa rendah diri sekarang.

Mantef tulisan bang Muro'i kali ini bikin kita semua mengambil hikmah dari jalan hidup mereka..sip bang.

ehm... tulisan yang memotifasi. yang nomer satu hebat juga ya. berarti kita ga boleh under estimate ya. karena nasib tidak ada yang tau. yang onesis bukanya ente penah cerita dulu ya? ane kira cewe, eh ternyata cowo ya.. apa ane yang bingung baca cerita yang dulu ya?

iya gan ane pernah cerita dulu, ia adalah putri dari Aristotle Onassis. namanya Christina Onassis, setelah di tinggal mati ayahnya jadilah ia pewaris tunggal seperti yang ane ceritai dulu...

bener sobat, kita hanya berusaha dan berusaha, kalo nasib siapa tahu kan

makasih sob, semoga bisa menginspirasi siapa saja yang underestimate karena punya kekurangan diri, dan kita yang sempurna alangkah baiknya bisa lebih dari mereka

makasih bang, semoga bisa memberikan manfaat, salam sukses selalu...

Well, tiap kesini, pasti gue disuguhin motivasi! udah kayak motivator ulung aja si akang ini! hehehehe, mantep kang!!! :)

Kadang kebodohan bisa menciptakan penemuan yang dahsyat dan berguna.



memang semuannya tidak ada yang mustahil jika diiringi dengan usaha keras dan doa. keren sob motivasinya dengan memjadikan tokoh yang telah ada dengan kesuksesannya.

wah mereka diatas memang mengispirasi... :D aku suka keluaraga Carnegie, taukan Dale Carnegie.. :D

IQ sya dibawah standar....

bisa sukses kaya mereka gak ya hmmmm :-\

ya saling berbagi aja kang, matur kesuwun nggih

mereka semua perasaan gak bodoh bang. cuman super genius. hehehe

apalagi orang pinter yah hehe...ayo jangan kalah

makasih sob, semoga bisa memberi manfaat

keluaraga Carnegie? wah ane malah ga tahu sob

bisa sob, asal berusaha dan tidak menyerah

iya kali bang begitu sepertinya

wah orang yang hebat-hebat ya kang,betul apa yang akang tulis diatas.pingin deh rasanya seperti mereka.

sungguh luar biasa kisah2 di atas ya mas....

Sya memng percaya dengan artikel di atas ... itu smua hru membutuh kh kerja kras dan smangat juang yg tinggi

tookoh di atas mungkin hanya sebagian, orang dalam negeri juga banyak yg ngga sekolah tetapi bisa menjadi orang sukses, itu lah yg namanya hidup...

artikel inspiratif
salam baktos kang

wah,wah Mark Zuckerberg ane kagum ama tuh orang. :)

iya gan, nasib itu salah satu yang goib, jadi kita ga pernah tau ujung pangkalnya akan kemana.

ou gitu, jadinya dia tu anaknya ya. masih keluarganya ternyata. ehm.. mujur ya, ayahnya yang kerja keras, eh anaknya yang bingung ngabisin duit. hehehe

kita semua punya potensi untk sukses sob, tergantung seperti apa usahanya...

makasih sobat, semoga menginspirasi

bener sobat, tanpa kerja kerja keras dan semangat, mustahil sepertinya buat sukses

bener sobat, siapapun bisa berpotensi sukses asal mau berusaha, trims yah

makasih sobat, semoga bermanfat

jadi ingat lagi kalimat "dibalik kekurangan itulah terdapat potensi-potensi dan dibalik kelebihan tak jarang juga terdapat kekurangan" kira-kira demikian ya sob

Dan tdk semua org yg tidak sekolah itu bodoh juga kan? Saya suka LAbert Ensteinya...

Bener banget gan, semoga ini menjadi insfirasi bagi banyak orang

hehe gpp sob.. :D itu loh sang motivator dunia.. :D

Kadang orang bodoh lebih banyak rezekinya dari pada sebaliknya :)

bener sob, intinya dimana orang itu ingin berubah pasti ada jalan, kita tidak akan pernah tau masa depan kita seperti apa

yang pintar nggk mau berusaha pati GAGAL!! Sebaliknya orang bodoh tapi giat berusaha pasti akan mendapatkan hasil yang memuasakan dari usahanya..
hidup adalah tantangan. semangat semangat semangat!!!!!

semuanya saling melengkapi ya mas, makasih

ya mba, tidak sekolah bisa karena banyak hal

ya semoga, makasih kunjungannya

rezeki tidak tergantung bodoh atawa pintar sepertinya sob

bagi saya, orang bodoh itu tidak ada. yang ada: orang malas :)

Semoga saya bisa berkarya dengan berbagai kekurangan dan kelebihan yang saya punya


salam super sahabat,
tetap semangat dan sukses selalu ya
ditunggu kunjungan baliknya :)

Sangat memotivasi, hrus mningkatkan usaha lagi biar bisa sukses terlebih dapat menjadi orang yg berguna bagi sekitar. Semangat!

:D

seperti yang dikatakan tadi,,,
tidak ada yang bodoh, semuanya tergantung kerja keras pribadi masing-masing