Seimbang Dalam Hidup

seimbang
Seimbang Dalam HidupTangan terasa masih bergetar ketika jari-jari ini mengetikkan huruf demi huruf diatas tuts keyboard laptop. Badan juga masih terasa remek, ngilu dan hampir-hampir tidak kuasa untuk berjalan. Yah, karena beberapa hari kemarin dalam sebuah training singkat peserta diharuskan tes fisik, lari 5 km, push up, pull up, sit up dan back up masing-masing 50 kali, ditambah juga harus berenang 100 meter. Dasar diri ini jarang olah raga yah sudah kebayang betapa ringseknya body ini hehe…

Inilah barangkali sebuah gambaran dari kebanyakan kita yang tidak seimbang dalam menjalani pola hidup. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh kesibukan dan bisa juga karena kemalasan, padahal pola hidup yang seimbang adalah wajib kita terapkan dalam keseharian. Dari kejadian ini ane bisa mengambil banyak pelajaran agar kedepannya bisa menyeimbangkan diri tentunya dengan pola hidup sehat.

Sobat sekalian, keseimbangan dalam istilah agama dinamakan tawazun. Sebagaimana Allah telah menjadikan alam beserta isinya juga berada dalam sebuah keseimbangan. Sebagai contoh kecil, sobat bisa membayangkan jika sekiranya kelembaban bumi melenceng sedikit saja, sudah dipastikan tidak akan ada yang namanya kehidupan di bumi ini. Atau matahari melenceng sedikit dari peredarannya, sudah pasti terjadi kehancuran yang luar biasa. Subhanallah benar-benar Allah telah menciptakan alam ini dengan sangat seimbang.

Dan sesuai dengan fitrahnya, manusia memiliki 3 potensi, yaitu Al-Jasad (Jasmani), Al-Aql (akal) dan Ar-Ruh (rohani). Islam menghendaki ketiga dimensi tersebut berada dalam keadaan tawazun (seimbang). Dan ternyata ketiga potensi ini membutuhkan makanannya masing-masing. :

Jasmani
Sebagaimana sabda rosul bahwa : “Mukmin yang kuat itu lebih baik dan lebih disukai Allah daripada mukmin yang lemah” (HR. Muslim). Jadi kebutuhan akan makanan yang halal dan baik, istirahat yang cukup dan olah raga yang teratur adalah kebutuhan yang mutlak agar tubuh kita sehat. Walupun dirasa sesibuk apapun alangkah baiknya jika kita bisa menyempatkan diri untuk berolah raga sejenak sambil menghilangkan kepenatan dalam bekerja.

Akal
Potensi kedua yang dimiliki oleh manusia adalah akal. Akal adalah yang membedakan manusia dengan hewan atau mahluk yang lainnya. Akal pulalah yang menjadikan manusia lebih mulia dari makhluk-makhluk lainnya. Dengan akal manusia mampu mengenal hakikat sesuatu, mencegahnya dari kejahatan dan perbuatan jelek. Akal juga perlu makanan dan nutrisi agar akal selalu sehat. Tentunya kebutuhan akal bukanlah makanan seperti jasmani kita namun kebutuhannya adalah ilmu sebagaimana firman-Nya “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal” [3:190].

Ruh (hati)
Dan potensi pada diri manusia yang ketiga adalah ruh alias hati. Kebutuhannya adalah dzikrullah, “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram
” [13:28].
Pemenuhan kebutuhan rohani sangat penting, agar roh alias jiwa tetap memiliki semangat hidup, tanpa pemenuhan kebutuhan tersebut jiwa akan mati dan tidak sanggup mengemban amanah besar yang dilimpahkan kepadanya.

Dengan keseimbangan manusia dapat meraih kebahagian hakiki yang merupakan nikmat Allah. Karena pelaksanaan syariah sesuai dengan fitrahnya. Demikian semoga bermanfaat…



23 Responses to "Seimbang Dalam Hidup"

  1. menyapa dulu mas, lama g update nih....

    keseimbangan, hm.. sesuatu yang memang harus di miliki.. tanpa keseimbangan maka akan muncul banyak masalah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob lagi sibuk didarat, trims silaturrahimnya

      Delete
  2. bingung sob buat mahaminya, apa emang lagi ngantuk berat ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mungkin sudah ngantuk, udah tengah malam gini hehe...

      Delete
  3. sebaiknya memang seperti itu sobat, hidup harus seimbang sehingga kita bisa menjalani kehidupan dengan baik dan bijak sobat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sob, trims silaturrahimnya yah, salam sukses selalu

      Delete
  4. Makasih sahabat telah diingatkan

    ReplyDelete
  5. Betul sobat. Kadang orang sampe lupa allah kalo sedang kerja. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sob, semoga kedepannya kita bisa menjadi lebih baik lagi

      Delete
  6. Betul banget bang Muro'i,keseimbangan harus itu,dan semoga saja kita selalu bersyukur apa yang telah Allah SWT berikan slama ini..amien.

    ReplyDelete
  7. ini training apa sob, tapi percaya deh setelah seminggu badan akan pulih dan terasa lebih sehat

    ReplyDelete
  8. lebih inggat sama yang di atas tq ya sob..

    ReplyDelete
  9. mksih sob..udah ingatin ane sama yg di atas Allah SWT

    ReplyDelete
  10. mantap artikelnya. setuju banget. jasmani dan rohani harus seimbang... :)

    ReplyDelete
  11. Sangat setuju bang...tanpa itu ta kan berjalan dengan semestinya... Trims bang udh berbagi pengalamannya..

    Sukses ya buat training nya :)

    ReplyDelete
  12. Seimbang itu adalah suatu yang banyak ingin digapai setiap orang.Karena dengan hidup seimbang ibarat memberi dan menerima dalam melakukan kehidupan ini.

    Sekalia silahturahmi.

    Izin tukeran link mas :)

    ReplyDelete
  13. Lari 5km berenang 100 meter wah bisa-bisa badan lemes semuah kalau gak terbiasa itu gan..

    ReplyDelete
  14. duuhh ketika pagi hari nih... ke blog mas muroi.... ternyata kenak siram ruhani nih..... keseimbangan dalam hidup... sungguh luar biasa...

    ReplyDelete
  15. Memang kita harus seimbang dalam hidup

    ReplyDelete
  16. assalamualaikum...

    thanks artikelnya sangat bermanfaat, makasi banyak sob, udah ngingetin,

    salam

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel