Sehari Bersama "Graphology Training"

Training Graphology
Suasana training Graphology yang ceria
Sehari Bersama "Graphology Training"Sobat Muro’i El-Barezy, sudah pada tahu kana pa itu Graphology? Pastinya sudah, karena ilmu ini sudah lama ada dan dikembangkan diberbagai perguruan tinggi, terutama jurusan Psikology. Namun ada beberapa juga yang sudah tidak mempelajarinya saat ini. 
Alhamdulillah walaupun hanya sehari, saya bisa merasakan langsung trainingnya bersama beberapa guru dan staf di Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School. Idealnya training ini dilakasanakan beberapa hari. Walau demikian banyak hal yang saya dapat dari acara ini apalagi dengan trainer yang menguasai di bidangnya, sepertinya waktu sehari sangatlah kurang.

Okelah bagi sobat yang mungkin baru tahu namanya, sedikit mengenai apa itu Graphology. Ilmu Graphology adalah studi tentang karakter orang melalui tulisannya. Studi tentang tulisan tangan ini berdasarkan gaya penulisan secara umum, bentuk huruf, paragraf dan spasi antar kata dan garis, bahkan sampai tanda tangan dan sebagainya. Dengan mempelajarai ilmu ini, kita dapat mengetahui sifat seseorang, karakternya dan attitude-nya dalam profesi pekerjaan tertentu..

Lalu gimana kita memahami graphology itu sendiri? Sobat Muro’i El-Barezy, tulisan tangan kita pastinya berubah dibanding tulisan tangan waktu masih kecil. Biasanya tulisan kita akan membaik seiring jalannya usia dan kematangan seseorang. Tapi kalo ga ada perubahan mungkin sudah nasib tulisannya jelek (hehe....).  Ketika kita menulis, pulpen atau alat tulis apapun yang kita pakai maka akan dikendalikan oleh otot-otot jari, tangan dan lengan. Semua bagian tubuh ini dikendalikan oleh pikiran sang penulis. Dan setiap gerakan secara tidak sadar disampaikan oleh otak, sehingga kita bisa menyimpulkan keadaan psikis dari sang penulis. Tulisan tangan itu kemudian bisa menentukan karakter, kepandaian, kemauan dan emosi seseorang.


Peserta Training Graphology
Mejeng bareng trainer dan peserta lain seusai training
Ketika mengikuti pelatihan ini, sayapun dibuat tersenyum-senyum sendiri ketika trainer menyimpulkan bentuk tulisan dari tiap peserta termasuk tulisan saya. Ada beberapa hal yang sama persis dengan kepribadian saya sendiri. Ahh..apa itu sebuah kebetulan ataupun tidak, tapi yang jelas hal ini sungguh senang dipelajari.

Waktu yang sebentar rasanya belum cukup untuk mempelajari Graphology yang sungguh sangat menarik dipelajari, karena dengan hanya melihat bentuk tulisan, kita bisa tahu sisi positif dan negatif seseorang. Semoga bisa berlanjut nanti...



71 Responses to "Sehari Bersama "Graphology Training""

  1. malah saya baru pertama kali dengar kata ini sob...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kaya sobat limit post, sama juga kaya saya hihi..

      Delete
  2. waaaa pengen ikut dong.. atau minimal dianalisa deh tulisan tangan saya hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. training ini, dimanapun sudah ada sepertinya, tinggal cari informasi saja...

      Delete
  3. ilmu psikologi memang kaya akan wacana ya Mas. berkembangnya seperti teknologi. makanya ada pikotest yang menurut saya awalnya dulu, mengada-ada. tapi ternyata memang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan benar adanya.

    terus, katanya Mas Muroi seperti apa setelah "diramal" graphology? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mas, wah kalo yang ini rahasia hehe....

      Delete
  4. wah saya malah baru tau Graphology itu membaca karakter orang dari tulisanya ya, klo tulisan dokter karakternya apa ya hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut trainer, ternyata dokter yang tulisannya tidak kebaca hanya ada di Indonesia sobat, karena salah kaprah meniru dari pendahulunya, karena seharusnya tulisan harus jelas agar tidak salah resep...

      Delete
  5. Tentunya seru ya gan bisa ikutan Training.

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. silakan sobat, tapi di daerah masing2 ada kayanya

      Delete
  7. Bang Muro'i ga ngasih kabar ke aku nih,padahal kepengen juga sih aku ikutan..hahahyyyyy

    ReplyDelete
  8. Wahh aq kok pengen banget nljar ilmu psikology!
    biasax ilmu ini kbnyakan guru sekolah/dosen aja yg punya.

    ReplyDelete
  9. Wahh aq kok pengen banget nljar ilmu psikology!
    biasax ilmu ini kbnyakan guru sekolah/dosen aja yg punya.

    ReplyDelete
  10. slm knal genk'y.,., kta orng brknalan yng baik berjbatan tangn
    berhbng waktu ditak memungkinkan jdi lwt kta2'j gk pa2 kan genk heheh..
    kpn2 mmpr genk ok.. admin jga bole hahahah

    ReplyDelete
  11. asyik banget..bisa nebak karakter lewat tulisan....bisa buka praktek nich kalau sudah lulus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya semoga sobat, tapi masih harus banyak belajar...

      Delete
    2. oke dech..selamat belajar..semoga lulus dengan predikat terbaik :)

      Delete
  12. mendapatkan seperti ini sepertinya mengasikkan mas, setidaknya kita bisa tau karakter seseorang atau teman kita sendiri...

    ReplyDelete
  13. memang enak belajar psikologi ya gan, seolah bisa menebak kepribadian orang. saya juga dulu punya teman yang bisa seperti itu, tapi sudah entah kemana dia. padahal kerjanya juga emang di bagian psikologi rumah sakit gitu dah.

    ReplyDelete
  14. Menarik bgt ya bang... Oh ya pernah juga dgr klw masalah tulisan tgn..baik n bagus nya tulisan..

    Klw tulisan tgn bagus...jumlah syaraf di tangan nya banyak...bener ga tuh bang...hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang, sangat menarik...wah kalo yang itu kemarin saya belum dapat ilmnya hehe...

      Delete
  15. Wah , ilmu baru sob. Tapi kok katanya emak, tulisanku makin hari makin jelek ? Ada apakah ? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah lama sih sob, ya terus berlatih aja sobat...

      Delete
  16. gak mudeng, kang! dari dulu sih emang ilmu digraph.. penulisan wahyu, pengarangan kitab, formula dsb! hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudeng ga mudeng makasih sobat atas kunjungannya...

      Delete
  17. wah benar^ sangat menarik sekali sobat
    lumayan juga kalau bisa mengikuti yah..
    Terimak asih sudah berbagi sobat

    ReplyDelete
  18. wah, saya belum begitu tahu tentang Graphology Training, bisa di jelaskan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya sudah dijelaskan sedikit di atas sobat, trims ya kunjungannya

      Delete
  19. Sehari bila hanya diisi dengan lamunan tentu akan terasa lama; tapi dengan kegiatan Graphology Training yang padat dan bermanfaat ini, terlebih limunya bisa untuk membaca karakter seseorang malalui tulis tangannya, maka sehari rasanya tidak cukup, pingin nambah lagi... saya bayangkan itu! Terimakasih sudah share, sahabat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sekali sobat, semua tergantung aktifitasnya,makasih sudah berkunjung..

      Delete
  20. tulisan sya jelek mas gimana dong >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. tulisan jelek bukan berarti kepribadiannya jelek sobat, ada banyak hal lain dalam grapology yang bisa dianalisis...

      Delete
  21. Saya ikut jalan cerita artikelnya Mas.Maaf kalau OOT.

    ReplyDelete
  22. asik banget dapet ilmu mahal itu kang, bayangkan kalau kita harus kuliah di Phsykologi dulu untuk memperoleh ilmu ini...sungguh beruntung kang.

    sayangnya ngga bisa nebak karakter para bloger ya kang...hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bener kang desa, sayang kalo dilewatkan acaranya...
      sobat blogger bisa di tebak dari komentarnya hehe....

      Delete
  23. baru denganr Graphology Training

    ReplyDelete
  24. Mampir lagi di blog sahabat. :D

    ReplyDelete
  25. izin nyimak gan.

    ada tutor baru di blog ane

    ReplyDelete
  26. Baca baca gan,,salam sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan sobat, trims kunjungannya, salam sukses juga

      Delete
  27. menarik sekali graphology ya sob, boleh dong bocorannya bentuk-bentuk tulisan dan ciri penulisnya! ngarep nih hehe......

    ReplyDelete
  28. Singgah kemari dapet pengetahuan baru ...

    Wah .. ganti juga bajunya.. rupanya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga mas, template lama, cuma main warna aja hehe...

      Delete
  29. asyik tuh,, pastinya pengetahuan yang di dapat sangat bermanfaat sekali :))

    ReplyDelete
  30. Pernah denger ilmu Graphology, tapi belum pernah mempelajarinya sob hehehe...

    ReplyDelete
  31. jadi, dengan ilmu ini kita bisa mengetahui karakter seseorang hanya dengan melihat tulisan nya, wah asyik . mau belajar donk.

    #salam terhangat dari Mr.DHI

    ReplyDelete
  32. wah bisa gawat dong kalo dari tulisan bisa dipake menebak banyak hal
    tulisanku ancur semua soalnya
    hehe

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel