9 Oct 2012

Ide Touch Screen Ternyata Berasal Dari Indonesia

·   42

touchscreen
Ide Touch Screen Ternyata Berasal Dari Indonesia | Layar sentuh atau dalam bahasa Inggrisnya touchscreen adalah sebuah perangkat input komputer  yang bekerja dengan adanya sentuhan tapilan layar menggunakan jari atau pena digital. Antarmuka layar sentuh, di mana pengguna mengoperasikan system komputer dengan menyentuh gambar atau tulisan di layar itu sendiri, merupakan cara yang paling mudah untuk mengoperasikan komputer dan kini semakin banyak digunakan dalam berbagai aplikasi.

Layar sentuh banyak digunakan dalam industry manufaktur  yang membutuhkan tingkat akurasi, sensivitas terhadap sentuhan, dan durabilitas yang sangat tinggi. Namun perangkat layar sentuh semakin lama semakin dapat ditemukan dalam perangkat-perangkat teknologi konsumen yang diproduksi secara massal, seperti padakomputer jinjing, pemutar musik seperti iPod Touch, dan telepon genggam  seperti iPhone  atau Blackberry Strom. Hal ini dimungkinkan karena perangkat layar sentuh dapat dibuat dalam berbagai ukuran tampilan.

Layar sentuh sering dipakai pada kios  informasi di tempat-tempat umum, misalnya di bandara  dan rumah sakit  serta pada perangkat pelatihan berbasis komputer. Sistem layar sentuh tersedia dalam bentuk monitor  yang sudah memiliki kemampuan layar sensitive sentuhan  dan ada juga kit touchscreen yang lebih ekonomis  yang dapat dipasang pada monitor yang sudah ada. [Wikipedia]

Tapi tahukah sobat, bahwa teknologi touch screen yang ditemukan oleh Steve Job dan super canggih ini ternyata berasal dari Indonesia loh? Penasaran dan pengin tahu asal-usulnya. Inilah kisah asal muasalnya :
Asal-usul Touch Screen :
Konon, pada suatu ketika Steve Job yang terkenal itu makan di WARTEG. Steve Job ternyata diam-diam mengamati cara pemesanan makanan di warteg tersebut.
Setiap pengunjung yang datang selalu ditanya oleh Pelayan Warteg.
Pelayan: “Makan pakai apa?”
Pengunjung tidak menjawab, namun menempelkan jarinya ke kaca (menunjuk makanan di baliknya)
Pelayan: “Makan pakai apa lagi?”
Lagi-lagi pengunjung menempelkan jarinya ke kaca. Sehingga selanjutnya pelayan tidak lagi bertanya, melainkan hanya memperhatikan gerak telunjuk pengunjung di kaca.

Dan …… beberapa detik kemudian makanan yang diinginkanpun sudah siap tersaji. Steve Job terkagum-kagum dengan teknologi pemesanan makanan tersebut. Ternyata teknologi di Indonesia luar biasa majunya. Tak ayal lagi Steve Job pun terinsppirasi teknologi kaca sentuh (touch glass) tersebut, sehingga tak lama berselang duniapun mengenal teknologi layar sentuh (touch screen)…… yang idenya berasal dari Indonesia. Hehe…
Catatan : asal-usul ini sepertinya ngaco, jangan diambil hati.

Subscribe to this Blog via Email :