Harapanku Untuk PLN


Harapanku Untuk PLNHarapanku Untuk PLN - Perusahaan Listrik Negara (disingkat PLN) adalah sebuah BUMN yang mengurusi semua aspek kelistrikan yang ada di Indonesia. Sesuai dengan mottonya : “Listrik Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik - Electricity For A Better Life”, maka saat ini pihak Manajemen PT PLN (Persero) telah menegaskan komitmennya untuk menjalankan praktek penyelenggaraan korporasi yang bersih dan bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme, sekaligus menegakkan Good Corporate Governance (GCG) dan anti korupsi dalam penyediaan tenaga listrik bagi masyarakat.

Sebagai masyarakat pengguna listrik, tentunya ada harapan-harapan terhadap perusahaan ini. Harapan itu adalah sebagai wujud betapa PLN sangat dibutuhkan oleh masyarakat saat ini. Bisa dibayangkan jika sekiranya saat ini kita tidak menikmati listrik, tentunya kita masih akan hidup dengan keterbelakangan ekonomi.

Sebenarnya tidak banyak yang diharapkan dari PLN saat ini, namun setidaknya ada beberapa point sebagai masukan agar kedepannya menjadi lebih baik lagi dalam melayani masyarakat. Berikut harapanku untuk PLN :

Program Listrik Murah Untuk Rakyat Miskin
Ini adalah harapan yang pertama, dimana program listrik murah sebaiknya bisa menjadi prioritas. Karena tidak dipungkiri lagi bahwa sebagian penduduk Indonesia hidup di daerah dan tidak sedikit dari mereka yang hidup miskin. Listrik merupakan kebutuhan sekunder. Jika untuk makan saja susah, apalagi buat pasang listrik yang sekarang makin tinggi harganya. Sehingga alangkah baiknya jika PLN segera memprioritaskan program listrik murah untuk masyarakat miskin terutama tarif untuk pasang listrik baru.
Jangan Sering menaikkan TDL
Harapan berikutnya adalah alangkah baiknya jika PLN tidak sering menaikkan Tarif Dasar Listrik (TDL). Listrik merupakan produk jasa strategis, yang menghidupi hajat hidup orang banyak. Jika TDL ini terus dinaikkan, jelas sangat berpengaruh kepada semua sektor termasuk perekonomian , terutama sangat berdampak bagi rumah tangga dan juga Usaha Kecil dan Menengah yang sebagian besar tergantung dengan listrik.
Dan juga kenaikkan TDL akan memicu meningkatnya harga barang dan jasa lainnya. Selain itu, dampak lainnya adalah meningkatkan inflasi dan mengurangi daya beli masyarakat sehingga berdampak tingkat kesejahteraan masyarakat akan menurun juga.
Meningkatkan Kesejahteraan Karyawannya
Perusahaan yang menyangkut hajat hidup orang banyak tentunya membutuhkan tenaga ekstra untuk menanganinnya. Tidak dipungkiri bahwa mereka bekerja dengan resiko nyawa, terutama yang bekerja dilapangan sebagai maintenance. Mereka harus bergelut dengan kabel-kabel dengan tegangan tinggi. Salah salah nyawa mereka yang menjadi korbannya. Jadi mungkin saja jika kesejahteraan mereka diperhatikan akan bisa memberikan dedikasi dan loyalitas dalam bekerja dan bisa memeberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. 

Yang terakhir adalah semoga PLN bisa meningkatkan layanan terhadap masyarakat. Tidak ada lagi pemadaman secara bergilir, bisa tersebarnya listrik dengan merata ke suluruh Indonesia dan lain sebagainya.

Demikian sedikit harapanku untuk PLN, semoga lebih baik dimasa yang akan datang…



Share this

Catatan Kang Muroi, adalah blog yang menyajikan berbagai macam info menarik, Kolom Tutorial, Blogger Template, Motivasi, Otomotif, Rubrik Islam, Tips dan Trik dan berbagai macam hal menarik lainnya

Related Posts

Previous
Next Post »