5 Makanan Yang Bisa Bikin Gigi Rusak

5 Makanan Yang Bisa Bikin Gigi Rusak

5 MakananYang Bisa Bikin Gigi Rusak – Mungkin banyak orang yang tidak menyadari jika gigi rusak juga bisa disebabkan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari hari. Nah jika gigi sudah  rusak maka penyakit gigi bisa saja akan timbul seperti sakit gigi, gusi bengkak, gigi berlubang, warna gigi kekuningan dan bau mulut. Nah berikut ini ada beberapa makanan yang dapat merusak gigi. Mau tahu makanan apa aja itu? Simak 5 Makanan Yang Bisa Bikin Gigi Rusak berikut ini :

1. Permen padat
Permen yang keras atau sirup obat batuk memiliki efek demineralisasi, dimana gula dalam permen dapat menempati satu area dalam mulut dalam waktu yang cukup lama dan berpotensi menyebabkan mulut bersifat asam.
Mulut yang bersifat asam merupakan tempat tinggal yang ideal bagi bakteri perusak gigi. Oleh karena itu, kurangi makan permen dan gosok gigi Anda setelahnya untuk menetralkan mulut. Jika Anda mengambil sirup obat batuk, pilihlah yang bebas gula agar tidak merusak gigi.

2. Makanan lengket
Makanan lengket seperti permen atau kue yang terbuat dari pati kanji dapat menempel di gigi dan menyebabkan asam di mulut. Sayangnya air liur saja tidak mampu menetralkan asam, sehingga bakteri akan segera berkembang mulut dan merusak gigi. Segeralah menggosok gigi setelah makan makanan lengket untuk mencegah kerusakan gigi.

3. Minuman olahraga
Minuman olahraga biasanya berupa cairan yang sedikit kental, manis, dan tinggi karbohidrat. Hal ini bukan hanya membuat mulut bersifat asam tetapi cairan kental juga dapat menempel pada gigi untuk jangka waktu yang lama. Minuman yang terbaik untuk gigi adalah air putih biasa yang tidak mengandung gula sama sekali.

4. Jeruk nipis
Tidak hanya makanan manis, makanan dengan rasa masam pun dapat merusak gigi. Menghisap atau mengunyah makanan masam seperti lemon pada waktu yang cukup lama, dapat menyebabkan demineralisasi enamel.

5. Soda
Soda adalah minuman dengan kadar gula tinggi, sehingga dapat merusak gigi. Berkumurlah setelah minum soda atau minum air putih sesudahnya untuk menetralkan asam di mulut. Gunakan sedotan ketika minum soda agar cairan tidak terlalu lama bersinggungan dengan gigi. Semoga bermanfaat [sumber]



Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

18 comments

waduh nipis juga termasuk ya bang...

padahal suka sama nipis nih >.<

Balas

wah saya baru tahu jeruk nipis bisa membuat gigi rusak sobat...

Balas

bru tau kalau minuman olahrga bisa rusak gigi..mksih ya gan infonya jdi lbih tau...

Balas

Oh ternyata minuman seperti ini bisa juga membuat gigi rusak yak, thanks atas informasinya

Balas

wah pantesan kang saya giginya rusak,jadi minuman olahraga juga penyebabnya ya.saya sering minum2man itu.kurangi ah,terima kasih infonya.

Balas

wah soda ternyata bisa juga ya gan, ehm, baru tau. tapi sayang , gigi ane ud rusak jadi telat dah. heheh, tapi makasih nie infonya.

Balas

Trima kasih udah memberi manfaat untuk kesehatan kita semua.

Balas

@limit post. ane juga iya gan.

Balas

waduh. Soda bahaya bagi gigi ya? padahal seneng banget sama soda, makasih banyak buat info kesehatannya sob

Balas

ternyata soda berbahaya ya,
harus din kontrol lagi ni

Balas

semua yang ada di daftar sering saya konsumsi, mesti belajar ngurangin nih....
kapok sakit gigi

Balas

waduh ngeri banget deh kalau sudah terkena sakit gigi rasanya weleh weleh nggk mau banget deh....

Balas

Terima kasih atas informasinya gan.

Balas

mantap mas artikelnya.
bisa jadi rujukan untuk artikel saya. :)

Balas

betul semua tipnya, thanks tipnya

Balas

rupanya jeruk nipis bisa membuat gigi rusak ya,,,

bru tau ane sob..

Balas

jeruk nipis juga ??
kalau makanan masam lainnya gimana ??

Balas