8 Sep 2012

Renungan : Seriuskah Kita Mengejar Cita?


mengejar citaPada kesempatan sebuah seminar yang diikuti kebanyakan yang sudah berusia dewasa bahkan ada yang sudah setengah baya, seorang tutor melontarkan sebuah pertanyaan yang mungkin bagi mereka kedengarannya kurang lazim. Pertanyaan ini sering mereka dengar pada sekolah Taman Kanak Kanaka atau SD. Apa kira kira pertanyaannya. Pertanyaannya adalah “Apa cita cita Saudara?”

Ternyata dari sekian banyak peserta, banyak dari mereka yang hanya cengar-cengir sambil garuk garuk kepala tapi tidak gatal.
Yah kadang kita yang sudah dewasa pun ketika ditanya apa cita-citanya sering merasa bingung bukan?

Sahabat, setiap dari kita pasti punya cita-cita dan tujuan hidup. Namun sudahkah setiap nafas dan langkah kita bertujuan untuk megejar cita-cita kita? Atau bahkan kita mungkin tidak punya waktu untuk mengejarnya?

Kadang banyak orang yang berfikir, "Andaikan tubuh ini bisa menjadi dua, maka segala urusanku bisa terselesaikan semua dengan baik, meskipun dalam waktu bersamaan. Oh, alangkah cepatnya waktu berjalan."

Tapi juga ada yang berfikir, "Ah, mau ngapaian ya hidup ini?..Bingung nih, mau ngapain.... Ah, hari ini terasa panjang dan membosankan...."

Sahabat, kedua orang tersebut memiliki waktu yang sama 24 jam tidak kurang dan tidak juga lebih. Namun  ada yang dalam waktu 24 jam bisa mengatur berbagai urusan besar. Banyak juga yang dalam waktu 24 jam, mengurus diri sendiri masih bingung, mau apa, kemana tujuan hidupnya.

Banyak yang mengeluh, karna kehilangan barang. Tapi jarang yang mengeluh karna kehilangan waktu yang terbuang sia-sia... Semoga bermanfaat.