Kita Adalah Saling Membutuhkan

Disuatu negara, secara rutin diadakan pameran hasil tanaman terbaik yang dihasilkan oleh tanah-tanah di negara tersebut. Dan tiap petani yang menghasilkan tanaman terbaik akan mendapatkan penghargaan dari raja dan perdana menteri (pemimpin tertinggi dari negara tersebut).

Dan seorang petani, dapat menumbuhkan jagung-jagung terbaik sehingga sudah 10 kali berturut hasil buminya masuk kepameran.

Satu tahun wartawan mewawancari dan mendapatkan sesuatu yang menarik tentang bagaimana ia dapat menumbuhkan jagung unggulan. Wartawan menemuan bahwa selain petani selalu menanam biji benih jagung unggulan, dia juga memberikan biji unggulan kepada tetangganya secara gratis.

“Kenapa anda memberikan benih jagung unggulan kepada tetangga anda? Bukankah mereka juga akan menjadi pesaing anda di tahun berikutnya?” tanya wartawan.

“Kenapa? Apakah bapak tidak tahu jika angin mengambil serbuk sari dari pematangan jagung yang ia tanam, juga dari pematangan jagung tetangga saya. Jika tetangga saya menanam benih jagung dengan kualitas rendah, tentu akan menurunkan kualitas jagung saya. Jika saya menanam jagung dengan benih yang baik, maka saya harus membantu tetangga saya menanam jagung yang baik pula.”

Petani ini sangat menyadari keterkaitan hidup. Jagungnya tidak akan berkualitas jika jagung tetangganya tidak berkualitas.

Sahabat Muro’i El-Barezy, kita adalah manusia yang membuthkan satu sama lainnya. Kita tidak akan bisa merasakan kenikmatan hidup ini tanpa orang-orang disekeliling kita.

Kita yang ingin hidup dengan damai, maka harus membantu tetangganya untuk hidup damai.
Kita yang ingin hidup dengan baik, makai harus membantu tetangganya untuk hidup baik. Menemukan nilai kehidupan yang dijalaninya.
Dan mereka yang memilih bahagia harus membantu orang lain untuk menemukan kebahagiaan, membantu menemukan kesejahteraan orang lain.

Semoga bermanfaat....

Post a Comment

17 Comments

  1. Manusia itu adalah makhluk sosial, yang saling membutuhkan antara satu dgn lainnya

    Artikel yang menarik sobat

    ReplyDelete
  2. Hidup secara alamiah sejatinya memang saling membuuhkan, interdependece...kita butuh orang lain sama seprti orang lain butuh kita

    ReplyDelete
  3. Jika kita membantu, suatu saat pasti dibantu jika kesulitan.

    ReplyDelete
  4. mahluk sosial, pastinya tapi heheh kenyataan ada juga yg jauh dari spti ini, Sombong dan tak mau mmebaur dgn rakyat. Utk itu jelas adanya fastabiqul khooirot.

    ReplyDelete
  5. Mnusia memang hrus sling membutuhkan bang .... karna kita makhluk sosial

    ReplyDelete
  6. ini pemikiran yang jarang sekali bang, biasanya persaingan yang di dulukan. dengan menekan bukannya mengembangkan orang lain. ehm, saya belajar dari sini :D

    ReplyDelete
  7. hadir disini,, maaf lama banget baru bisa mampir nih soalnya habis ospek di kampus

    ReplyDelete
  8. bekos wi all sosialiti humen...

    heeeee

    makhluk sosial adalah manusia ^_^

    ReplyDelete
  9. kita tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain sobat...

    ReplyDelete
  10. motivasinya sangat menarik mas.. terima kasih...

    ReplyDelete
  11. bener bgt sob, kita selaku manusia saling membutuhkan 1 sama dg yang lain na,,

    ReplyDelete
  12. betul sekali bang Muro'i memang kita saling membutuhkan satu dengan yang lainnya untuk itulah Allah SWT menciptakan kita..mantef bang artikelnya.

    ReplyDelete