Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Tips Aman Dan Nyaman Saat Mudik Lebaran

By On 4.8.12


Musim mudik lebaran sudah mulai. Acara tahunan ini seakan tidak lekang oleh perubahan zaman. Suasana lebaran memang tidak pas jika tidak bersilaturrahim dengan sanak saudara. Sehingga banyak yang ngebelain untuk selalu pulang kampung walaupun sesulit apapun perjalanannya. Bagi sobat yang merencanakan mudik lebaran tahun ini, sebaiknya selalu berhati-hati dalam perjalanan. Patuhi segala perturan berlalu lintas agar aman, nyaman dan selamat sampai tujuan. 



Lantas, apa tips atau trik agar mudik jadi aman dan nyaman? Berikut tips agar mudik lebaran aman dan nyaman :
  • Sebelum berangkat mudik, sebaiknya sobat  memeriksakan kesehatan terlebih dulu. Apalagi jika selama ini memiliki keluhan sakit tertentu. Siapkan juga obat-obat yang kira-kira sobat butuhkan.
  • Kunci rumah atau kamar kos. Pastikan sobat telah mengunci rumah atau kamar kos rapat-rapat. Selama di perjalanan, sobat bisa lebih tenang karena rumah atau kamar kos telah aman dari maling. Jika memungkinkan titipkan kunci kepada tetangga yang dipercaya untuk menghindari kuncinya hilang diperjalanan.
  • Jika memungkinkan berangkat di malam hari. Pada malam hari jalan raya menjadi lebih lengang dan cuaca tidak panas.
  • Mempersiapkan stamina. Perjalanan panjang membuat tubuh mudah kelelahan. Untuk itu, jagalah kesehatan sebelum melakukan mudik lebaran. 
  • Jika menggunakan kendaraan umum hindari yang namanya calo. Lebih baik  beli di agen resmi atau loket penjualan tiket.
  • Periksa kondisi kendaraan. Ini hal penting yang perlu diperhatikan oleh pengendara motor atau mobil yang ingin mudik. Bawa kendaraan ke bengkel terdekat dan cek kondisinya secara menyeluruh untuk menghindari hal yang tidak kita inginkan selama perjalanan.
  • Bawa bekal. Dengan membawa bekal, sobat bisa menjaga kebugaran saat mudik di jalan. Disamping itu, makanan yang kita bawa lebih sehat dan terjamin amannya. 
  • Jika sobat menggunakan kendaraan umum, jangan pasang tampang bloon ketika menunggu di stasiun atau terminal. Alih-alih kita malah dikerubungi calo dan juga bisa memancing tindak kriminal. Berabe kan?
  • Pakailah perlengkapan kendaraan selengkap mungkin, seperti helm, jaket, jas hujan dll jika memakai kendaraan roda dua.
  • Menyimpan uang di tempat yang aman. Taruh sebagian uang sobat di dalam tas, kalau bisa sih di bagian paling bawah. Lebihnya taruh di tempat yang mudah dijangkau jika sewaktu-waktu perlu uang, sehingga tidak sering buka dompet.
  • Saat di perjalanan, jangan paksakan diri untuk terus berjalan jika kondisi tidak memungkinkan. Jika merasa lelah, carilah tempat untuk beristirahat. Ada baiknya, sobat beristirahat secara periodik.
  • Jangan memaksakan diri dengan meminum obat atau bahan tertentu yang dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh sesaat.
  • Tidak  membeli makanan sembarangan. Jika salah makan, otomatis kesehatan dapat terganggu.  Kalau diperlukan maka jangan ragu-ragu untuk manfaatkan pos kesehatan disepanjang arus mudik yang sudah disediakan.
  • Doa. Meski persiapan sudah matang, nasib buruk kadang tetap menimpa sobat. Oleh karena itu, doa menjadi jurus jitu yang ampuh saat mudik di perjalanan.
  • Jika sudah sampai ke tujuan, cepatlah beristirahat. Jangan paksa diri  untuk langsung berkeliling-keliling ke rumah sanak saudara untuk berlebaran.
Akhirnya selamat mudik dan berlibur di kampung halaman masing-masing, semoga selamat sampai tujuan….



29 komentar

terima kasih nih tips triknya...

saya sendiri baru rencana mudik sekitar tanggal 17...

semoga lancar..

thanks sob tipsnya, mungkin buat pengendara motor jangan bawa barang terlalu banyak :D

makasih buat tips nya mas , pasti banyak yg mudik nih bau2 deket lebaran mah..

wahahh manteb nih sobat tipsnya :))
thanks udah share yah

sama sama sob, mudik kemana nih?

ya bener sob, kadang malah ga nyaman mudiknya

makasih sob, kayanya ga mudik nih

sama2 sob, semoga bermanfaat:}

Semua harus benar2 aman sob. Rawan perampokan di tengah jalan. Hehehe

wahhh boleh juga nih tips nya. makasi banget mas... tapi ane kagak mudik...

terima kasih banyak untuk tips aman mudik lebarannya nih sobat...

Terimakasih atas postingannya, bekal nanti saya mau pulkam di laju dengan naik motor.

tips mudik yang sangat bermanfaat sob, tapi saya nggak mudik nih, hehehe

ya bener sob, harus kita persiapkan sedetail mungkin

sama sama, semoga manfaat buat yang lain

sama sama sobat, semoga bermanfaat

sama sma sob, semoga selamat sampai tujuan dan hati2 dijalan

trimakasih sob sudah silaturrahim, slam sukses selalu

Mantapp tipsnya,,,bdw ini Ganti Wajah baru ya bangg ?


semoga makin sukses dehh :)

hadir lagi untuk baca-baca sobat :))

pastinya sangat bermanfaat sobat, salam silahturahmi sobat...

Ini sngat bermanfaat buat yg mudik ...

sayang sekali, saya tidak mudik saat ini.. :)

kangen juga suasana jalan yang ramai dan penuh dengan orang2 tersenyum ingin pulang kembali ke kampung.. :)

tahun ini semakin meningkat para mudik end kejahatan pun semakin bertambah


harus hati di dalam perjalanan dahhhh

yang terpenting adalah kita harus selalu menjaga stamina ketika mudik & jangan membawa barang yg berlebih.
kpn2 mampir ke blog Q sob