Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Momentum Ramadhan dan Perayaan Kemerdekaan RI

By On 17.8.12


Sobat Muro’i El-Barezy, hari ini adalah dimana 67 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 17 Agustus 1945, pemimpin Negara kita Ir.Soekarno, memproklamirkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Kemerdekaan ini bukan hadiah dari penjajah Negara, namun hasil dari perjuangan yang sangat panjang yang telah mengorbankan jiwa dan raga para pejuang dan rakyat bangsa ini.

Dalam sejarah Islam, tercatat banyak peristiwa penting yang terjadi pada bulan Ramadhan. Di antaranya, turunnya wahyu yang pertama kepada Rasulullah SAW dan peperangan besar antara umat Islam dan pasukan Quraisy di dekat sumur Badar yang dikenal dengan perang Badar. Saat itu, Rasulullah SAW bersama 83 sahabat Muhajirin, 61 sahabat dari suku Aus, serta sebanyak 170 sahabat dari suku Khazraj, berjuang menghadapi sekitar 1.000 prajurit Quraisy. Sungguh jumlah yang sangat tidak seimbang kala itu.

Namun dengan izin Allah SWT, dalam peperangan itu, kemenangan berpihak pada umat Islam. Kemenangan itu diabadikan Allah sebagai Yaumul Furqan atau hari pembeda antara kebenaran dan kebatilan (QS. Al-Anfal [8]: 41). Peristiwa lain yang terjadi pada bulan Ramadhan adalah Fathu Makkah (pembebasan Kota Makkah). Peristiwa ini terjadi pada 630 M atau bertepatan dengan 10 Ramadhan 8 H.Dan masih banyak peperangan-peperangan yang terjadi pada bulan ramdhan. Ini menunjukkan bahwa seharusnya ramadhan adalah sebagai bulan jihad dan semangat dalam beramal dan bekerja.
Bagi bangsa Indonesia, Ramadhan tahun ini menjadi momentum yang sangat bersejarah. Karena ternyata detik-detik proklamasi kemerdekaan 1945 juga bertepatan dengan Ramadhan. 

Maka dari itu hendaknya ini mengingatkan kita mengenai pentingnya Ramadhan sebagai langkah awal menuju perubahan dari masa-masa yang suram menuju masa bahagia, dari ketertindasan menuju kemenangan, dan dari kemiskinan menuju kesejahteraan.

Sudah 67 tahun bangsa ini merdeka, tentunya ini bukan waktu yang sebentar. namun serasa kita belum merasakan kemerdekaan yang hakiki. Tingkat kemiskinan dan ekonomi masyarakat yang belum membaik menjadi PR para pemimpin dan wakil rakyat.

Momentum Ramadhan tahun ini hendaknya bisa menjadi ajang introspeksi bagi pemimpin dan pejabat di negeri ini untuk mengukur tingkat pengabdian terhadap bangsa dan negara. Apakah benar selama ini telah berbuat yang terbaik untuk kemaslahatan rakyat? Apakah selama ini sudah bisa mengemban amanat rakyat yang dibebankan diatas pundak pundak meraka?
Saat ini bangsa kita sedang menghadapi banyak masalah  yang pelik, mulai dari korupsi, kemiskinan, hingga penegakan hukum yang masih tak imbang. Lalu pantaskah kita berbangga dengan perayaan 67 tahun kemerdekaan kita jika keadaan demikian?

Melalui Ramadhan tahun ini yang bertepatan dengan perayaan kemerdekaan Negara kita harusnya menjadi renungan semua elemen bangsa untuk meneladani perjuangan Rasulullah yang membawa kemenangan pada banyak peperangan dahulu. Juga, merenungi kembali perjuangan-perjuangan para pahlawan yang rela bersimbah darah demi kemerdekaan bangsa ini. Akankan dinodai dengan segelintir oknum yang mementingkan golongan dan kelompoknya sendiri? 

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-67

Semoga bermanfaat dan happy blogging……



29 komentar

Dirgahayu Republik Indonesia kita yang ke 67,,, ayo bangkitkan semangat nasionalisme di bulan ramadhan ini

tepat banget momentumnya..semoga semua menjadi barokah bagi kita ^_^

dirgahayu negeriku Indonesia, dan semoga Ramadhan ini adalaha awal yang baik untuk berbenah diri bagi negeriku untuk menjadi lebih baik bagi bangsa dan negara ,,,dan bukan hanya untuk kepentingan golongan tertentu saja :)

Ayo kembalikan kejayaan Islam di Indonesia :D

wahhh iya nih..

Satukan tangan, satukan hati, Satukan tujuan, Itulah semangat kemerdekaan.
Di Hari Kemerdekaan Kita padukan Keikhlasan untuk meneruskan perjuangan terdahulu kita,,
Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 67

dihari raya kemerdekan ini semoga indonesia menjadi bangsa yang lebih baik dari tahun tahun sebelumya dan bisa jadi bangsa yang tidak di remehkan bangsa lain heheheh :D

Ternyata bulan ramadhan Rasulullah SWT mengadakan perang juga ya...

memang kalau melihat dari sejarah untuk meraih kemerdekaan RI sangat susah dan butuh waktu lama, untuk itu kita sebagai warga negara perlu mengisi HUTRI ini dengan kegiatan yang positif...

katanya 67 tahun yang lalu hari kemerdekaan indoensia sama yah di bulan rmadhan n tepat hari jumat pula???

Setuju tuh sama komentnya bang dayat.
satukan hati, satukan rasa, satukan jiwa.

^_^

Yeah, gak terasa bangsa ini udah berumur 67 tahun sob. Btw, makasih awardnya ya. :D

Semangat menyambut HUT RI ini dan Hari raya idul fitri,,, ^_^

ehm... iya ya, dulu waktu kita merdeka pas ramadhan ya. ternyata tuhan punya rahasia lain akan bulan ramadhan ini, banyak yang di menangkan dan di mudahkan urusannya.

yes..!
sejatinya kita harus melihat momentum itu dengan kacamata keseluruhan bukan dengan sebelah mana.. :)

SALAM MERDEKA!

heheh asik yah kita bisa mendapakan kemerdekaan yg benar2 merdeka......

Bangsa Indonesia memperoleh dua anugerah pada waktu yang bersamaan

Merdeka....!!
Sealamat Hari Raya Idul Fitri
Minal Aidin Wal Faidzin

Mantab pokoknya, hari raya pas barengan ama hari kemerdekaan RI mesti rame !

Ramadhan sudah hampir berakhir, maka izinkanlah saya mengucapkan salam...
Taqobalallahu minna wa minkum wa ja'alanallahu minal aidin wal faizin
Semoga Allah menerima amalan-amalan yang telah aku dan kalian lakukan dan semoga ALLAH menjadikan kita termasuk orang-orang yang kembali kepada fitrah dan mendapat kemenangan,
Selamat Menyambut Dan Merayakan Hari Raya Idul Fitri,
Mohon maaf lahir batin bila ada salah dan khilaf selama ini,
Salam hangat dan hormat dari Makassar- Indonesia
Wassalam

Ayo kita bersama-sama untuk membangun Indonesia untuk jadi lebih baik lagi ke depannya...

Dirgahayu Indonesia ku :)
wilujeung boboran siam kang :)

semangat merdeka,
MErderka... ^_^

ehm... ternyata banyak emang ya yang di muliakan oleh Alloh pas ramadhan. termasuk salah satunya negara kita ini.

semoga negara kita bukan cuman merdeka untk orang2 kaya aja, tapi rakyatnya jelata juga merdeka :)