Alhamdulillah, NU dan Muhammadiyah Tetapkan Idul Fitri 19 Agustus 2012

lebaran barengAkhirnya dua ormas besar di Indonesia sepakat dalam menentukan jatuhnya hari raya Idul Fitri 1433H atau 2012 M ini pada hari Ahad,  tanggal 19 Agustus 2012. Ini merupakan sebuah kabar gembira yang patut kita syukuri karena selama ini kedua ormas tersebut selalu berbeda dalam menentukan awal ramadhan dan jatuhnya hari raya Idul Fitri. Kebersamaan dalam menentukan 1 Syawal 1433 H ini sangatlah baik karena hal ini tidak membingungkan umat. Kita sebagai rakyat patut menyambut baik keputusan ini. Dan biasanya keputusan dua ormas besar ini juga akan mempengaruhi keputusan pemerintah juga.

Salah satu pimpinan Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah KH Marifat Iman membenarkan kemarin, sebagaimana yang diberitakan oleh Media Indonesia. “Idul Fitri sama, yaitu pada 19 Agustus 2012, karena pada 17 Agustus posisi hilal masih di bawah ufuk. Maka bulan baru 1 Syawal 1433 H jatuh pada lusa harinya, yaitu 19 Agustus,” tegas Marifat.
Dengan posisi hilal seperti itu, tambah Marifat yang juga anggota Komisi Fatwa MUI Pusat ini, semua umat Islam akan sepakat menetapkan awal bulan pada lusa harinya.

Hal senada juga dikemukakan Rois Syuriah PBNU KH Masdar F Masudi. Menurut Masdar, kalender NU menetapkan 1 Syawal juga pada 19 Agustus 2012. “Sebenarnya NU juga mempunyai hitungan hisab yang diperkukuh dengan rukyat atau melihat hilal atau bulan itu,” kata Masdar.

Di sisi lain, pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) juga berharap perayaan Idul Fitri berlangsung serempak pada 19 Agustus 2012. “Alhamdulillah, saya kira kita semua berharap dapat merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1433 H bersamaan, secara serempak,” kata Dirjen Bimas Islam Kemenag Abdul Djamil kepada Media Indonesia, kemarin.
Namun, tambah Abdul, pemerintah tetap akan memutuskan hal itu melalui sidang isbat setelah memperoleh konfirmasi rukyat.

Akhir pekan lalu, Ketua Dewan Masjid Indonesia yang juga mantan Wapres Jusuf Kalla menegaskan bahwa seluruh umat Islam Indonesia akan merayakan Idul Fitri secara serempak pada 19 Agustus 2012. Demikian semoga bermanfaat. [ sumber ]

Post a Comment

37 Comments

  1. tumben nih lagi akur?

    Alhamdulillah turut senang :)

    ReplyDelete
  2. Idul Fitri bareng tapi puasanya nggak bareng nih sob, akan lebih indah jika semua golongan Islam bersatu dan selalu bergerak bareng,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebersamaan memang indah sob, semoga bisa seterusnya yah:}

      Delete
  3. katanya perbedaan indah, tapi menurut saya persatuan jauh lebih indah dari sebuah perbedaan. semoga seterusnya bersatu, amin.

    ReplyDelete
  4. Wah Alhamdulillah yach sobat, berarti lebaran sebentar lagi nih sobat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sobat sebentar lagi, makasih silaturrahimnya

      Delete
    2. lebaran sebentar lagi, asik asik sobat...

      Delete
  5. wahhh oke sudah kalo gitu..
    kalo tanggal 19 berarti kao gak salah ini sudah pertengahan puasa bahkan udah lebih yah

    ReplyDelete
  6. bagus ya mas kalau bisa serempak seperti dulu lagi, maunya beberapa tahun lalu seperti ini juga jadi terlihat kompak umat muslimnya...

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah, akhirnya bisa lebaran barengan ya? biar gak kepikiran sdh lebaran tp masih puasa...hehehe

    ReplyDelete
  8. coba selalu demikian...kan adem ayem tentrem yang nantinya bisa jadi loh jinawi...ngapain juga kalau beda2 dikit sekalian dihijikeun we, da Gusti ALLAH mah pasti ngartieun lan bageur atuh!!

    hore bentar lagi lebaran...siap mudik teu kang?

    ReplyDelete
  9. wah sekarang bersatu ya, alhamdulilah. kren dah. tapi ko ini ganti baju lagi ya gan, sering banget enta ganti baju.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, sayang komentar ane ga di bales. padahal seseorang sering melihat komentarnya yang lama loh. sekedar pengen tau jawaban atau sekedar melihat respon. yaud dah..

      Delete
    2. waduh maaf sobat, akhir2 ini memang kesibukan sedikit menyita waktu, posting langsung kabur hehe...., ane sudah semaksimal mungkin saling menghargai sobat sekalian dengan bersilaturrahim kembali, mungkin itu lebih baik, tapi jika pertanyaannya butuh jawaban, ya ane jawab juga gan, maaf yeh hehe...
      ane udah aga lama ganti bajunya gan, cari yang enteng loadingnya gitu ceritanya, oya di pc ente enteng ga nih?

      Delete
  10. Alhamdulillah nch Lebaran'a bersma" 19 agustus ... tdk sperti thun lalu ... smoga nnti puasa 2013 puasanya bersma"

    ReplyDelete
  11. asikan lagi kompak nih kedua ormnas, heheheh :))
    jadi lebaran tgl 19 agustus yah

    ReplyDelete
  12. alhamdullilah gak ada perbedaan

    ReplyDelete
  13. yah saya ikut NU puasa jadi nggak pas sebulan nih. hihihi

    ReplyDelete
  14. Allhamdullilah bisa bareng waktunya yah ...

    ReplyDelete
  15. nah kalau gini baru siip, kan enak jadinya :)

    ReplyDelete
  16. wahhh, hadir lagi nih sobat di subuh dini hari setelah makan sahur :)

    ReplyDelete
  17. syukurlah semoga bisa memper erat ukhuwah islamiyah bangsa ini amiiiin,,,,,

    ReplyDelete
  18. alhamdulillah.......meski puasanya tidak bersamaan tapi lebarannya bersamaan..

    ReplyDelete
  19. NU belum melakukan rukyat kok sudah menentukan ya apa sudah berhisab juga ya sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. "Sebenarnya NU juga mempunyai hitungan hisab..hihihi"...kalo melihat pengumuman labih awal seperti ini berarti NU jg dipake Hisab...kalo pake Rukyat harusnya NU jgn menentukan dulu kapan 1 Syawalnya...harusnya seperti pada penentuan awal ramadhan dong...ya gak sih...? BTW lebaran bersama emang lebih sreegg...

      Delete
  20. alhamdulillah,,,
    ngiring bingah ,,,

    wilujeng ngeblog

    ReplyDelete
  21. seneng banget dengernya. syukurlah. mbok gitu ya, bersatu.

    ReplyDelete
  22. hehehe
    tumben nih akur. Tapi sukur deh bisa pake baju lebaran bersamaan :D

    ReplyDelete
  23. bahagiaaa rasanya kalo lebarannya barengan :')

    ReplyDelete
  24. bagus deh bisa barengan.. tapi apa udah resmi tuh sob keputusan nya..jgn seperti thn lalu..umat di bikin bingung sama alim ulama n penguasa.. :)

    ReplyDelete
  25. turut syukur meski agak cukup kaget ...., kalo Muhammadiyah sih emang jauh-jauh hari udah nentukan karena pake hisab . tapi niii , emangnya yang NU udah ngeker tuh posisi bulan apa ? tumben kagak ngotot rukyah-rukyahan . Syukur dah kalo udah bisa mulai nerima ilmu pengetahuan dan teknologi . berarti NU dah mulai mundak akale . Niii pentingnya berteman ama Muhammadiyah yang emang pinter dan bertanggung jawab ..... Selamat ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane jg heran kok kalo pake rukyat, jauh2 hari sebelum hari H, sudah bisa memastikan lebarannya..Ya! kalo jauh2 udah nentuin hr H spt itu, dipake Hisab namanya...Konsisten Dong!

      Delete
  26. Alhamdulillah yach sesuatu banget,, pada thn kali ini NU dan Muhammadiah sepakat dalam menentukan jatuhnya idul fitri,, jadi sekarang semua golongan akan merasakan kebahagiaan bersama2..

    ReplyDelete