Alhamdulillah, NU dan Muhammadiyah Tetapkan Idul Fitri 19 Agustus 2012

Alhamdulillah, NU dan Muhammadiyah Tetapkan Idul Fitri 19 Agustus 2012

lebaran barengAkhirnya dua ormas besar di Indonesia sepakat dalam menentukan jatuhnya hari raya Idul Fitri 1433H atau 2012 M ini pada hari Ahad,  tanggal 19 Agustus 2012. Ini merupakan sebuah kabar gembira yang patut kita syukuri karena selama ini kedua ormas tersebut selalu berbeda dalam menentukan awal ramadhan dan jatuhnya hari raya Idul Fitri. Kebersamaan dalam menentukan 1 Syawal 1433 H ini sangatlah baik karena hal ini tidak membingungkan umat. Kita sebagai rakyat patut menyambut baik keputusan ini. Dan biasanya keputusan dua ormas besar ini juga akan mempengaruhi keputusan pemerintah juga.

Salah satu pimpinan Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah KH Marifat Iman membenarkan kemarin, sebagaimana yang diberitakan oleh Media Indonesia. “Idul Fitri sama, yaitu pada 19 Agustus 2012, karena pada 17 Agustus posisi hilal masih di bawah ufuk. Maka bulan baru 1 Syawal 1433 H jatuh pada lusa harinya, yaitu 19 Agustus,” tegas Marifat.
Dengan posisi hilal seperti itu, tambah Marifat yang juga anggota Komisi Fatwa MUI Pusat ini, semua umat Islam akan sepakat menetapkan awal bulan pada lusa harinya.

Hal senada juga dikemukakan Rois Syuriah PBNU KH Masdar F Masudi. Menurut Masdar, kalender NU menetapkan 1 Syawal juga pada 19 Agustus 2012. “Sebenarnya NU juga mempunyai hitungan hisab yang diperkukuh dengan rukyat atau melihat hilal atau bulan itu,” kata Masdar.

Di sisi lain, pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) juga berharap perayaan Idul Fitri berlangsung serempak pada 19 Agustus 2012. “Alhamdulillah, saya kira kita semua berharap dapat merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1433 H bersamaan, secara serempak,” kata Dirjen Bimas Islam Kemenag Abdul Djamil kepada Media Indonesia, kemarin.
Namun, tambah Abdul, pemerintah tetap akan memutuskan hal itu melalui sidang isbat setelah memperoleh konfirmasi rukyat.

Akhir pekan lalu, Ketua Dewan Masjid Indonesia yang juga mantan Wapres Jusuf Kalla menegaskan bahwa seluruh umat Islam Indonesia akan merayakan Idul Fitri secara serempak pada 19 Agustus 2012. Demikian semoga bermanfaat. [ sumber ]

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

37 comments

tumben nih lagi akur?

Alhamdulillah turut senang :)

Balas

Idul Fitri bareng tapi puasanya nggak bareng nih sob, akan lebih indah jika semua golongan Islam bersatu dan selalu bergerak bareng,

Balas

katanya perbedaan indah, tapi menurut saya persatuan jauh lebih indah dari sebuah perbedaan. semoga seterusnya bersatu, amin.

Balas

Wah Alhamdulillah yach sobat, berarti lebaran sebentar lagi nih sobat...

Balas

wahhh oke sudah kalo gitu..
kalo tanggal 19 berarti kao gak salah ini sudah pertengahan puasa bahkan udah lebih yah

Balas

ya alhamdulillah ya sob, trims

Balas

kebersamaan memang indah sob, semoga bisa seterusnya yah:}

Balas

yah akur sobat, trims silaturrahimnya

Balas

bagus ya mas kalau bisa serempak seperti dulu lagi, maunya beberapa tahun lalu seperti ini juga jadi terlihat kompak umat muslimnya...

Balas

Alhamdulillah, akhirnya bisa lebaran barengan ya? biar gak kepikiran sdh lebaran tp masih puasa...hehehe

Balas

coba selalu demikian...kan adem ayem tentrem yang nantinya bisa jadi loh jinawi...ngapain juga kalau beda2 dikit sekalian dihijikeun we, da Gusti ALLAH mah pasti ngartieun lan bageur atuh!!

hore bentar lagi lebaran...siap mudik teu kang?

Balas

wah sekarang bersatu ya, alhamdulilah. kren dah. tapi ko ini ganti baju lagi ya gan, sering banget enta ganti baju.

Balas

ya sobat sebentar lagi, makasih silaturrahimnya

Balas

Alhamdulillah nch Lebaran'a bersma" 19 agustus ... tdk sperti thun lalu ... smoga nnti puasa 2013 puasanya bersma"

Balas

asikan lagi kompak nih kedua ormnas, heheheh :))
jadi lebaran tgl 19 agustus yah

Balas

alhamdullilah gak ada perbedaan

Balas

yah saya ikut NU puasa jadi nggak pas sebulan nih. hihihi

Balas

Allhamdullilah bisa bareng waktunya yah ...

Balas

nah kalau gini baru siip, kan enak jadinya :)

Balas

wahhh, hadir lagi nih sobat di subuh dini hari setelah makan sahur :)

Balas

lebaran sebentar lagi, asik asik sobat...

Balas

syukurlah semoga bisa memper erat ukhuwah islamiyah bangsa ini amiiiin,,,,,

Balas

alhamdulillah.......meski puasanya tidak bersamaan tapi lebarannya bersamaan..

Balas

Mampir lagi sobat.

Balas

NU belum melakukan rukyat kok sudah menentukan ya apa sudah berhisab juga ya sob

Balas

alhamdulillah,,,
ngiring bingah ,,,

wilujeng ngeblog

Balas

seneng banget dengernya. syukurlah. mbok gitu ya, bersatu.

Balas

hehehe
tumben nih akur. Tapi sukur deh bisa pake baju lebaran bersamaan :D

Balas

waduh, sayang komentar ane ga di bales. padahal seseorang sering melihat komentarnya yang lama loh. sekedar pengen tau jawaban atau sekedar melihat respon. yaud dah..

Balas

waduh maaf sobat, akhir2 ini memang kesibukan sedikit menyita waktu, posting langsung kabur hehe...., ane sudah semaksimal mungkin saling menghargai sobat sekalian dengan bersilaturrahim kembali, mungkin itu lebih baik, tapi jika pertanyaannya butuh jawaban, ya ane jawab juga gan, maaf yeh hehe...
ane udah aga lama ganti bajunya gan, cari yang enteng loadingnya gitu ceritanya, oya di pc ente enteng ga nih?

Balas

bahagiaaa rasanya kalo lebarannya barengan :')

Balas

bagus deh bisa barengan.. tapi apa udah resmi tuh sob keputusan nya..jgn seperti thn lalu..umat di bikin bingung sama alim ulama n penguasa.. :)

Balas

turut syukur meski agak cukup kaget ...., kalo Muhammadiyah sih emang jauh-jauh hari udah nentukan karena pake hisab . tapi niii , emangnya yang NU udah ngeker tuh posisi bulan apa ? tumben kagak ngotot rukyah-rukyahan . Syukur dah kalo udah bisa mulai nerima ilmu pengetahuan dan teknologi . berarti NU dah mulai mundak akale . Niii pentingnya berteman ama Muhammadiyah yang emang pinter dan bertanggung jawab ..... Selamat ,

Balas

"Sebenarnya NU juga mempunyai hitungan hisab..hihihi"...kalo melihat pengumuman labih awal seperti ini berarti NU jg dipake Hisab...kalo pake Rukyat harusnya NU jgn menentukan dulu kapan 1 Syawalnya...harusnya seperti pada penentuan awal ramadhan dong...ya gak sih...? BTW lebaran bersama emang lebih sreegg...

Balas

ane jg heran kok kalo pake rukyat, jauh2 hari sebelum hari H, sudah bisa memastikan lebarannya..Ya! kalo jauh2 udah nentuin hr H spt itu, dipake Hisab namanya...Konsisten Dong!

Balas

Alhamdulillah yach sesuatu banget,, pada thn kali ini NU dan Muhammadiah sepakat dalam menentukan jatuhnya idul fitri,, jadi sekarang semua golongan akan merasakan kebahagiaan bersama2..

Balas

ieah alhamdulilah sob, sesuatu

Balas