17 Jul 2012

Waktu-Waktu Istijabah Pada Bulan Ramadhan

Sobat Muro'i El-Barezy, masih pembahasan tentang puasa. Sebagai bentuk pembenaran akan janji Allah adanya pahala yang berlipat. Sekaligus juga sebagai pemuliaan atas bulan yang penuh barakah dan rahmat. Maka berpuasa tidak hanya sebatas meninggalkan makan, minum, dan hubungan suami istri, tapi juga mengisi hari-hari dan malamnya dengan amal shalih.
Malam dan siang Ramadhan adalah waktu-waktu yang mulia dan utama, maka sebaiknya kita manfaatkan dengan memperbanyak dzikir dan doa, khususnya pada waktu-waktu istijabah, di antaranya:

  • Saat berbuka, karena seorang yang berpuasa saat ia berbuka memiliki doa yang tak ditolak.
  • Sepertiga malam terkahir saat Allah turun ke langit dunia dan berfirman, "Adakah orang yang meminta, pasti aku beri. Adakah orang beristighfar, pasti Aku ampuni dia."
  • Beristighfar di waktu sahur, seperti yang Allah firmankan, "Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah)." (QS. Al-Dzaariyat: 18)

. . . Sesungguhnya berpuasa tidak hanya sebatas meninggalkan makan, minum, dan hubungan suami istri, tapi juga mengisi hari-hari dan malamnya dengan amal shalih. . .
Demikian semoga bermanfaat, hapy blogging...