Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Ramadhan Bentar Lagi,Nyiapin Apa Yah...?

By On 4.7.12

Gambar Dari Sini
Ramadhan 1433 H, tinggal menghitung hari (kaya lagunya Kris Dayanti hehe..). Ga kerasa yah, setahun sudah kita lewati, rasanya Idul Fitri 1432 H baru kemarin berlalu. Semoga di sisa hari bulan ini bisa kita manfaatkan buat mempersiapkan diri untuk menghadapi Ramadhan tahun ini. Bicara masalah persiapan, sobat udah nyiapain apa nih?
Sebenarnya persiapannya ga banyak sih sob, Cuma ada tiga hal yang perlu dipersiapkan. Berikut tigal hal tersebut :
1. Persiapan Ma’nawiyah (Spiritual)
Persiapan ma’nawiyah bisa dilakukan dengan memperbanyak ibadah sebelum Ramadhan tiba, seperti memperbanyak puasa sunnah, membaca Al-Qur’an, berdo’a, berdzikir dan lain-lain. Sehingga kita tidak kaget manakala sudah bertemu Ramadhan, karena sudah terbiasa dengan amalan-amalan tadi.
2. Persipan Fikriyah (Akal)
Persiapan fikriyah dapat dilakukan dengan mendalami ilmu, khususnya ilmu yang berkaitan dengan ibadah Ramadhan, dan lebih khusus lagi ilmu yang berkaitan dengan puasa, agar memiliki wawasan yang benar tentang Ramadhan dan puasa Ramadhan, ketika menjalani ibadah Ramadhan dapat melakukannya dengan optimal dan dapat meraih hasil yang maksimal. Banyak caranya sob, bisa lewat buku-buku ataupun mengikuti kajian-kajian disekitar tempat tinggal dan juga bisa lewat tivi.
3. Persiapan Jasadiyah (fisik) dan Maliyah (materi)
Persiapan jasadiyah dapat dilakukan dengan menjaga kesehatan, diantaranya dengan cara berolaharaga, menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, dan hanya mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal, sehat dan menyehatkan. Karena bulan Ramadhan adalah bulan sedang obral pahala, sayang kan kalo pas Ramadhan kita malah sakit.

Demikian hal-hal yang harus kita persiapkan sebelum Ramadhan, semoga bermanfaat….



14 komentar

Ada satu hal lagi kayaknya, tetap berdo'a diberi umur panjang agar dapat menikmati ramadhan besok dan ramadhan-ramadhan tahun berikutnya. hehe nice share

bener sob, berdoa wajib semoga Allah selalu memberikan keberkahan usia sampai datangnya ramadhan:}

gak terasa emng udh mau bulan puasa lagi,
yg nomor 1 penting tuh,

ramadhan lebaran lagi hahaha,,,

ketiganya sangat penting sob, tidak bisa dipisahkan..

jaman kecil dulu, saat yang di tunggu adalah lebaran, tapi seiring bertambahnya waktu dan usia, kita lebih mengerti bagaimana memaknai ramadhan dengan amal yang sebaik mungkin, jadi bukan lebarannya hehe...

yang nomor satu deh...
puasa sunah untuk melatih diri sebelum puasa ramadhan sob :)

yoi fisik penting tuh,

emang klo masih anak" paling seneng klo lebaran nya sob hehehe,,

nice tips sob.. semoga ane bisa nyiapin point 1 dengan lebih baik.. selama ini mah keteteran. hehehe

membersihkan diri dngn mlksnkan puasa di buln ramadhan di wajibkan,selain wajib puasa juga baik untuk kesehatan,.
terima kasih sharingnya

iya ya, harusnya persiapan spiritula, ngaji dan sebagainya. biar ga kaget dan lebih mantap.

Insya Allah, siap lahir batin untuk Ramadhan :)

14 days to go..

Ramadhan 1433 H, tinggal menghitung hari (kaya lagunya Kris Dayanti hehe..)

Menghitung hari..
detik demi detik..

wkkwkw...

persiapan mengontrol hawa nafsu....... @_@
persiapan saling memaafkan.........
persiapan melunasi hutang yang puasa kemarin bolong2.....

hehe.. apalagi yah..

mungkin bawah gw bisa nambahin..

YES ! ...
saya akan sambut dengan semangat bulan ramadhan,,
tips yang terakhir mesti saya jalankan, saya lebih jarang belorah raga hhihi :D

Remadan dtng Ngeblog terpaksa Cuti dlu,hehe

tentunya persiapan lahir maupun batin....