Anjuran Mengikuti Pemerintah Dalam Menentukan Awal Puasa

Hampir tiap tahun terjadi perbedaan penetapan awal Ramadhan di Negara kita. Ormas satu sama lainnya saling berbeda pendapat mengenai awal puasa dengan hujjah atau pendapat mereka masing-masing. Perbedaan bisa menjadi rahmat selama tidak menimbulkan perpecahan antar umat. Tahun ini pemerintah kita telah memutuskan bahwa awal ramadhan tahun 1433 H jatuh pada hari sabtu tanggal 21 Juli 2012 sesuai hasil sidang itsbat yang berlangsung di auditorium Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin No 6, Jakarta, Kamis malam (19/7).
Apapun keputusan pemerintah haruslah kita hormati dan kita taati demi untuk menghilangkan perpecahan antar umat. Apa jadinya jika masing-masing kelompok menentukan sendiri awal puasa dan hari raya ? mungkin yang terjadi adalah perpecahan antar umat, dan meningkatnya fanatik kelompok. Sobat bisa bayangkan , jika sebagian orang sudah menahan diri untuk berpuasa, sedangkan sebagian lain masih makan dan minum dan  juga ketika Hari Raya berbeda, sebagian masih menahan lapar, sebagian sudah makan ketupat dan opor ayam, sangat tidak lucu bukan?
Berikut ini petikan hadits yang menganjurkan kepada kita untuk mengikuti pemerintah dalam melaksankan puasa dan hari raya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
الصوم يوم تصومون، و الفطر يوم تفطرون، و الأضحى يوم تضحون
“Puasa adalah hari ketika kalian berpuasa bersama. Hari raya idul fitri juga di hari ketika kalian berhari raya bersama. Kurban juga di hari ketika kalian berkurban bersama.” (HR. Tirmidzi [693] dan Ibnu Majah [1660] dinyatakan sanadnya jayyid oleh Al-Albani dalam Silsilah Ash-Shahihah [hadits ke-224], Sahih wa Dha’if Sunan At-Tirmidzi [697], dan Shahihul Jami’ [3869] dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu).
At-Tirmidzi mengatakan setelah membawakan hadits di atas,
وفسر بعض أهل العلم هذا الحديث فقال: إنما معنى هذا، الصوم والفطر مع الجماعة وعظم الناس
“Sebagian ulama menafsirkan hadits ini dengan mengatakan : sesungguhnya makna dari ungkapan tersebut adalah berpuasa dan berhari raya (hendaknya) bersama dengan masyarakat (jama’ah) dan kebanyakan orang.” (Sunan At-Tirmidzi, Bab ma jaa’a annal fithra yauma tufthiruun wal adh-ha yauma tudhahhuun).
Dalam hadits lain juga dikatakan :
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ – رضى الله عنهما – أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – ذَكَرَ رَمَضَانَ فَقَالَ « لاَ تَصُومُوا حَتَّى تَرَوُا الْهِلاَلَ ، وَلاَ تُفْطِرُوا حَتَّى تَرَوْهُ ، فَإِنْ غُمَّ عَلَيْكُمْ فَاقْدُرُوا لَهُ » .
Artinya: “Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallammenyebutkan Ramadhan, beliau bersabda: “Janganlah kalian berpuasa sampai kalian melihat hilal dan jangan kalian berbuka (berhari raya) sampai kalian melihat (hilal)nya, maka jika tertutup atas kalian (hilal tersebut), maka ukurlah baginya.” HR. Bukhari dan Muslim.

Sungguh indah rasanya jika kita selalu dalam kebersamaan dan meminimalisir perbedaan. Namun demikian, semuanya diserahkan kepada keyakinan masing-masing. Dan hendaklah kita saling menghormati dan tidak saling mencemooh golongan satu dengan yang lainnya.

Semoga bermanfaat, happy blogging….



Post a Comment

29 Comments

  1. puasa kita akan di mulai pada tanggal 21 julli sob, selamat hari ramadhan ya

    ReplyDelete
  2. Perbedaan pendapat malah membuat masalah baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. perbedaan adalah rahmat selama tidak menimbulkan perpecahan sob

      Delete
  3. Perbedaan adalah berkah.....

    semoga kedepannya perbedaan bisa semakin di minimalisir..

    saya dan keluarga sudah berpuasa pada hari ini gan, jum'at 20 juli....

    ReplyDelete
  4. seblumnya sobat, saya minta maaf jika slama ini ada kata yang telah menyingung.. mohon maaf lahir dan batin.. mari menyambut bulan suci dengan saling memaafkan..

    ReplyDelete
  5. jujur pak, saya sudah berpuasa hari ini.. :)
    hmm.. memang ingin sekali satu indonesia bersama sama..
    hanya saja, metode yang digunakan berbeda..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jumat atw sabtu ga jadi masalah sob, kita hanya ikut yang berujtihad

      Delete
  6. Saya hari sabtu aja deh.... yg puasa hari ini, semoga lancar hingga selesai. :)

    ReplyDelete
  7. Musyawarah untuk mufakat sih perlu, tapi jangan bikin bingung orang awam.i

    Kalo saya puasa hari Sabtu, ikut pemerintah dan sekalian mengucapkan Selamat menunaikan ibadah puasa. Mohon maaf lahir dan bathin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf lahir batin juga sob, semoga puasa kita diterima Allah SWT..amin

      Delete
  8. Yah gan .... tpi dri ujar muhammadiya bilang sebaiknya indonesia memiliki 1 kalender buat puasa .... semoga sja rencananya berhasil ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang harus demikian sob, agar tiap tahun tidak terjadi perdebatan

      Delete
  9. apapun itu..meski start awal berbeda..namun tujuan akhir tetap sama yakni mendapat ridho-NYA...selamat menyambut bulan suci Ramadhan..mohon maaf lahir batin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget bang...slamat menjalankan ibadah puasa juga

      Delete
  10. saya sependapat dengan sobat BlogS of Hariyanto. Hari Jumat atau Sabtu atau lainnya yang penting ada keyakinan dan dasar hukum menurutnya benar. Dilingkunganku kebetulan sesuai pemerintah jadi saya pun ikut sesuai keputusan pemerintah.

    wilujeng shaum

    ReplyDelete
  11. jadinnnya tgl 21 ya sob, ikut pemerintah :D
    kulit barunya keren sob hihihi

    ReplyDelete
  12. Mampir sob. Met menjalankan puasa.

    ReplyDelete
  13. Subhanalloh, artikel yang sangat bermanfaat Sob... dapat dijadikan pemersatu Umat... Selamat menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan saja Sob... :)
    Joging pagi di bLog Sobat terbaik sambil bawa oleh2 MP3 Inspiratif bag. XVII, mohon reviewnya, Thanks, Salam bLogger

    ReplyDelete
  14. Selamat berpuasa sob :)
    bener juga kata agan, malu juga kan para petinggi kita berdebat tentang hilal terus diliat sama agama lain, ntar agama lain bisa ngatain kita apa, petinggi nya juga berdebat apalagi para pengikutnya bisa gitu kan? -__-

    ReplyDelete
  15. Ngikut pemerintah lebih baik
    Kalo yg nentuin salah ya dia yg nanggung dosanya :D

    ReplyDelete
  16. Selamat menunaikan ibadha puasa, Mas. Alhamdulillah, saya juga sudah mulai berpuasa pd Sabtu kemarin. Smga saja "hukmul hakim yarfa'ul khilaf" bnr2 bs jd solusi atas stiap prbedaan yg ada. Amin

    ReplyDelete
  17. Gw kira layar gw ada semutnya sob...
    Ternyata semut virtual

    ReplyDelete
  18. Kalo gw sih mikirnya gini sob:
    Bagus banget kita ngikutin pemerintah, asalkan pemerintah juga musyawarah dengan muslim global, negara2 muslim yg laen gitu.

    ReplyDelete
  19. Selamat menjalankan ibadah puasa sobat

    ReplyDelete