11 Jul 2012

3 Tingkatan Dalam Puasa

·   10


Sobat Muro’i El-Barezy, mumpung masih belum masuk bulan Ramadhan kita bisa mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin agar puasa kita lebih berkualitas. Mungkin hal ini wajib kita ketahui sebelum berpusa agar kita tidak tergolong orang yang merugi.
Imam al-Ghazali dalam bukunya Ihya Ulumuddin menulis, tingkatan puasa diklasifikasi menjagi tiga yaitu, puasa umum, puasa khusus, dan puasa khusus yang lebih khusus lagi.
Puasa umum adalah tingkatan yang paling rendah yaitu menahan dari makan, minum dan jima’, sedangkan panca inderanya tidak ikut berpuasa. Puasa khusus, disamping menahan tiga hal itu, juga memelihara seluruh anggota tubuh dari perbuatan maksiat atau tercela. Sedangkan puasa khusus yang lebih khusus adalah puasa hati dari segala kemaksiatan, kehendak hina, pikiran duniawi, serta mencegah memikirkan apapun yang selain Allah SWT.
Puasa level ketiga adalah puasanya para nabi, shiddiqin, dan muqarrabin. Puasa level kedua adalah puasanya orang-orang salih, sedangkan puasa level pertama adalah puasanya orang kebanyakan.
Nah kita tingal pilih yang mana. Jika sobat memilih yang pertama maka sungguh sia-sia puasanya, karena hanya akan mendapatkan haus dan lapar saja. Yah, minimal puasa level kedua yang seharusnya kita raih selama Ramadhan, akan lebih baik jika kita bisa meraih puasa level ketiga.

Semoga bermanfaat, happy blogging…..



Subscribe to this Blog via Email :