Komentar, Spam dan Kode Captcha

Salah satu aktifitas ngeblog disamping posting juga BW alias Blog Walking. Kegiatan ini sangat banyak manfaatnya untuk perkembangan blog. Bagi sobat yang sering blog walking tentunya sudah merasakan apa manfaatnya.
Namun akhir-akhir ini kegiatan ini sedikit terganggu karena banyak sobat blogger yang menggunakan kode Captcha dengan alasan untuk menghindari dan memerangi spammer. Walhasil disisi lain hal ini membuat sedikit terganggu untuk berkomentar. Bagi pengguna blogspot kode ini semakin rumit kelihatannya. Tidak jarang kita harus mengulang mengetikkan kode dua kali karena kode pertama yang kita masukkan salah. Bisa dilihat kode captcha untuk blogspot dibawah ini.
Bagi sobat yang rajin komentar, ane yakin ini akan sangat menggangu dan membuat tidak nyaman. Karena disamping harus berfikir kode apa yang harus diketik juga banyak membutuhkan waktu. Bandingkan dengan pengguna Wordpress yang sangat sederhana dalam penggunaan kode captcha ini. Sehingga cukup nyaman ketika berkomentar dan sekaligus spam bisa diperangi.
Bagi pengguna blogspot sebaiknya lebih arif dan memberikan kenyamanan kepada para sobat blogger yang rajin blog walking dengan tidak menyertakan kode ini. Mungkin solusinya lebih baik menggunkan moderasi komentar jika takut banyak spam yang mampir. Dengan moderasi komentar kita bisa memilih komentar mana yang akan dipublish dan menyingkirkan komentar yang dianggap tidak pantas ataupun nyepam.
Namun akhirnya kebali kepada sobat masing-masing. Karena ini adalah hak prerogatif dari pribadi. Tapi tentunya kita juga harus memperhatikan dan mempertimbangkan baik dan buruknya.

Semoga bermanfaat, happy blogging.. 


15 Responses to "Komentar, Spam dan Kode Captcha"

  1. Kalo saya ada trik tersendiri sob.
    Anonim gak boleh komen. Yg sering nyepam tuh anonim.

    ReplyDelete
  2. wah saya juga sampe bahas di postingan khusu gan. gara garra ini juga, di http://carikost.blogspot.com/2012/05/menghargai-pengunjung-blog.html sama di http://carikost.blogspot.com/2012/06/tips-menulis-captcha.html

    iya ya, kita terasa tergangu nei spertinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bener tuh sob, ane malah belum mampir di postingan yang pertama sob, trims ya

      Delete
  3. Yup. Punya saya juga pake moderasi dan gak pake capctha. Sadar diri, soalnya saya juga sering salah baca captcha, apalagi kalo baca lewat hape. Ditambah sekarang captcha-nya makin riweuh T______T

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukurlah, kita sama-sama menghargai biar lebih mudah koment gitu

      Delete
  4. gan klo bolhe saran, iklanya jangan pake adhitz gan, ane pernah coba ga ada nilai kliknya, temen ane juga bilang gitu. pake yang lokalan aja, soalnya adhitz itu yang dinilai klik klo orang amerika yang klik, coba ya ta tast. ane klik satu, ada ga di acount ente. ok

    sekedar saran aja, CMIWW

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah boleh tuh gan, iya deh entar ane coba, trims sarannya yah!

      Delete
    2. wah sepertinya ud di ganti gan. hehe, bagus lah. soalnya ane juga pernah nyoba dan buktikan, bahkan si asto softare, ud pasang lama ternyata ga ada hasilnya juga. ya sekedar berbagi lah, sayang aja klo ud pasang cape cape ternyata ga da hasilnya, ya ga gan? ok. saling memberi masukan aja gan, tenkyu.

      Delete
    3. sama sama sob, trims atas masukannya, memang selama ini ga ada apa-apanya hehe...

      Delete
  5. kode2 aku tiadakan coz merepotkan blogger yg lain :) happy blogging bang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkyu deh kalo sudah dihilangin biar yang koement seneng hehe..

      Delete
  6. Saat diserang spam memang bikin dongkol sis sob. Kadang sampai ratisan komen yang sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bener tuh sob, tapi sekarang blogspot sudah bisa misahin mana koment yg spam mana yang bukan

      trims kunjungannya

      Delete
  7. Saya pake captcha, karena berbondong2 spam yg masuk. Belom ada seminggu pasang captcha di blogger hehehe..

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel