7 Jun 2012

Komentar, Spam dan Kode Captcha

·   15

Salah satu aktifitas ngeblog disamping posting juga BW alias Blog Walking. Kegiatan ini sangat banyak manfaatnya untuk perkembangan blog. Bagi sobat yang sering blog walking tentunya sudah merasakan apa manfaatnya.
Namun akhir-akhir ini kegiatan ini sedikit terganggu karena banyak sobat blogger yang menggunakan kode Captcha dengan alasan untuk menghindari dan memerangi spammer. Walhasil disisi lain hal ini membuat sedikit terganggu untuk berkomentar. Bagi pengguna blogspot kode ini semakin rumit kelihatannya. Tidak jarang kita harus mengulang mengetikkan kode dua kali karena kode pertama yang kita masukkan salah. Bisa dilihat kode captcha untuk blogspot dibawah ini.
Bagi sobat yang rajin komentar, ane yakin ini akan sangat menggangu dan membuat tidak nyaman. Karena disamping harus berfikir kode apa yang harus diketik juga banyak membutuhkan waktu. Bandingkan dengan pengguna Wordpress yang sangat sederhana dalam penggunaan kode captcha ini. Sehingga cukup nyaman ketika berkomentar dan sekaligus spam bisa diperangi.
Bagi pengguna blogspot sebaiknya lebih arif dan memberikan kenyamanan kepada para sobat blogger yang rajin blog walking dengan tidak menyertakan kode ini. Mungkin solusinya lebih baik menggunkan moderasi komentar jika takut banyak spam yang mampir. Dengan moderasi komentar kita bisa memilih komentar mana yang akan dipublish dan menyingkirkan komentar yang dianggap tidak pantas ataupun nyepam.
Namun akhirnya kebali kepada sobat masing-masing. Karena ini adalah hak prerogatif dari pribadi. Tapi tentunya kita juga harus memperhatikan dan mempertimbangkan baik dan buruknya.

Semoga bermanfaat, happy blogging.. 


Subscribe to this Blog via Email :