Inilah Pidato KH.Hasyim Muzadi Yang Menghebohkan

Baru-baru ini, pidato mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi beredar luas melalui pesan berantai BlackBerry Messenger (BBM) dan media sosial. Pidato yang heboh itu berisi pandangan mantan pemimpin organisasi Islam terbesar di Indonesia itu mengenai sejumlah isu kontroversial seperti Ahmadiyah, toleransi antarumat beragama, Gereja Yasmin, Lady Gaga, Irshad Manji, dan perkawinan sejenis.

Termasuk blog Muro’i El-Barezy ini juga ikut mempublish isi pidato tersebut sebagai pesan moral bagi kita semua untuk pembelajaran dan melek akan situasi saat ini. Pidato ini patut diacungi jempol karena begitu brilliant dan arifnya beliau menjawab tuduhan terhadap Islam.

Seperti apa pidato yang menghebohkan itu? Berikut isi pidato KH.Hasyim Muzadi yang juga Presiden WCRP (World Conference on Religions for Peace) dan Sekjen ICIS (International Conference for Islamic Scholars) tentang tuduhan INTOLERANSI agama di Indonesia oleh Sidang PBB di Jeneva :

"Selaku Presiden WCRP dan Sekjen ICIS, saya sangat menyayangkan tuduhan INTOLERANSI agama di Indonesia. Pembahasan di forum dunia itu, pasti karena laporan dari dalam negeri Indonesia. Selama berkeliling dunia, saya belum menemukan negara muslim mana pun yang setoleran Indonesia.

Kalau yang dipakai ukuran adalah masalah AHMADIYAH, memang karena Ahmadiyah menyimpang dari pokok ajaran Islam, namun selalu menggunakan stempel Islam dan berorientasi Politik Barat. Seandainya Ahmadiyah merupakan agama tersendiri, pasti tidak dipersoalkan oleh umat Islam.

Kalau yang jadi ukuran adalah GKI YASMIN Bogor, saya berkali-kali ke sana, namun tampaknya mereka tidak ingin selesai. Mereka lebih senang Yasmin menjadi masalah nasional & dunia untuk kepentingan lain daripada masalahnya selesai.

Kalau ukurannya PENDIRIAN GEREJA, faktornya adalah lingkungan. Di Jawa pendirian gereja sulit, tapi di Kupang (Batuplat) pendirian masjid juga sangat sulit. Belum lagi pendirian masjid di Papua. ICIS selalu melakukan mediasi.

Kalau ukurannya LADY GAGA & IRSHAD MANJI, bangsa mana yang ingin tata nilainya dirusak, kecuali mereka yang ingin menjual bangsanya sendiri untuk kebanggaan Intelektualisme Kosong ?

Kalau ukurannya HAM, lalu di Papua kenapa TNI / Polri / Imam Masjid berguguran tidak ada yang bicara HAM? Indonesia lebih baik toleransinya dari Swiss yang sampai sekarang tidak memperbolehkan Menara Masjid, lebih baik dari Perancis yang masih mempersoalkan Jilbab, lebih baik dari Denmark, Swedia dan Norwegia, yang tidak menghormati agama, karena di sana ada UU Perkawiman Sejenis. Agama mana yang memperkenankan perkawinan sejenis?

Akhirnya kembil kepada bangsa Indonesia, kaum muslimin sendiri yang harus sadar dan tegas, membedakan mana HAM yang benar (humanisme) dan mana yg sekedar Westernisme".

Semoga bermanfaat, happy blogging…

Post a Comment

25 Comments

  1. Baca pidatonya KH. Hasyim Muzadi...bener-benar speechless. Secara pribadi, isi pidatonya lugas dan straight to the point serta akurat...
    Intinya, I do appreciate it very deeply

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih mba semoga bisa memberi pencerahan buat kita

      Delete
  2. Replies
    1. ane tambahahin satu sob, biar tiga hehe..

      trims ya

      Delete
    2. Saya tambahin 2, jadinya 5 hehehe...

      Delete
    3. yah paling banyak juga empat, minjem jempol siapa yah hehe..

      Delete
  3. Replies
    1. walah maju kemana nih sob hehe..trimakasih kunjungannya

      Delete
  4. mantap..ini perlu digaungkan lebih luas lagi kang, sebab banyak yang salah kaprah tentang islam, dan orang islam sendiri malah terhanyut oleh propaganda yang mengatas namakan HAM dan islam tanpa paham betul esensinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kang silakan disebar luaskan, semoga menjadi amal baik kita kelak amin. haturnuhun silaturrrahimnya

      Delete
  5. wahhh, manteb banget nih si beliau..

    oya sob, sorry bangte nih baru bisa berkunjung soalnya sibuk banget dah, mengenai pertanyaan sobat tentang modifikasi thread komentar seperti punya saya..
    coba aja deh kunjungi situs ini sob http://www.hacktutors.info/2012/04/threaded-comments-for-blogger-with.html

    ReplyDelete
  6. cyber dakwah memang lebih efektif :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bener bang, lagian banyak orang yg intelek yang menikmatinya

      Delete
  7. nyimak pidatonya juga sobat, masih mencari kata yang menghebohkan tersebut....

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua kata katanya adalah menghebohkan sob jika dicermati, sederhana namun sangat tepat sasaran

      Delete
  8. Ya, indonesia memang lebih baik daripada negara eropa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dalam hal toleransi agama sob, trims ya silaturrahimnya

      Delete
  9. bingung dah gue mau bilang apa :D
    pokoknye --> Kaum muslimin sendiri yang harus sadar dan tegas, membedakan mana HAM yang benar (humanisme) dan mana yg sekedar Westernisme. Itu aje dah nyang aye jadiin patokan :)

    ReplyDelete
  10. Kadang saya berpikir, mereka (negara) yg mengaku menjunjung demokrasi dan mengedepankan toleransi ternyata tidak lebih demokratis dan toleran dari negara kita ya, Mas. Kita justru lbh demokratis dan toleran dr mereka.

    ReplyDelete
  11. sebagai intelektual muslim yg moderat pidatonya tidak menggebu2 tapi menyentuh, cerdas dan rasional, seorang nasionalis muslim dan muslim yg nasionalis, berpandangan luas dan jauh kedepan untuk kemaslahatan umat, seandainya ada 5 orang kaya beliau diindonesia ini......

    ReplyDelete
  12. beliau pendokrak tradisi pesantren yg selama ini dikenal kolot dengan pengetahuannya yg sangat luas tentang agama dan negara.

    ReplyDelete