Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Ingat Waktu Kecil, Ingat Permainan Tradisional

By On 11.6.12

permainan tradisional
Assalamu ‘alaikum sobat Muro’i El-Barezy, semoga sukses selalu hari ini. Amin. Jika mengingat masa kecil dikampung dulu, jadi teringat permainan tradisional yang mungkin saat ini sudah tergerus oleh teknologi informasi yang semakin maju. Mungkin anak-anak jaman sekarang jarang memainkan jenis-jenis permainan ini. Sobat mungkin ada yang ingat permainan bentengan, gobak sodor atau petak umpet kan? Permainan ini dulu banyak dimainkan oleh anak-anak, terutama di kampung karena belum ada permainan modern seperti sekarang ini. Nah berikut penjelasan permainan tersebut :

permainan bentengPermainan Benteng, adalah permainan yang dimainkan oleh dua grup, masing – masing terdiri dari 4 sampai dengan 8 orang. Masing – masing grup memilih suatu tempat sebagai markas, biasanya sebuah tiang, batu atau pilar sebagai ‘benteng’.
Tujuan utama permainan ini adalah untuk menyerang dan mengambil alih ‘benteng’ lawan dengan menyentuh tiang atau pilar yang telah dipilih oleh lawan dan meneriakkan kata benteng. Kemenangan juga bisa diraih dengan ‘menawan’ seluruh anggota lawan dengan menyentuh tubuh mereka. Untuk menentukan siapa yang berhak menjadi ‘penawan’ dan yang ‘tertawan’ ditentukan dari waktu terakhir saat si ‘penawan’ atau ‘tertawan’ menyentuh ‘benteng’ mereka masing – masing.
Ada pengalaman yang menarik yang sampai saat ini masih teringat. Ketika dulu ikut main bentengan, saking semangatnya lari sampai akhirnya jatuh sakit. Dan dalam sakit itu masih sempat ngigau, Mengigaunyapun lari sampai dikejar-kejar ga kena hehe….

Dor Tap, Dor Tap merupakan permainan yang mirip dengan Petak Umpet namun dimainkan oleh 2 kelompok. Kelompok yang lebih dulu berhasil menyebut nama lawan yang bersembunyi dapat diartikan bahwa lawan tersebut terkena tembakan. Permainan berakhir jika salah satu kelompok sudah habis tertembak. Lain daerah mungkin lain nama. Kalo di daerah dulu tempat ane tinggal dinamakan “ngor-ngoran” (jawa). Yang unik dari permainan ini adalah menggunakan tempat terbuka seperti kebun, dipinggir sungai sampai hutan sekitar desa bahkan kuburan (hiih serem). Permainan ini biasanya dimainkan malam hari. Persis seperti bermain perang-perangan. Karena kita dituntut untuk bisa mengatur strategi dan taktik untuk melumpuhkan lawan main kita. Kita dulu bahkan tidak takut binatang buas, apalagi setan hehehe… dan saking asyiknya kadang sampai larut malam baru selesai.

galah asin
Galah Asin, Galah Asin atau di daerah lain disebut Gobak Sodor adalah sejenis permainan daerah dari Indonesia. Jadi mungkin ditiap daerah sobat juga ada jenis permainan ini. Permainan ini adalah sebuah permainan grup yang terdiri dari dua grup, di mana masing-masing tim terdiri dari 3 – 5 orang. Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik, dan untuk meraih kemenangan seluruh anggota grup harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan.
Permainan ini biasanya dimainkan di lapangan bulu tangkis dengan acuan garis-garis yang ada atau bisa juga dengan menggunakan lapangan segiempat dengan ukuran 9 x 4 m yang dibagi menjadi 6 bagian. Garis batas dari setiap bagian biasanya diberi tanda dengan kapur. Anggota grup yang mendapat giliran untuk menjaga lapangan ini terbagi dua, yaitu anggota grup yang menjaga garis batas horisontal dan garis batas vertikal. Bagi anggota grup yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas horisontal, maka mereka akan berusaha untuk menghalangi lawan mereka yang juga berusaha untuk melewati garis batas yang sudah ditentukan sebagai garis batas bebas. Bagi anggota grup yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas vertikal (umumnya hanya satu orang), maka orang ini mempunyai akses untuk keseluruhan garis batas vertikal yang terletak di tengah lapangan. Permainan ini sangat mengasyikkan sekaligus sangat sulit karena setiap orang harus selalu berjaga dan berlari secepat mungkin jika diperlukan untuk meraih kemenangan.
Kalo dikampung ane dulu karena belum ada lapangan bisa menggunkan jalan atau tanah terbuka dengan garis menggunakan abu dapur atau air. Permainan ini lebih asyik dimainkan malam hari dibawah sinar rembulan bulan purnama.

Nah sobat, sebenarnya masih banyak jenis-jenis permainan tradisional namaun hanya tiga itu yang sering dimainkan waktu masa kecil dulu. Sobat pasti punya juga dong permainan masa kecil yang mungkin beda nama dan lebih seru? Boleh dong dishare dan bercerita pengalaman dulu…

Semoga bermanfaat, happy blogging..


36 komentar

Pertamax amankan..

saya terngiang-ngiang permainan galasin... ingatsekali waktu SD saya asyik bermain galasin :'(

waktu itu sempet saya bermain lawan team galasin cewek, dan saya berhasil menangkap wanita yang saya idamkan waktu itu... :D

senangnya hati kalau mengingat masa2 itu..

tp sekarang sudah pd tumbuh dewasa.. kawan2 ku disana... apakabar?


hehehe :)

wah asyik ya sob, kalo dulu sih mungkin ga ada perasaan apa-apa yah hehe...trims pertamaxnya, udah naik harganya..peace

benteng itu hoby aq dan teman2.., tp bedax kami selalu main malam hari.., mgkn agar bertambah seru..., :)

Yang Dor TAp itu saya gak pernh main dulu. Yg lebih terkenal ya petak umpet itu..

Banyak permainan tempoe doeloe yg sekarang sdh langka dimainkan oleh2 anak-anak. Kebanyakan pd main game on line sekarang

malam hari disamping makin seru, cuaca juga adem sob

bener tuh, sekarang lebih betah online dari pada main beginian, jaman memang sudah berubah yah

seing tuh main benteng waktu sd.seru bgt.

wah pernah ngalami juga ya sob, pasti seru yah

hawahaa....

btw,, aing mau ucapin congrats buat kenaikkan PR nya naik menjadi 2 .

Keep blogging and enjoy.. :) !!

setuju nih.. kebanyakan main game pc/ game hape, udah pd modern..

musim2 layangan, gundu, dsb udah jarang spt nya saya liat dewasa ini..

lebih mencekam suasana...
(lebay)

wkwkwk...

Gobak sodor yang paling saya suka dulu waktu main masa kanak-kanak sahabat

gobak sodor ama petak umpet dulu sering saya main mas.. kalau petak umpet terkadang lempar batu agak jauh untuk mancing yang jaga agar kena tipu hehehe....

pemainan dulu emang seru sru loh gan, bnteng ma galaksin tu yang ane tau. ada lagi gatrik, wah seru semua. klo ud maen, semua ingin turun, apalagi yang itu, permainan anak cewe tu, yang gambar kotak kotak trus di lempar batu.. gitu lah, seru semua. sayang sekarang uda ga ada lagi yang melestarikan, sudah lebih memilih teknologi anak anak sekarang.

itu kalo di daerahQ namanya ASSE... beda bngt yah namanya.... hihihihi

Salam Kenal kang Jangan lupa mampri ke blogQ yah.... Catatan Si Chumhienk...

Berharap dkungannya dengan komen + Share artkel sy... hehehe

terimksih

nostalgia dengan masa2 kecil nih sob ... :(
itu semua permainan yang dulu saya masih kecil memainkan dengan teman-teman... :'(

Kyaaa, baru saja beberapa hari lalu saya bernostalgia dengan suami tentang permainan waktu kecil hehe.. paling kangen sama maenan lompat tali. Dulu bisa lompat tinggi bangeeeet. Sekarang lompat batas sepinggang jangan2 udah ga kuat hahaha..

Yang paling terkesan permainan masa kecil saya cuman gobak sodor. Tapi didaerah saya namanya bukan gobok sodor namun hanya slodor. Nice share sobat jadi pengen main slodor

Kang Follower ke 155 berhasil...,,dtnggu Follbacknya yah kang... hehehe

permainan galasin itu yang sering saya mainkan dahulu bersama teman serta permainan lainnya seperti ular naga, petak umpet, cngka lele, dan masih banyak lagi tapi sekarang mungkin permainan itu sudah dimusiumkan soalnya sudah tidak ada/jarang dimaikan oleh anak-anak, "jadul" katanya

hahahah jadi teringat waktu kecil sobat, ketika masih sering bermain,,,

permainan ini memang hampir semua pernah main ya sob, trims silaturrahimnya

wah sama yah mas Agus, jadi kangen pengin main lagi yah hehe...

gatrik juga sering main dulu sob, lumayan buat belajar ngitung, jadi pinter matematikanya hehe...peace

beda daerah kadang beda nama sob, tapi permainannya sama yah, makasih sob, oke langsung ke TKP, mohon jangan nulis link hidup lagi ya sob, trims

ya sob, jadi pengin main lagi hehe...wah sama saja

kalo lompat tali emang cocok buat perempuan yah, tapi ane juga dulu pernah main juga hehe...

wah namanya lebih lucu ya slodor, tapi mainnya sama ya..

trims silaturrahimnya

-___-
3 - 4 tahun kemarin masih ada permainan tradisional seperti itu di daerah saya
tapi, sekarang mereka (bocah) lebih suka warnet

Makasih sob udah follow blognya, oke langsung ke TKP sob

ya sob sekarang tinggal kenangan, padahal banyak nilai edukasinya loh dari permainan itu

yah itung-itung nostalgia sob hehe..trims kunjungannya

sebenarnya mungkin di daerah yg belum tersentuh teknologi masih ada yah permainan seperti ini..

trims kunjungannya, happy blogging

wah inet banget tuh pas lagi maen seru banget..
tapi sekrang telah hilang tergeser leh game import.. Copast Master Web Indonesia

TOKO HANDPHONE TERBESAR TERLENGKAP TERMURAH TERPERCAYA NABILA SHOP Produk dijamin asli orginal.Dapatkan harga promo Nabila Shop Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang ASLI ORGINAL Ada Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM 2 bebas resiko bebas penipuan.
Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
BERMINAT HUB-SMS 085-757-299-675 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI http://nabilashop77.blogspot.com
Ready Stock! Samsung Galaxy S4 Mini Rp.2,500.000
Ready Stock! Apple iPhone 5 Rp.2,700.000
Ready Stock! BlackBerry 9380 Orlando - Black.Rp.900.000,-
Ready Stock! BlackBerry Curve 8520 Gemini.Rp.500.000,-
Ready Stock! BlackBerry Bold 9780 Onyx 2.Rp.800.000,-
Ready Stock! Blackberry Curve 9320.Rp.700.000,-
Ready Stock! Samsung Galaxy Note 10.1.Rp.2,500.000.
Ready Stock! Samsung Galaxy Tab 2 (7.0).Rp. 1.000.000
Ready Stock! Samsung Galaxy S III Mini.Rp.1.800.000.
Ready Stock! Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si.Rp.1.500.000,-
Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7100.Rp.2.500.000.
Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7000 - Pink.Rp.1.700.000.
Ready Stock! Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White.Rp.500.000