16 May 2012

Diantara Jalan Penghapus Dosa

·   18

Orang yang baik bukan berarti orang yang tidak pernah berbuat dosa. Tapi orang yang baik adalah manakala ia berbuat dosa, ia mau bertobat dan memperbaiki dirinya. Diantara kita pasti pernah berbuat dosa, baik itu disengaja ataupun tidak. Namun demikian, kita jangnlah berkecil hati ketika kita berbuat dosa. Masih banyak jalan untuk menghapus dosa bagi seorang muslim dan mukmin, diantaranya,
Pertama, membaca istighfar (memohon ampun),
Kedua, taubat,
Ketiga, mengerjakan amal-amal kebaikan yang menghapuskan dosa, sebagaimana yang disebutkan dalam firman-Nya :
إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ ذَلِكَ ذِكْرَى لِلذَّاكِرِينَ
"Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itlah peringatan bagi orang-orang yang ingat". (QS : Hud :114)
Keempat, berbagai musibah yang menimpa diri manusia yang lemah karena dosa yang telah dilakukannya. Yang paling berat adalah musibah yang mengantarkannya pada kematian dan yang paling ringan adalah duri yang menusuk dirinya serta teriknya sinar matahari yang menyengat.
Kelima, doa orang-orang mukmin shalih yang diperuntukkan bagi yang bersangkutan. 
Keenam, kerasnya rasa sakit saat meregang nyawa dan kesulitan yang dialami oleh orang yang bersangkutan saat menghadapi kematiannya yang kepedihan dan rasa sakitnya tak terperikan.
Ketujuh, Adzab khubur. Tahukah sobat apakah adzab khubur itu? Adzab khubur pasti akan mencabut kalbu orang-orang yang merasakan dan pasti akan terasa hampir melayangkannya, jika mereka mempunyai sedikit keyakinan tentangnya.
Kedelapan, ketakutan yang sangat pada hari menghadap kepada Allah Ta’ala pada hari Kiamat nanti. Itulah saat kita keluar dari kuburan kita dalam keadaan menangis karena berdosa seraya memilkul semua kesalahan dan kedurahakaan yang telah kita lakukan, lalu kita datang untuk dihadapkan kepada peradilan Allah Ta’ala.
Kesembilan, syafa’at Rasulullah shallahu alaihi wa sallam, syafaat para wali, dan syafaat orang-orang yang shalih. Sesungguhnya hal ini telah dinyatakan kebenarannya oleh kalangan ulama ahli sunnah.
Sepuluh, rahmat dari Yang Maha Penyayang diantara para penyayang. Saat semua rahmat telah habis, semua pintu telah tertutup, dan habislah semua kemampuan para hamba. Saat itulah datang pertolongan dari Allah Yang Maha Esa. Maka rahmat-Nya adalah akhir dari segalanya,yaitu rahmat dari Yang Maha Penyayang diantara para penyayang.

Demikan beberapa jalan untuk menghapus dosa kita. Semoga menjadi pengingat diri pribadi dan kita terhindar dari dosa-dosa yang disengaja ataupun yang tidak disengaja. Semoga bermanfaat.... 

Disadur Dari Buku Dr. Aidh Al-Qarni

 


Subscribe to this Blog via Email :