15 Apr 2012

Wisata Alam;Pemandian Cikoromoy-Pandeglang

·   22

Setelah ngucapin selamat buat para sobat blogger yang mau UN, kini saatnya Muro’i El-Barezy mengajak untuk mengenal tempat liburan yang murah meriah. Tempat ini tidak jauh dari tempat ane tinggal. Barangkali ada sobat yang nyasar kesini, kan bisa mampir sebentar hehehe…(ngarep.com).

Oke langsung saja, apa sih tempat wisatanya? Tempat itu dinamakan pemandian umum Cikoromoy yang berasal dari sumber mata air yang berada di Kp. Cikoromoy, dahulu sumber mata air ini berada ditengah hutan yang dikelilingi oleh hutan belantara dan pepohonan yang tinggi dan besar-besar. Makin lama penduduk setempat memakai sumber air ini untuk kehidupan sehari-hari seperti mandi, memasak, mencuci pakaian bahkan untuk memberi minum dan memandikan ternak penduduk setempat di sumber air tersebut. Selain itu sumber mata air Cikoromoy tidak pernah mengalami kekeringan pada saat musim kemarau. Selain mengairi pesawahan, sumber air ini pula yang digunakan oleh Pemkab Pandeglang untuk PDAM yang mengairi perumahan yang ada diwilayah pandeglang. 

Konon, sumber mata air ini sudah ada sejak lama sebelum masa penjajahan Belanda. Sejak tahun 1975 sumber ini di lokalisir oleh warga setempat agar mudah mengambil air tersebut untuk kebutuhan sehari-hari. Lambat laun banyak pelajar setempat menggunakan sumber mata air Cikoromoy untuk bermain-main saja dan hanya dikenakan tarif biaya sebesar Rp.100,-. Seiring waktu dengan semakin banyaknya pengunjung perlu perhatian khusus untuk perawatan sumber air Cikoromoy yang di kelola oleh kepala desa Kadu Bungbang.

Hingga kini pemandian sumber mata air Cikoromoy selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, teutama pada hari sabtu dan minggu atau hari libur. Tarifnya sangat murah, cuma 3.000 perak, kita bisa mandi sepuasnya. Selesai mandi kita bisa menikmati ikan bakar yang yummy banget pokoknya, karena disekeliling kolam banyak terdapat warung makan.

Sumber air tersebut berada di Kp. Cibulakan Desa Kadu Bumbang Kec. Cimanuk Pandeglang Banten dapat ditempuh melalui alun-alun Pandeglang menuju arah pertigaan jalan ke Labuan lurus dan melanjutkan ke arah Kecamatan Cimanuk, di pertigaan Cimanuk (Pasar Batu Bantar) berjarak 7,3 KM. Berada di bawah 300 M setelah Situs Batu Quran.

Selamat berlibur,bagi yang berminat…..




Subscribe to this Blog via Email :