10 Apr 2012

Sleep Paralysis Dan Penyebabnya

·   23

Apakah sobat pernah terbangun dari tidur tapi sulit bergerak atau berteriak? Menurut ilmu kesehatan, kondisi ini disebut Sleep Paralysis atau kelumpuhan tidur. Sleep paralysis adalah istilah dimana disaat kondisi tidur kita merasakan tidak bisa bergerak, nafas sesak seakan akan ada mahluk halus yang tidak terlihat menginjak dada kita dan selain itu, saat kita mau membuka mulut untuk berteriak tetapi tidak ada suara yang keluar dari mulut kita. Dalam bahasa awam, keadaan ini sering dikaitkan dengan fenomena mistis. Dalam bahasa Sunda , fenomena ini dinamakan ereup-ereup, di jawa dikenal dengan nama tindihan dan seabreg nama lainnya diberbagi daerah.
Secara medis, kondisi ini muncul saat otak mengalami kondisi transisi. Antara tidur mimpi yang dalam (Rem Dream) dengan kondisi sadar. Pada saat mimpi dalam otak kita mematikan fungsi gerak sebagian besar otot tubuh sehingga kita tidak bisa bergerak atau lumpuh sementara. Penyebab dominan dari Sleep Paralystis adalah ternyata STRESS. Stress sebelum tidur bisa terbawa dalam alam mimpi. Sehingga hindari stress dan istirahatlah yang teratur agar kita terhindar dari Sleep Paralysis alias ereup ereup ini.
Satu hal yang penting adalah kita berdoa juga sebelum tidur. Karena disaat tidur bisa saja terjadi hal hal yang tidak kita inginkan. Kita berdoa agar Allah senantisa menjaga kita saat tidur.
Untuk melengkapi tulisan ini, berikut mengenai mitos Sleep Paralysis diberbagai Negara :
  • Di Afro-Amerika, gangguan tidur ini disebut the devil riding your back atau hantu sedang menaiki bahu.
  • Di China, disebut guiy ashen alias gangguan hantu yang menekan tubuh.
  • Di Meksiko, disebut se me subio el muerto dan dipercaya sebagai kejadian adanya arwah orang meninggal yang menempel pada seseorang.
  • Di Kamboja, Laos, dan Thailand disebut pee umm, mengacu pada kejadian dimana seseorang tidur dan bermimpi makhluk halus memegangi atau menahan tubuh orang itu untuk tinggal dialam mereka.
  • Di Islandia, disebut mara. Ini adalah kata kuno bahasa Island. Artinya hantu yang menduduki dada seseorang di malam hari, berusaha membuat sesak nafas dan mati lemas.
  • Di Turki, disebut karabasan, dipercaya sebagai makhluk halus yang menyerang dikala tidur, menekan dada orang tersebut dan mengambil nafasnya.
  • Di Jepang, disebut kanashibari, yang secara literatur diartikan mengikat, sehingga diartikan seorang yang diikat oleh mahluk halus.
  • Di Vietnam, disebut made, yang artinya dikuasai setan. Banyak penduduk Vietnam percaya gangguan ini karena mahluk halus merasuki tubuh seseorang.
Nah ane yakin, ditempat sobat juga punya istilah yang berbeda. Silakan share disini dan bagaimana pengalaman mengatasinya.
Demikian semoga bermanfaat, keep blogging…:}



Subscribe to this Blog via Email :