Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Sleep Paralysis Dan Penyebabnya

By On 10.4.12

Apakah sobat pernah terbangun dari tidur tapi sulit bergerak atau berteriak? Menurut ilmu kesehatan, kondisi ini disebut Sleep Paralysis atau kelumpuhan tidur. Sleep paralysis adalah istilah dimana disaat kondisi tidur kita merasakan tidak bisa bergerak, nafas sesak seakan akan ada mahluk halus yang tidak terlihat menginjak dada kita dan selain itu, saat kita mau membuka mulut untuk berteriak tetapi tidak ada suara yang keluar dari mulut kita. Dalam bahasa awam, keadaan ini sering dikaitkan dengan fenomena mistis. Dalam bahasa Sunda , fenomena ini dinamakan ereup-ereup, di jawa dikenal dengan nama tindihan dan seabreg nama lainnya diberbagi daerah.
Secara medis, kondisi ini muncul saat otak mengalami kondisi transisi. Antara tidur mimpi yang dalam (Rem Dream) dengan kondisi sadar. Pada saat mimpi dalam otak kita mematikan fungsi gerak sebagian besar otot tubuh sehingga kita tidak bisa bergerak atau lumpuh sementara. Penyebab dominan dari Sleep Paralystis adalah ternyata STRESS. Stress sebelum tidur bisa terbawa dalam alam mimpi. Sehingga hindari stress dan istirahatlah yang teratur agar kita terhindar dari Sleep Paralysis alias ereup ereup ini.
Satu hal yang penting adalah kita berdoa juga sebelum tidur. Karena disaat tidur bisa saja terjadi hal hal yang tidak kita inginkan. Kita berdoa agar Allah senantisa menjaga kita saat tidur.
Untuk melengkapi tulisan ini, berikut mengenai mitos Sleep Paralysis diberbagai Negara :
  • Di Afro-Amerika, gangguan tidur ini disebut the devil riding your back atau hantu sedang menaiki bahu.
  • Di China, disebut guiy ashen alias gangguan hantu yang menekan tubuh.
  • Di Meksiko, disebut se me subio el muerto dan dipercaya sebagai kejadian adanya arwah orang meninggal yang menempel pada seseorang.
  • Di Kamboja, Laos, dan Thailand disebut pee umm, mengacu pada kejadian dimana seseorang tidur dan bermimpi makhluk halus memegangi atau menahan tubuh orang itu untuk tinggal dialam mereka.
  • Di Islandia, disebut mara. Ini adalah kata kuno bahasa Island. Artinya hantu yang menduduki dada seseorang di malam hari, berusaha membuat sesak nafas dan mati lemas.
  • Di Turki, disebut karabasan, dipercaya sebagai makhluk halus yang menyerang dikala tidur, menekan dada orang tersebut dan mengambil nafasnya.
  • Di Jepang, disebut kanashibari, yang secara literatur diartikan mengikat, sehingga diartikan seorang yang diikat oleh mahluk halus.
  • Di Vietnam, disebut made, yang artinya dikuasai setan. Banyak penduduk Vietnam percaya gangguan ini karena mahluk halus merasuki tubuh seseorang.
Nah ane yakin, ditempat sobat juga punya istilah yang berbeda. Silakan share disini dan bagaimana pengalaman mengatasinya.
Demikian semoga bermanfaat, keep blogging…:}



23 komentar

wah kok dari semua negara pikirnya sll berhubungan ma hantu
manusia sll suuzan ma hantu

smg aja ini bukan spam.., *smile

Sleep Paralysis Dan Penyebabnya sdh sy bahas di blog sy..., sumberx dr anak kedokteran.., smg bisa dijadikan salah satu referensi yg ilmiah...

kalau di Indonesia namanya apa kang ?
Ngantuk asam urat :D

spupu saya pernah ngalamin hal seperti ini nih..
thanks sob udah ngejelasin lebih detil lagi :)

ou stres ternyata ya gan, ane pernah tu. ya bener, pas cape kayanya kenanya. ane juga yakin klo itu stres karena otot pada kaku, begitu. jadi klo cuma tindihan spertinya tidak ilmiah, munkin bisa jadi benar. yang jelas jangan sampe ngalami dah.

Saya dulu pernah mengalaminya..yup benar sekali, kata orang Jawa kejadian ini di sebut "tindihan". Kalo menurut saya nih..bukan hanya stress penyebabnya...,tapi emang benar "ketindihan" setan yang mendekap dengan kuat di tubuh kita, sehingga tidk bs bergerak, berteriak, dan sesek nafas. kata ustadz saya, kalo mau tidur itu kita wudhu dulu dan jangan lupa baca doa. insya Alloh tidak ketindihan lagi..wallohu'alam

maaf ya sob, ini mungkin hanya kebetulan saja, ane tidak pernah BW dan mencari artikel ini, kebetulan dari hasil baca baca aja di media cetak ko sob, menurutku ini bagus buat di share, semoga bermanfaat buat sobat semua.
kalaupun kebetulan sama moghon maaf....

keep blogging and smile:}

Ane juga pernah ngalamin "kelindihen" ini sob. Biasanya karena tangan ane ketindih badan atau kepala saat tidur hehehe...

aishh sadap........ wajah baru terus sptnya nih gan..

ane 4 hari yg lalu kira2 (masih anget di benak pikiran ane)... tidur siang tau2 mimpi atau engga gitu antara sadar atau mimpi ane ga tau percis.. serasa badan ketindihan.. gak bisa teriak seakan mulut terkunci rapat... dan ane teriak tapi ga bisa.. suara ga keluar.....

ane masi merinding nih ngetik komen ini.. segini ajah deh.. *atut

kalau disunda disebutnya "Kena ereup-ereup" (dicolek mahluk halus)...

nice inpo kang...
(agar mudah mampir kesini, blog ini ada di "Blogroll terpanas" nya desa bisa diceking.

kalau namanya saya kurang tau, tapi pernah ngalamin mas.. karena takutnta nggak bisa tidur lagi, pikirnya ada jin yang nindihin hehe..

hantu memang sering jadi kambing hitam sob hehehe...

sama sama sob, semoga kita terhindar...

bener sob, stres pemicu utama sleep paralysis, jadi silakan kosongkan pikian dan berdoa sebelum kita tidur sob

Tindihen, saya pernah beberapa kali merasakannya Mas. Rasanya ga bisa bergerak. ga bisa bernapas. sepertinya sdh berteriak, tp tak keluar suara. tp itu dulu. alhamdulillah skrg tdk prnah.

bener sob, disamping stress, kita pun kadang lupa berdoa sebelum tidur...

hehehe..itu mah ketindihan beneran sob, yah asal jangan ketindihan truk aja wkwkwk

wah serem yah sob, ketindihan memang tidak berbahaya, tapi semoga kita bisa terhindar darinya, rasanya tersiksa....berdoa seblum tidur..

triknya juga silakan tendangkan kaki jika sobat mengalaminya lagi

bener kang, ereup ereup bisa menyerang siapa saja, tidak pandang umur..

oke kang, blog DESA CILEMBU juga akan segera nongol disini

kalau langsung tidur lagi biasanya kena lagi sob, usahakan tenang dulu, minum air putih baru itu tidur kembali dan berdoa, insyaallah tidak kena lagi sob

semua orang hampir pernah ya mas, ane juga dulu sering, alhamdulilah sekarang ga lagi..

yaaah ku eureup-eureup,,,
benar dulu saat saya lagi banyak masalah, fikiran tak tenang selalu terus berfikir ,, sampai mo tidur susah, begitu tidur,,, langsung ku eureup2,,, semalam bisa 2-3 kali.

eureup2 berhenti jika mulai tidur tangan istri menyentuh kita s/d tertidur pulas,,, tapi ini mungkin sugesti dg sentuhan istri hati jadi tenang ,,,

wilujeng ngeblog

wah tipsnya mantabss neh kang asep..

tapi semoga sih ga kena lagi, htur nuhun kang asep..:}