13 Apr 2012

Motorpun Seperti Manusia

·   12

Assalamu ‘alaikum sobat blogger semua, semoga pada sukses hari ini. Mohon maaf jarang update dan silaturrahim, maklum alasan klasik, jaringan lagi gangguan. Kali ini sih gara gara kena petir. Inipun bermodal modem salah satu provider besar di Indonesia, yang cuma bisa kenceng malam hari doang. Kalo siang jangan ditanya, leletnya minta ampun, bikin sakit perut hehehe….

Yup…ngomong-ngomong hari ini, Jumat, adalah hari libur buat ane, maklum di lembaga tempatku bekerja liburnya hari Jumat. Kadang hari liburpun ada saja pekerjaan yang harus diselesaikan. Tapi hari ini sepertinya agak senggang, bisa digunakan buat aktifitas yang biasa rutin dikerjakan. Aktifitas ini sebenarnya cukup membosankan, karena harus nunggu antrian. Sama kaya hari inipun ane harus nunggu 2 jam lamanya agar motorku jadi kinclong lagi. Entah mengapa tiap kali cuci banyak saja yang antri. Musim yang tidak menentu seperti ini ternyata membawa berkah buat tukang cuci motor. Kadang sehari hujan, sehari panas, sehingga kendaraan yang barusan dicuci cepat kotor kembali. Walau jarak lumayan jauh, tapi disini jadi langganan, biar lama tapi hasilnya memuaskan. Bersih karena teliti mencucinya. Walau harus merogoh kocek, ngga apa apa, lagi males nyuci sendiri hehehe....


Buat sobat yang mau cuci motor sendiri, berikut cara mencuci biar motor kita kinclong lagi:
  1. Bilas semua bodi motor dengan air bersih sambil diusap dengan tangan agar kotoran turun.
  2. Bilas dan semprot ke bagian bawah motor, seperti velg, knalpot, dll., agar kotoran dan pasir turun.
  3. Setelah dibilas dengan air, gosoklah dengan sponge yang telah diberi air dan shampo motor. Gosok bagian bodi, fairing, kepala motor, dan jok.
  4. Gosok bagian bawah motor dengan sponge yang lain. Gosok bagian velg, knalpot, mesin, cakram, dan ban motor. Oya setelah menggosok satu bagian, celupkan sponge pada air agar kotoran terbuang. Hal ini juga berlaku pada step ketiga.
  5. Untuk membersihkan bagian mesin, sebaiknya gunakan kuas dengan air sabun agar dapat menjangkau sela-sela yang tidak dapat dijangkau sponge.
  6. Setelah yakin semua kotoran terbuang kemudian bilas sambil diusap. Untuk bagian bawah cukup disemprot kencang dengan air.
  7. Goyangkan setir untuk membuang air agar tidak membasahi bagian bawah yang sudah kering.
  8. Gunakan kain pengering yang berbeda untuk mengeringkan bodi atas dan bagian bawah motor.
  9. Bila ada, gunakan wax atau proteksi cat setelah motor benar-benar kering. Jangan lupa, gunakan semir ban pada bagian pinggir ban agar lebih mengkilat. Ingat, jangan menyemir tapak ban agar ban tidak licin saat digunakan.
Ane yakin, sobat pasti punya aktifitas yang berbeda beda dikala libur. Libur bukan berarti kita berhenti beraktifitas, tapi libur adalah kita berganti dari rutinitas yang biasa kita kerjakan, sejenak berganti dengan rutinitas yang lain, sehingga bisa memberikan efek fresh untuk memulai rutinitas kita esok hari.



Keep spirit and happy blogging….

Subscribe to this Blog via Email :