Hikmah Dibalik Musibah

Setelah posting Stres..?Buah Pisang Solusinya. Kali ini, Muro’i El-Barezy ingin berbagi sebuah cerita yang semoga bisa kita ambil hikmahnya. Sobat akan menemui hikmah dibalik cerita ini jika sampai selesai membacanya. Semoga bermanfaat.

Suatu ketika ada kapal tenggelam akibat diterjang badai. Tak ada penumpangnya yang tersisa. Kecuali satu orang yang berhasil mendapatkan pelampung. Namun, nasib baik belum seutuhnya berpihak kepada pria itu, dia terdampar di sebuah pulau kecil tak berpenghuni. Sendiri. Tanpa bekal makanan dan minuman.
Orang itu berdoa kepada Tuhan minta diselamatkan. Usai berdoa, ia pandangi penjuru langit. Berharap ada kapal datang. Tapi, tak ada tanda tanda ada kapal yang diharapkan tiba. Ia berdoa lebih khusyu lagi. Kemudian menatap jauh ke laut lepas. Tak ada kapal datang. Sekali lagi pria itu berdoa, tapi tak ada tanda tanda kapal akan datang. Ya, hampir tidak ada kapal lewat didekatnya.
Akhirnya, pria itu tidak berdoa lagi. Ia telah lelah berharap. Lalu, iapun menghangatkan badan. Dikumpulkannya pelepah nyiur untuk membuat perapian. Setelah tubuhnya terasa nyaman, pria itu membuat rumah-rumahan sekedar tempat melepas lelah. Disusunnya semua nyiur dengan cermat agar bangunan itu kokoh dan dapat bertahan lama.
Keesokan harinya, pria malang itu mencari makanan. Dicarinya buah buahan untuk mengganjal perutnya yang lapar. Semua pelosok dijelajahi hingga kemudian ia kembali ke gubugnya. Namun ia terkejut. Semuanya hangus terbakar, rata dengan tanah.Gubuk itu terbakar karena ia lupa memadamkan perapian. Asap membumbung tinggi ke angkasa. Hilanglah semua kerja keras semalaman.
Pria itu berteriak marah,”Tuhan, kenapa Engkau melakukan ini kepadaku. Mengapa? Mengapaaaa..?” teriaknya melengking menyesali nasib.
Belum lagi hilang rasa sedih, tiba tiba terdengar suara peluit. Tuiiit…tuuuiiiitt…Ternyata itu suara kapal yang sedang mendekat. Kapal itu merapat ke pantai. Beberapa orang turun dan menghampiri pria yang sedang menangisi nasibnya itu.
Tentu saja ia terkejut. “Bagiamana kalian bisa tahu kalau aku ada disini? Tanyanya penuh keheranan. “Kami melihat symbol asapmu!jawab salah seorang awak kapal.

Sobat, itulah kita. Kita adalah orang yang biasa manja dan pemarah saat ditimpa musibah. Bahkan, selalu menilai bahwa nestapa yang kita terima adalah penderitaan yang begitu berat sehingga kenapa begitu mudah kita mengeluh, marah dan bahkan mengumpat.
Sobat, tentu itu tidak benar. Seharusnya musibah tidak boleh membuat kita kehilangan hati kita. Tuhan harus selalu ada dihati kita, walau dalam keadaan yang paling berat sekalipun. Sebab Tuhan tidak tidur. Ia tahu betul jeritan dan kegelisahan hati kita. Ia maha Pegasih dan Penyayang. Dan kasih-Nya selalu datang kepada kita. Pada saat dan cara yang tidak disangka-sangka. Hanya saja kita terlalu kerdil untuk memahaminya. "TIAP MUSIBAH PASTI ADA HIKMAHNYA".


Post a Comment

24 Comments

  1. kereen pencerahannya kang, apapun bentukmya, musibah'pun adalah kehendakNYA...

    hepi ng'blog kang sehat selalu y.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beber kang, tiap sesuatu pasti ada hikmahnya, kita tinggal emngambil hikmah dan bersabar atas apa yang menimpa kita..hatur nuhun

      Delete
  2. di balik semua musibah pasti ada hikma yang bisa kita petik untuk dipelajari sobat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sob, trims ya sudah bersilaturrahim disini

      Delete
  3. wahh,,, manteb nih sob...
    ikutan nyimak untuk ngambil hikmah di balik semuanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan sob, semoga bermanfaat dan trimakasih:}

      Delete
  4. wah ternyata dari hal sederhana dengan membakar api ya.. ou, kadang kita yang terlalu berprasangka buruk dulu si. jadinya menggangap tuhan itu jahat, padahal ada hikmahnya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sob, kadang apa yang kita sangka buruk, belum tentu menurut Allah buruk dan sebaliknya, trims:}

      Delete
  5. wahhh keren.... ternya selalu ada keberkahan di balik sesuatu itu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bener sob, kadang kita tidak menyadari apa hikmah dibaik ketentuan Allah, sehingga kita selalu buruk sangka, trims

      Delete
  6. Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan (al-insyiroh;5)
    dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap (al-insyiroh;8)

    setiap do'a tidak mungkin terdengar, tapi do'a yg baik tak perlu di beri mengapa, kenapa? aku dulu juga seperti itu LHo. sampe nangis sambil mengeluh hehe...naudzubillah..

    Allah bersama hamba2Nya yng senntiasa ingat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantabss, trimakasih telah menambahkan, semoga kita bisa instospeksi dan apa yang sudah terjadi menjadi pelajaran buat kita..

      Delete
  7. Meski tahu jika segala sesuatu ada hikmahnya, tapi seringkali kita masih berkeluh kesah dan nestapa. Iya sih, sedih dan berduka itu wajar selama tdk berlaruty-larut. Semoga kita remasuk org yg bs sabar utk mengambil hikmah dr setiap kejadian:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah manusia memang tempatnya berkeluh kesah mba, semoga kita bisa berinstrospeksi diri dan memperbaiki kesalahan, amiin.

      Delete
  8. terus belajar dari pengalaman untuk melangkah kedepan agar tidak terperosok lagi juga termasuk mengambil hikmah ya sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tulbet..eh, betul sob, hikmah bis adatang dari mana saja kok

      trims ya:}

      Delete
  9. semua pekerjaan, dan semua pekerjaan yang kita dapati itu tidak bagus, atau yang di namakan musibah,, tentunya itu Yang Maha Kuasa sudah mengingatkan kita, nah, dari suatu musibah itu lah, kita di beri supaya bisa mengambil hikmah dari suatu masalah tersebut,

    jangan sampai malah putus asa,

    sipp bangg,, sdah share, dan happy blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bener pisan sob, segala sesuatu memang ada hikmahnya, tinggal bagaimana kita menyikapinya saja

      trims ya

      Delete
  10. Sudah suuzon ternyata doanya dikabulkan ya sob hehehe...

    :)

    ReplyDelete
  11. Tuhan memberikan Pertolongan kepada Hambanya tanpa disangka-sangka dan dengan berbagai macam cara....yang terpenting....Berusaha, dan Berdo'a...Akhir Cerita,,,Biar Tuhan yang menentukan....(^_^)...
    maaf nich Bang,.,baru bisa berkunjung,,,,

    ReplyDelete
  12. Betul sob, pada umumnya saat kita mendapat musibah kadangkala kita mengeluh akan keadaan tersebut,,, padahal sebenarnya dibalik semua itu ada rencana lain Tuhan berikan yang tak kita ketahui yaitu yang kita katakan HIKMAH yang kita ketahui setelah terjadi.

    wilujeng ngeblog

    ReplyDelete
  13. Wah.. SUbhanallh.. pria itu terlalu cepat mengeluh!! padahal Allah sudah memberi yang terbaik!!
    memang lah manusia ini gmana gitu.. ehehe

    ReplyDelete
  14. belum ada post terbaru nih sobat???

    semua kejadian pasti ada hikmahnya...

    ReplyDelete
  15. kisah yang banyak memberi pelajaran nih sob, terima kasih

    ReplyDelete