4 Apr 2012

Google Sandbox; Watch Out!!

Jika sobat pernah berkunjung di blog ini beberapa hari yang lalu, mungkin akan menemukan artikel Kucoba.com Tempat Add Bookmark. Yah..artikel itu memang saya publish untuk mengikuti kontes SEO di blognya kang Salman. Kontes ini adalah yang pertama kali buat Muro’i El-Barezy. Setelah publish postingan ini, ane sering cek di google. Beberapa hari postingan tersebut berada di page one, bahkan pernah diposisi pertama.
Namun beberapa hari belakangan setelah dicek, ane tidak menemukannnya lagi di google SERP. Jangankan di page one, page dua tiga dan seterusnya ternyata tidak ada juga. Ane baru tahu ternyata artikel tersebut terkena Google Sandbox. Mengenai apa itu google sandbox dan bagaimana cara mengatasi silakan sobat googling saja.
Semakin penasaran, ane coba cek di Google Sandbox Cecker Tool dan hasilnya seperti yang sobat lihat :
Biasanya artikel yang terkena google sandbox masih tetap di indeks oleh google, hanya saja tidak dimunculkan dalam hasil SERP sebagai bentuk hukuman. Menurut para master seo, banyak penyebab mengapa artikel kita terkena google sandbox, diantaranya :
  1. Begitu banyak dan cepatnya kita mendapatkan backlink inbound
  2. Melakukan optimasi seo yang berlebihan sehingga google menganggapnya tidak wajar dan dianggap nyepam oleh google.
  3. Bisa juga karena artikel plagiat alias copas tanpa menyertakan referensi yang jelas atau isi konten tidak sesuai dengan judul deskripsi yang dibuat.
  4. Karena terlalu banyak menuliskan kata kunci yang berulang-ulang atau lebih dikenal sebagai keyword stuffing
Reediting atau daur ulang artikel ini rasanya ga kepikiran untuk melakukannya, itung itung pengalaman ikut kontes saja lah. Semoga bisa menjadi pelajaran berharga buat kita semua dan terus berjuang untuk sobat Muro’i El-Barezy yang demen sama kontes SEO.Keep spirit….