Istiqomah: Ringan Mengucapkan, Berat Untuk di Laksanakan

Istiqomah,kata-kata ini sering kita ucapkan, namun sungguh sangat berat untuk kita laksanakan. Kita membutuhkan kemauan yang luar biasa untuk selalu menjaga dan merawat amlan kita.
Istiqomah tidak hanya kita gunakan dalam beribadah. Namun semua hal hendaknya kita selalu berusaha untuk selau istiqomah dalam melaksanakannya.

Sekedar berbagi,mungkin ada dua hal sebaiknya kita perhatikan untuk menjaga rasa istiqomah tersebut :
Mulai dari amalan kecil yang ingin kita "istiqomah"kan.
Harus diingat bahwa Allah tidak pernah membebani seseorang di luar kesanggupannya, kalau Allah saja tidak mau membebani kita, maka jangan berani-berani membebani diri sendiri!
Misalnya jika kita tidak terbiasa dengan sholat malam, minimal kita membisakan diri dulu dengan bangun subuh terlebih dahulu. Kalau kita tidak terbiasa dengan puasa Daud (sehari puasa sehari buka) maka jangan paksakan diri dulu, tapi mulailah dengan senin atau kamis dulu. Jika kita belum terbiasa dengan hal yang berat mulailah dengan hal yang ringan dulu untuk selalu istiqomah agar ringan untuk melaksanakannya, bisa dalam belajar, bekerja ataupun yang lainnya.

Cobalah untuk menghukum alias denda pada diri kita jika suatu saat tidak melakukannya!
Memang berat kita laksanakan. Kadang jika kita diawasi sekalipun, kita sering lalai. Apalagi ini menuntut kesadaran yang ekstra dari kita sendiri. Bisa engga menghukum diri kita manakala kita tidak sholat subuh misalnya. Atau jika kita tidak belajar satu malam saja. Paksakan untuk menghukum diri sendiri dengan mungkin tidak nonton TV acara kesayangan kita, atau memberikan sedekah 10 ribu rupiah misalnya. Atau hukuman yang lainnya yang membuat efek rugi jika kita tidak mengerjakannya.

Demikian semoga sedikit bermanfaat. Dan ternyata ngeblogpun butuh istiqomah. Tapi sangat berat buat penulis sendiri untuk melaksanakannya. 
Jika sobat punya pengalaman yang lebih menarik untuk menjaga rasa istiqomah ini monggo sharing disini….

Share this

Catatan Kang Muroi, adalah blog yang menyajikan berbagai macam info menarik, Kolom Tutorial, Blogger Template, Motivasi, Otomotif, Rubrik Islam, Tips dan Trik dan berbagai macam hal menarik lainnya

Related Posts

Previous
Next Post »