Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Istiqomah: Ringan Mengucapkan, Berat Untuk di Laksanakan

By On 8.3.12

Istiqomah,kata-kata ini sering kita ucapkan, namun sungguh sangat berat untuk kita laksanakan. Kita membutuhkan kemauan yang luar biasa untuk selalu menjaga dan merawat amlan kita.
Istiqomah tidak hanya kita gunakan dalam beribadah. Namun semua hal hendaknya kita selalu berusaha untuk selau istiqomah dalam melaksanakannya.

Sekedar berbagi,mungkin ada dua hal sebaiknya kita perhatikan untuk menjaga rasa istiqomah tersebut :
Mulai dari amalan kecil yang ingin kita "istiqomah"kan.
Harus diingat bahwa Allah tidak pernah membebani seseorang di luar kesanggupannya, kalau Allah saja tidak mau membebani kita, maka jangan berani-berani membebani diri sendiri!
Misalnya jika kita tidak terbiasa dengan sholat malam, minimal kita membisakan diri dulu dengan bangun subuh terlebih dahulu. Kalau kita tidak terbiasa dengan puasa Daud (sehari puasa sehari buka) maka jangan paksakan diri dulu, tapi mulailah dengan senin atau kamis dulu. Jika kita belum terbiasa dengan hal yang berat mulailah dengan hal yang ringan dulu untuk selalu istiqomah agar ringan untuk melaksanakannya, bisa dalam belajar, bekerja ataupun yang lainnya.

Cobalah untuk menghukum alias denda pada diri kita jika suatu saat tidak melakukannya!
Memang berat kita laksanakan. Kadang jika kita diawasi sekalipun, kita sering lalai. Apalagi ini menuntut kesadaran yang ekstra dari kita sendiri. Bisa engga menghukum diri kita manakala kita tidak sholat subuh misalnya. Atau jika kita tidak belajar satu malam saja. Paksakan untuk menghukum diri sendiri dengan mungkin tidak nonton TV acara kesayangan kita, atau memberikan sedekah 10 ribu rupiah misalnya. Atau hukuman yang lainnya yang membuat efek rugi jika kita tidak mengerjakannya.

Demikian semoga sedikit bermanfaat. Dan ternyata ngeblogpun butuh istiqomah. Tapi sangat berat buat penulis sendiri untuk melaksanakannya. 
Jika sobat punya pengalaman yang lebih menarik untuk menjaga rasa istiqomah ini monggo sharing disini….

33 komentar

Benar sekali, Sob. Istiqamah memang ringan diucapkan, tetapi tidak mudah dilaksanakan. Harus terus dilatih, dilatih, dan terus dilatih... benar begitu kan, Sob?

@Irham Sya'roniYa benar sekali mas Irham, trimakasih sharingnya....

susah kayaknya mas menghukum diri sendiri hehe.. ganti lagi templatenya neh???

@agusbgIya sob, kayanya ini lebih cocok, hitam aga susah bacanya, jadi ga betah sendiri...hehehe.:}

sory sob, agak susah nih bacanya, tulisannya nabrak gadget sebelah kanan sob, mungkin bisa sedikit di atur lagi ya. Sory sob kl ane bawel, hehehe :D

@Stupid monkeytrims masukannya, udah ane geser tuh gadgetnya, kalo pake HP mungkin sedikit mengganggu ya:}

Setuju sob, mulai dari hal2 kecil yang mungkin sering kita lupakan :)

@Anak Rantauokelah, akur juga, makasih sob kunjungannya:}

ga ada kata kata lain,ngikut orang aja deh,emang ga salah...setuju...setuju.

ayoo istiqomah..!!

muro'i.. gadgetnya :( membuat tulisan tidak terlihat...

iya benar tuh,good sharing

Hebt euy metodenya dgan denda. Pnah bca tpi g pnah d lakuin, ud d lakuin blm gan? Emg gampng gampang susah sie ni istikomah

Kunjungan malam sobat
istiqomah ya sobat??sulit rasanya sobat
tapi saya akan mencoba
doakan berhasil
amiinnn

Subhanallah.. bener sob.. terkadang kita hnaya berkata saja.. wah thanks yaa

@Muro'i El-Barezy kayaknya template itu tidak selalu mengikuti bentuk layar ya.. kemarin saya makek mozilla bisa dibilang pas, sekarang makek chrom antara artikel dengan sidebar kanan numpuk mas...

iya bang aku sekarang sholat tapi masih jarang2 mudah2an bisa sholat terus dan gak ada yang bolong2 amin

Cobalah untuk menghukum alias denda pada diri kita jika suatu saat tidak melakukannya. . .

hoooo bole bole :D
syukron mas bro

Memang benar Bang...Cz Istiqomah adalah Kunci dari kesuksesan Dunia akhirat...kecil, jika istiqomah...Insya Alloh akan membawa Hasil yg sangat besar....
Maaf Bang..baru bisa hadir disini..Cz lagi sibuk ngerjakan Tugas Akhir...Bantuan Do'anya y..sukses selalu bwt Abang...

@Nurmayanti Zainayo, insya allah bisa
oya, makasih koreksiannya, sudah ane betulin insya allah normal lagi

@Arief Rachmadi Blogger Pemulastuju juga, semoga ini bisa mengingatkan, minimal diri sendiri

@Drieantkalo yang ini memang berat gan, semoga bisa lah

@Asalasah Artikel Pilihanmakasih ya, semoga bisa sedikit bermanfaat dan kita bisa selalu istiqonah

@system of blogyah mudah mudahan kita bisa merubah ke arah yang lebih baik, sedikit tapi sering lebih baik

@Kaito kiddwaiyyakum akhi...
trimaksih silaturrahimnya

@mrofiuddinsedikit tapi sering itu lebih baik ya sob..
semoga diberi kelancaran tugas akhirnya:}

@Muro'i El-Barezyokeh sob, sudah asik nih, makin mantab deh blog nya, sukses ya :D

Noce share, Mudah-mudahan kami mulai belajar menerapkannya Kang. Salam

Setubuh banget sama judulnya Mas, ane aja istiqomah di jalan dakwah ini memang berat, terkadang ane lengah di tengah jalan, ane harus tetep berusaha kembali ke jalan-Nya

hmm, betul juga tuh dari amalan kecil aja dulu. :)