25 Feb 2012

Berhasil = Fokus

·   35

Dalam kesempatan mentoring seorang mentor meminta para mente-nya untuk menyebutkan benda apa yang bulat disekiling mereka. Dengan sigap para mente menuliskan diatas kertas. Ada yang bisa menyebutkan lima, enam, tujuh, bahkan ada yang bisa sepuluh. Kemudian mereka diminta menyebutkan benda apa yang segi tiga disekiling mereka. Sama seperti tadi, merekapun bisa menuliskan beberapa benda berbentuk segitiga disekeliling mereka dengan cepat.
Game ini sangat sederhana, tapi mengandung pelajaran yang berharga buat kita. Kira kira apa yah hikmahnya. Ada yang bisa menyebutkan...?. Yup…betul, ternyata jawabannya adalah "FOKUS" alias konsentrasi. Kenapa kita bisa menyebutkan beberapa benda dengan spesifikasi tertentu dengan cepat? Karena otak kita hanya tertuju dan memikirkan benda dalam bentuk tersebut. Tapi lain halnya jika kita diminta menyebutkan benda yang kotak tapi disaat yang sama kita juga memikirkan benda segitiga. Maka hasilnya sudah dapat dipastikan tidak akan maksimal.
Ada sebuah ungkapan,” kita tidak akan bisa menangkap dua ekor ayam sekaligus dalam satu waktu dengan kedua tangan kita.”
Begitupun jika kita ingin berhasil, maka fokuslah pada satu hal apa yang kita inginkan pada saat itu. Tidak memikirkan hal yang lain.
Semoga bermanfaat…..

Subscribe to this Blog via Email :