6 Jan 2012

Blogging = Bisnis ?

·   17

Jika kita renungi, bisnis dengan blogging kayanya hampir mirip dan bisa dibilang sama. Seorang pebisnis sukses atau  besar tidak dengan “bim salabim” tiba tiba menjadi sukses atawa besar.
Seorang yang sukses bisa jadi oleh tiga faktor :
Yang pertama bisa jadi ia mulai dari nol alias tanpa modal atau modal dengkul, sedikit demi sedikit ia membangun jaringan bisnisnya sehingga ia sukses.
Opsi yang kedua adalah ia sudah punya modal besar, bisa dari orang tuanya yang kaya atau pebisnis atau dirinya sudah punya modal, sehingga tinggal memaintenance dan berinovasi sedikit untuk mengembangkan bisnisnya.
Opsi yang ketiga, bisa saja ia menikah dengan orang yang kaya alias punya mertua kaya….(enak ya…wkwkwk)

Dari beberapa opsi diatas, tentunya yang pertama yang dapat menjadikan seorang pebisnis merasa besar dan bangga, kerena segala usahanya ia mulai dari nol, dengan banyak makan garam atau kenyang pengalaman. Seorang pebisnis sukses akan merasakan kesuksesannya setelah ia membangun jaringan dengan susah payah dan butuh waktu yang lama, tapi ia akan merasakan hasil dari jerih payahnya kelak. Ia duduk atau tidur dirumahpun penghasilan akan terus mengalir ke kantongnya. 

Lalu apa hubungannya dengan dunia blogging?
Blogger yang sukses dan besar tentunya juga bukan sehari atau dua hari alias instant, tapi akan mulai dari nol, dengan membangun relasi dan jaringan atau persahabatan sesame blogger. Awalnya memang akan merasa berat, apalagi bagi yang belum punya nama sama sekali alias newbi (kaya ane gan…), tentunya harus rajin-rajin berkunjung alias silaturrahim ke blog tetangga demi menambah persahabatan dan pertemanan, apalagi domainnya masih ngontrak alias numpang wkwkwk….
Namun jika kita rajin dan ulet, menjadi peblogging besar bukanlah mimpi, bagi yang bertujuan mendatangkan penghasilan dari blog, dengan me-monetize blognya ia akan dapat menghasilkan penghasilan yang tidak sedikit. Dan bagi yang berniat menambah petemanan dan persahabatan dalam ber-blogging, maka akan merasakan manfaatnya setelah kita meluangkan waktu untuk banyak berkunjung dan memposting blog kita hari demi hari….

So keep spirit selalu dan jaga silaturrahim……

Subscribe to this Blog via Email :