Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Resep Sop Ikan Kakap

By On 4.12.11

Hmm.. siapa yang tidak kenal sop….
Yah sayur sop adalah sayur favorit kebanyakan orang. Bisa sop daging, sop ikan ataupun yang lainnya. Apalagi yang masak istri kita, wah.. tambah nikmat saja rasanya.

Oke deh.. langsung saja kali ini saya akan memberikan anda resep sop ikan kakap yang lezat itu.

Persiapan bikin sop ikan kakap. Pertama-tama, pilih ikan kakap yang segar. Untuk mengetahui tingkat kesegaran ikan anda perlu mengecek beberapa bagian ikan seperti pada mata (Nampak mengkilat), insang dan sisik harus segar dan tidak berbau. Ikan segar bisa anda peroleh di supermarket, pasar ikan dan pergi kepantai dan beli langsung dari nelayan.
Setelah ikan siap dan merupakan sebagai bahan utama sop, maka langkah selanjutnya menyiapkan bahan-bahan lain seperti jahe, bawang putih, daun bawang, daun ketumbar, cabe rawit, jeruk nipis atau lemon, daun salam dan bumbu lainnya.

Cara membuatnya.Potong ikan sesuai selara, kemudian potong kecil semua bahan-bahan lainnya.Sementara itu didihkan air dengan menggunakan panic ukuran sedang, setelah air mendidih, masukkan bahan-bahan yang sudah dipotong tadi kedalam panci.Rebus sampai masak dan aroma harum rebusan keluar.Bumbui dengan garam, merica dan penyedap bila perlu.
Terakhir masukkan ikan kakap, masak lagi sampai mendidih dan ikan siap untuk disantap.Taburkan potongan daun ketumbar sesaat ketika sop hendak dihidangkan.

Nah berikut adalah resep sop ikan kakap.
Bahan-bahan:
  • 500 gram Ikan kakap merah, daging atau kepala
  • 2 cm Jahe, diiris tipis
  • 2 siung Bawang Putih, digeprek
  • 1 batang Daun bawang, dipotong 1 cm
  • 4 buah Belimbing wuluh
  • 2 buah Cabe hujau
  • 2 sdm Daun ketumbar, atau secukupnya
Jika anda kesulitan mendapatkan ikan kakap, maka anda bisa menggantinya dengan ikan-ikan lain seperti ikan krapu, baronang,ikan roti, ikan layur dll. Asal jangan ikan teri aja he..he..he..