Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Mengganti Tema pada Dashboard Baru Blogger

By On 14.12.11

Beberapa waktu yang lalu, Blogger mengaktifkan desaindashboard yang baru. Dashboard baru Blogger ini melewati proses desain yang panjang dan dirancang dari nol (Official Google Blog: Blogger’s fresh new look). Desain baru dashboard Blogger ini memberi beberapa peningkatan, yang paling utama adalah lebih ringan dan cepat. Tampilan baru dashboard Blogger didominasi warna putih dan abu-abu terang (light grey) dan memberikan kesan eksklusif.

Di bawah ini adalah tampilan dashboard blogger yang lama.


Pada mulanya saya bingung dengan tampilan baru ini, apa lagi cara mengganti templatenya, pusing tujuh keliling (maklum masih newbi). Setelah di ubek ubek akhirnya saya menemukannya yaitu disebelah kanan atas pada menu template. Disana ada fitur Back Up/Restore.  Untuk tutorial lengkap tentang mengganti tema pada dashboard baru blogger,  ikuti langkah-langkah berikut


Masuk ke menu template dan lihat disebelah kanan atas ata fitur Back Up/Restore lalu klik

Muncul tab baru, disana ada tombol buat download tema lama dan upload tema baru, pasti sudah pada familiar tentang fungsi keduanya. Hehe..

Klik Browse dan kemudian Upload template, baru kemudian di close. Mudah kan?

Sesuatu yang baru tentu membawa rasa baru. Ada yang suka dan ada yang tidak. Bagi yang merasa kurang nyaman dengan tampilan baru atau lebih suka dashboard yang lama, untuk saat ini masih bisa kembali ke tampilan dashboard yang lama. Caranya cukup dengan mengklik tulisan Switch back yang ada di bagian halaman dashboard (lihat gambar dashboard baru di atas).

Tapi, lebih baik kita membiasakan diri dengan dashboard baru ini, karna natinya semua akan diupggrade ke dashboard baru secara permanen, seperti penjelasan google:

"You will be able to opt-out at any time by clicking the 'Switch back' link; however, all accounts will eventually be permanently upgraded,"