Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Jadilah Seperti Ikan Hidup

By On 24.11.11

Apa……………? Anaknya Pak Budhi diajak merokok? Ustad Rofi'i seakan tak percaya dengan apa yang ia dengar. Wah kalau tau gitu tak gebuk areke! Sungutnya dengan logat Surabaya yang masih kental.
Obrolan singkat di masjid ba’da sholat magrib itu menjadi semakin seru manakala ust. Zaki menyodorkan nama-nama pelanggar keamanan dan ketertiban pesantren. Astagfirullah begitu banyak ternyata yang tercatat, dari mulai loncat pagar pondok malam-malam kemaudian pergi ke warnet main facebook dan mungkin juga buka-buka situs yang tidak senonoh. Astagfirullah …. Pertanyaannya ialah kemana selama ini ustadnya? Sudah sekian lama kasus ini baru terbongkar dan ternyata melibatkan banyak anak-anak.
Ya.. kan selama ini belum ada peraturan yang jelas” sungut seorang ustadz. Mungkin anak-anak terlalu bebas  ya, pergi ke pasar dengan begitu mudah tanpa prosedur yang ketat. Yang lebih miris lagi adalah  banyak diantara daftar pelanggar dari santri baru ternyata.
Itu mungkin karena diajak temannya, jelas salah seorang ustadz.
Yah..mungkin, bisa iya, juga bisa tidak. Karena bisa jadi ketika dirumah mereka sudah terbiasa main internet, kemudian di pondok mereka tidak mendapatkan seperti ketika dirumahnya, maka bisa jadi mereka akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan kesenangannya. Atau bisa jadi ada santri yang memang terbawa pergaulan oleh temannya.

Hidup di sebuah pondok pesantren memang penuh dinamika, karena memang mereka dari berbagai latar belakang yang beragam pula. Otomatis segala macam tabiat dan perilaku ada semua disini. Sebuah kata-kata bijak yang saya masih ingat betul adalah ‘JADILAH KITA SEPERTI IKAN HIDUP”. Apa maksud dari ungkapan tadi…apakah kita seperti ikan? Tentunya tidak. Tahukah kita kenapa ikan bisa asin? Anak kelas satu SD mungkin akan menjawab karena ikan hidup dilaut, karena lautnya asin maka ikannya juga ikut asin. Bukan itu jawaban yang betul. Ikan laut asin karena dikasih garam dan ikannya memang sudah mati sehingga ikan akan menjadi asin. Tapi kalau ikan hidup, walaupun hidup dalam air yang asin atau dikasih garam sekalipun, ia tidak akan ikut menjadi asin.
Jelas sudah jawabannya kan? Makasud dari kata jadilah kita seperti ikan hidup adalah bahwa dimanapun kita berada, kita tidak boleh terwarnai dengan sesuatu yang negatif, namun justru sebaliknya warnailah lingkungan oleh perilaku kita yang baik. Jadilah diri kita yang sebenarnya.
Para santri yang banyak melanggar mungkin terbawa oleh temannya, oleh lingkungan yang negative karena mungkin belum tahu dan menyelami maksud dari kata-kata bijak tadi.

Anak-anaku para santri, semoga kita bisa mengambil dari falsafah ikan hidup tadi, sehingga kita terhindar dari hal-hal yang buruk. Amin.

Semoga bermanfaat.